5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Kuliah di Luar Negeri

Beberapa orang memutuskan untuk melanjutkan jenjang kuliah di kampus dalam negeri, sementara yang lainnya memilih untuk merantau jauh ke negeri lain.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Dua hal berikut adalah pilihan masing-masing orang yang sama hebatnya dalam urusan pendidikan. Baik di dalam dan luar negeri, kita akan mendapatkan pelajaran penting untuk bekal masa depan.

Kuliah di luar negeri adalah hal luar biasa yang bisa menjadi pengalaman istimewa bagi sebagian orang. Banyaknya beasiswa yang ditawarkan dari berbagai kampus di seluruh dunia menjadikan kesempatan untuk berkuliah di luar negeri semakin besar.

Namun, di balik kenikmatan dan kerennya image kuliah di luar negeri, tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih. Kampus dan lingkungan yang asing membuat banyak orang merasakan perbedaan yang mencolok antara kehidupan di dalam dan luar negeri.

Mau Kuliah di Luar Negeri? Perhatikan Hal Ini

Untuk itu, ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk berkuliah di luar negeri. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kehidupan di Negara Tersebut

Jika melihat di film-film, kita tentu akan melihat betapa indah dan serunya berkuliah di luar negeri, terutama bagian Eropa dan Amerika.

Pergantian musim yang indah serta pertemanan yang solid membuat kita tergiur dan seolah berada di dunia film tersebut. Akan tetapi, hal-hal seperti itu memang ada, tapi kenyataan tidak akan selalu seindah apa yang kita tonton di televisi.

Sebelum memilih untuk berkuliah di luar negeri, kita harus mengetahui kehidupan yang ada di dalam negara yang akan menjadi tempat tinggal kita dalam beberapa tahun untuk berkuliah. Akan menjadi masalah jika kehidupan di sana tidak sesuai dengan diri kita ataupun keadaan finansial.

Mencari tahu terlebih dahulu seperti apa kehidupan di negara tersebut adalah hal terbaik yang harus kamu lakukan sebelum berkuliah di sana.

2. Akomodasi

Hal terpenting saat ingin berkuliah di luar negeri adalah di mana tempat kamu akan tinggal. Ada banyak universitas yang menyediakan asrama untuk mahasiswa mereka, tetapi ada juga yang tidak.

Ini adalah salah satu hal yang paling krusial karena di beberapa negara, tempat tinggal seperti rumah dan apartemen memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu untuk akomodasi.

Jika universitas yang ingin kamu masuki menyediakan asrama, ada baiknya untuk memilih tinggal di sana.

Selain lebih murah, jarak yang akan kamu tempuh dari kamar ke kampus tentunya akan dekat karena biasanya asrama terletak hanya beberapa meter saja dari kampus.

Namun, kamu juga bisa mencari apartemen yang memiliki harga terjangkau dan letaknya dekat dengan kampus.

Ada banyak situs yang bisa kamu cari untuk mendapatkan penawaran harga penyewaan apartemen terbaik.

3. Kondisi Finansial

Finansial adalah masalah yang serius, terutama jika kamu ingin berkuliah di luar negeri. Perbedaan mata uang dan kurs yang berubah-ubah bisa kamu jadikan pertimbangan untuk hal ini.

Harga barang-barang di luar negeri juga tentunya tidak sama dengan yang ada di Indonesia, ini bisa menjadi lebih murah atau mahal tergantung nilai barang yang ingin kamu beli.

Ada untungnya jika kamu melakukan riset kecil-kecilan dengan smartphone yang kamu miliki untuk hal ini.

Kamu bisa menghitung dan memperkirakan uang yang akan kamu keluarkan dalam satu bulan untuk berbelanja dan makan sehari-hari.

Selain itu, perkiraan uang saku yang diberikan orang tua juga menjadi patokan hemat untukmu saat berkuliah di luar negeri.

Jika kamu ingin berkuliah dengan beasiswa, kamu juga dapat mengira-ngira pengeluaran yang akan dikeluarkan dengan uang saku yang didapat.

4. Rasa Makanan

Indonesia memiliki banyak makanan yang terasa enak dan nikmat. Berbagai macam rempah yang biasanya digunakan dalam bumbu menjadikan rasanya mewah dan tidak tertandingi.

Untuk itu, makanan bisa menjadi pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk berkuliah di luar negeri.

Perbedaan makanan yang tentunya akan mencolok mungkin akan sedikit mengejutkanmu setibanya di negeri tujuan.

Oleh sebab itu, rasa makanan yang ada di negara tujuanmu berkuliah bisa menjadi patokan apakah kamu akan betah di sana atau tidak. Ini terlihat sepele, tetapi makanan biasanya menjadikan kita merasa nyaman dan cocok dengan negara tersebut.

Kamu tentunya tidak mau kan jika harus menghindari banyak makanan karena terasa tidak cocok dengan selera dan lidahmu? Maka dari itu, pilihlah negara yang kamu pikir akan cocok dengan selera makananmu.

5. Musim


Ada banyak negara yang memiliki empat musim dengan perubahan cuaca yang ekstrem. Kondisi tersebut merupakan perbedaan besar jika dibandingkan dengan Indonesia yang memiliki iklim tropis dan hanya memiliki musim hujan dan musim kemarau.

Bagi orang-orang yang tinggal di negara dua musim, tentunya harus melakukan adaptasi jika ingin berkuliah di negara empat musim. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu, ya!

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berkuliah di luar negeri.

Berbagai perbedaan mulai dari budaya dan kondisi pemerintahan bisa menjadikan sebuah pertimbangan besar untuk berkuliah. Kamu tentunya ingin melanjutkan pendidikan dengan nyaman, bukan?

Untuk itu, selalu simak dan putuskan banyak hal sebelum berkuliah di luar negeri seperti yang telah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday