sistem pemerintahan jerman

Yuk Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Saat Ini

Sistem Pemerintahan Jerman – Buat kamu yang ingin tinggal dan kerja di Jerman atau tertarik dengan politik, penting untuk tahu tentang sistem pemerintahan Jerman.

Karena ketika kamu sudah tinggal dan berinteraksi dengan warga Jerman, pasti tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan yang berhubungan dengan politik.

Selain itu, mempelajari sistem pemerintahan Jerman bagus untuk menambah wawasan, karena sistem yang ada merupakan salah satu sistem yang terunik dan terumit di dunia. 

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Saat Ini

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman Saat Ini

Nah, agar kamu mendapat informasi yang akurat, mari kita membuat ulasan singkat mengenai sistem pemerintahan Jerman

1.Presiden

Di negara kita Indonesia, Presiden adalah orang yang memiliki kewenangan terkuat, tapi tidak dengan Jerman.

Walau disebut sebagai kepala negara, faktanya Presiden hanyalah jabatan yang sifatnya seremonial tapi tidak punya banyak kekuatan politik.

Presiden di jerman mirip dengan Ratu atau Raja Inggris Raya, Ia mewakili Jerman dalam acara-acara seremoni di luar negeri. 

Selain itu, Presiden juga mengangkat menteri, hakim, dan pejabat tinggi lainnya, tapi tetap saja yang memilih pejabat tersebut adalah kanselir.

Kesempatan untuk memberikan pengaruh pada rakyat datang ketika berpidato di hadapan publik. Kesempatan itu biasanya digunakan untuk menyerukan isu-isu aktual yang ada di tengah masyarakat.

Alasan untuk membatasi kekuasaan Presiden adalah sederhana, karena Jerman memiliki pangalaman buruk ketika satu orang memiliki kekuasaan di seluruh negeri.

Itu sebabnya sistem pemerintahan Jerman bertujuan mencegah satu orang memiliki pengaruh yang terlalu banyak.

2.Kanselir

Kanselir Jerman saat ini, Angela Merkel merupakan ketua partai dan menjadi bagian dari Parlemen. Jadi di Jerman eksekutif dan legislatif bercampur dalam jumlah tertentu.

Tapi di Jerman itu bukan masalah sama sekali. Kanselir dipilih oleh anggota Parlemen, bukan dipilih langsung oleh rakyat.

Parlemen punya kendali atas kanselir, bahkan bisa memberhentikan kanselir dengan mengajukan mosi tidak percaya. Hal ini pernah terjadi dua kali di Jerman. Kanselir bukan hanya bagian dari

Parlemen, tapi juga sebagai kepala pemerintahan. Karena itu, Ia punya kewenangan memilih Menteri yang akan duduk di pemerintahannya. 

Tapi karena Jerman memiliki sistem multipartai, kanselir harus mengikuti rasio dan hasil pemilu saat memilih menteri.

Karena itu, biasanya terjadi koalisi dua Partai atau lebih untuk membentuk pemerintahan yang kuat. Kalau tidak berkoalisi, pemerintah tidak akan memiliki dominasi di Parlemen untuk memerintah negara dengan benar. 

3.Bundestag dan Bundesrat

Bentuk pemerintahan Jerman adalah Republik Federal Parlementer. Itu berarti Parlemen punya kekuatan melalui Bundestag.

Anggota Bundestag yang dipilih langsung oleh rakyat ini berjumlah 630 orang dan akan bertugas untuk membuat undang-undang. Selain itu, Jerman memiliki kamar Parlemen lain melalui Bundesrat. 

Anggota Bundesrat yang berjumlah 69 orang ini tidak dipilih langsung oleh rakyat, tapi dipilih oleh pemerintah Negara Bagian.

Sistem dimana terdapat 2 kamar Parlemen seperti ini disebut Parlemen dua kamar atau Bikameral. Agak membingungkan?

Ya, itulah sistem pemerintahan Jerman yang sedikit rumit. Tapi sistem ini mampu membawa Jerman menjadi negara besar dan disegani.

Selain lembaga Eksekutif dan Legislatif, Jerman juga punya lembaga Yudikatif. Pengadilan tertinggi Jerman disebut Mahkamah Konstitusi Federal yang fungsi utamanya adalah mengawal konstitusi. Ada 16 hakim yang masing-masing memegang jabatan ini selama 12 tahun.

Itu tadi gambaran umum mengenai sistem pemerintahan Jerman. Setiap sistem pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tapi yang Jelas, sistem yang diterapkan setelah bersatunya Jerman Barat dan Jerman timur ini membawa Jerman ke arah yang lebih baik.

Sekarang Jerman menjadi salah satu negara paling terbuka bagi pendatang, termasuk juga dalam bidang pendidikan. 

Jerman membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa asing untuk kuliah di berbagai Universitas di Jerman.

Bahkan mahasiswa asing akan diperlakukan sama dengan mahasiswa lokal dalam mendapatkan subsidi pendidikan dari pemerintah. Tertarik?

Untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan Jerman, kamu bisa hubungi Virtu Education dengan mengklik banner diatas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *