fsj di jerman

Mengenal Program FSJ di Jerman Serta Keuntungannya

FSJ di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara di Eropa Barat yang mempunyai sistem budaya terbuka. Dalam artian Jerman sangat mengenal toleransi, multikulturalisme serta usaha-usaha untuk menginternasionalisasi dirinya.

Salah satunya dengan mengadakan banyak pertukaran pelajar dan pemuda antara negara Jerman dengan negara lain, atau pemuda Internasional yang ingin mendalami sisi kebudayaan dan sistem kerja di Jerman.

Keterbukaan ini pernah ditunjukkan Jerman saat menerima imigran pengungsi dari timur tengah karena banyaknya konflik yang terjadi antar negara-negara di timur tengah.

Karena banyak negara Eropa yang menolak kedatangan imigran-imigran ini, Jerman memberikan kuota yang besar bagi imigran untuk masuk ke dalam negaranya dengan syarat-syarat khusus yang dimudahkan.

FSJ di jerman

Mengenal Program FSJ di Jerman Dan Perbedaannya Dengan Program Lainnya

Nah, karakter keterbukaan Jerman ini dapat dilihat dari berbagai program bagi pemuda Internasional yang ingin mendalami sistem kebudayaan, sistem kerja, politik maupun sosial di negara Jerman.

Jerman memiliki sistem pertukaran budaya yang amat berbeda dengan negara-negara Eropa lainya. Jika negara Eropa lainnya hanya berdasarkan pada sistem pertukaran pelajar antar negara dalam institusi akademik semisal universitas atau sekolah menengah atas.

1. Aupair

Sementara Jerman memiliki beragam skema pertukaran pemuda dan pelajar yang berbasis pada asas keterbukaan dan asas saling meningkatkan kompetensi. Inilah mengapa Jerman memiliki program Aupair Jerman,

Sistem pertukaran pemuda dengan model homestay bersama dengan keluarga di Jerman. Program ini menarik minat banyak pemuda di luar negara Jerman untuk mengenal Jerman lebih dekat.

2. Ausbildung

Sementara program kedua adalah Ausbildung Jerman atau biasa disebut dengan magang kerja. Perbedaan antara aupair dan ausbildung adalah aupair merupakan program pengenalan budaya yang mewajibkan peserta tinggal di keluarga Jerman layaknya homestay.

Yang bertujuan untuk membantu keluarga Jerman dalam pekerjaan rumah tangga. Bekerja tetapi dengan jam kerja di bawah jam kerja normal. Sementara ausbildung adalah salah satu program magang bagi mereka yang ingin magang kerja di perusahaan industri Jerman.

Magang kerja atau disebut dengan ausbildung ini merupakan program adaptasi di dunia kerja industri Jerman. Ausbildung atau adaptasi bagi pemula yang akan bekerja di berbagai perusahaan industri di Jerman terbuka untuk seluruh pemuda dan pencari kerja dari luar Jerman.

Ausbildung sendiri dapat diajukan kepada agen-agen yang mengurusi ausbildung di seluruh dunia. Sementara di Indonesia anda bisa mengunjungi website virtueducation.org untuk mencari informasi bergabung dengan program ausbildung di Jerman.

3. FSJ di Jerman

Sementara program FSJ di Jerman merupakan program sosial yang diadakan Pemerintah Jerman untuk seluruh pemuda dan warga negara asing yang ingin mencari pengalaman dan mencurahkan waktunya di dunia sosial.

Kenapa dinamakan program sosial? Karena FSJ di Jerman ini merupakan program yang dibuka Pemerintah Jerman untuk bidang jasa dan pelayanan. Jadi, para peserta yang lolos nantinya akan dipekerjakan di beberapa departemen layanan dan jasa. Semisal yayasan dan panti asuhan yang merawat disabilitas, anak-anak panti dan orang tua jompo.

FSJ Jerman berbeda sekali dengan program lainnya seperti yang disebutkan diatas. Jika aupair anda akan bekerja di domestik keluarga Jerman. Sementara ausbildung anda bekerja magang di dunia industri sesuai dengan jam kerja industri.

Nah, lain halnya dengan FSJ Jerman anda akan bekerja sesuai dengan aturan ketenagakerjaan Jerman. Kenapa demikian? Karena ternyata FSJ di Jerman adalah salah satu langkah awal sebagai bagian dari proses bekerja secara penuh di dalam industri Jerman.

FSJ di Jerman sendiri dibuat sedemikian rupa karena bisa menjadi pintu masuk ke program ausbildung. Dimana ausbildung mensyaratkan pengalaman bekerja setahun. Nah, FSJ Jerman sendiri programnya adalah setahun.

Dari ausbildung nanti bisa masuk bekerja tetap di perusahaan Internasional industri Jerman. FSJ ini karena memakan program setahun, para peserta diwajibkan untuk menguasai bahasa Jerman dengan sertifikat yang dikeluarkan Goethe Institut. Tentunya kamu harus ikut les bahasa Jerman dulu agar bisa menguasai lebih dalam.

Kemudian peserta program FSJ Jerman ini juga mendapat gaji dari pemerintah Jerman serta mendapat training dan pengalaman lainnya. Jika anda berminat untuk mendaftar program ini, anda disarankan untuk mendaftar melalui agen terpercaya yang sudah berpengalaman.

Agen FSJ di Jerman terpercaya adalah Virtu Education. Anda bisa menghubungi agen virtu education melalui website di www.virtueducation.org atau bisa juga dengan mengklik banner di bawah ini.