Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis

9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Efektif

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis menjadi tips yang diperlukan bagi seorang mahasiswa. Bagaimana tidak, pandangan umum masyarakat terhadap mahasiswa penerima beasiswa biasanya mengandung pesan positif.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Nilai-nilai yang baik, berprestasi, dan masa depan yang menjanjikan. Begitu sedikitnya tanggapan masyarakat terhadap para mahasiswa yang berhasil kuliah dengan jalur beasiswa.

Jika kita komparasikan, tanggapan masyarakat dan semua feedback dan keuntungan yang didapatkan oleh mahasiswa penerima beasiswa sangat sepadan.

Mereka harus bisa mempertahankan nilai tertentu supaya kredibel sebagai penerima.

Tipe-tipe beasiswa kuliah gratis

Dari ratusan lembaga yang menjadi penyedia beasiswa, sebelum mendaftar perlu kamu ketahui jenis beasiswa yang sesuai dengan kriteria. Tipe-tipe beasiswa tersebut adalah:

Merit-based scholarship

Beasiswa ini secara khusus diselenggarakan bagi para mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis yang baik pada pendidikan sebelumnya.

Universitas yang menerima beasiswa ini akan mempersyaratkan berbagai kriteria, diantaranya kemampuan calon penerima dalam bermusik, kepemimpinan, dan aktivitas diluar sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler.

Destination specific scholarship

Beasiswa ini khusus diberikan dari pemerintah suatu negara, otoritas publik di sebuah negara, ataupun universitas di luar negeri kepada siswa yang memenuhi persyaratan tertentu.

Program specific scholarship

Beasiswa ini disediakan oleh lembaga universitas, institut, atau perusahaan kepada mahasiswa untuk program studi tertentu saja. 

Beasiswa ini diberikan hanya untuk program studi tertentu saja bertujuan untuk menambah pengalaman dan kemampuan mereka pada bidang khususnya teknik, ilmu sosial dan juga keuangan.

Need based scholarship

Beasiswa ini sengaja diselenggarakan dan diberikan khusus bagi siswa yang ingin berkuliah di luar negeri namun tidak memiliki finansial mendukung didalamnya.

Beasiswa ini akan membiayai uang masuk/pendaftaran dan biaya lainnya yang relevan.

Sedikitnya, persyaratan yang harus disiapkan bagi calon pendaftar beasiswa ini adalah bukti fisik yang mendukung kebutuhan finansial seperti pendapatan orang tua.

Athletic scholarship

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki minat dan bakat terhadap dunia olahraga.

Perbedaannya adalah, para awardee beasiswa ini akan memiliki tanggungjawab untuk menyeimbangkan kegiatan training, mewakilkan sekolah dalam kompetisi dan nilai akademik.

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis keluar negeri?

Pertahankan prestasi akademik

Salah satu pertimbangan besar saat melamar beasiswa kuliah gratis adalah prestasi akademik, biasanya akan dilihat secara berjangka.

Jika prestasi akademik yang kamu miliki baik dan terus meningkat maka akan semakin besar peluangmu untuk diterima.

Pertimbangan ini sedikitnya didasarkan pada kepastian yang diberikan oleh awardee kepada penyedia beasiswa mengenai nilai-nilai dan prestasi akademik yang bisa ia pertahankan dan tingkatkan selama berkuliah nanti.

Rajin mencari informasi

Saat ini berbagai website yang tersedia di internet banyak memuat informasi mengenai beasiswa. Mulai dari syarat dan ketentuan, kriteria, hingga informasi deadline nya bisa kamu dapatkan.

Selain itu, pihak kampus atau sekolah juga bisa menjadi perantara.

Informasi mengenai beasiswa bisa kamu temukan di mading sekolah, atau dengan langsung bertanya kepada guru di sekolahmu.

Bila di kampus, cari informasi melalui senior, dosen ataupun teman-temanmu yang pernah menjadi penerima beasiswa.

Membuat daftar beasiswa

Untuk memudahkan kamu dalam mempersiapkan persyaratan, dokumen, dan ketentuan lainnya yang berkaitan dengan beasiswa kuliah gratis, maka mulailah membuat daftar.

Didalamnya bisa kamu tulis beasiswa kuliah gratis dimana saja yang akan kamu lamar.

Adapula, dokumen dan persyaratan yang masih harus kamu proses, mana yang harus menjadi prioritas dan mana yang bisa dilakukan dengan proses yang relatif cepat.

Tuliskan pula dokumen yang sudah kamu miliki, program studi tujuan, mata kuliah didalamnya, dan sebagainya.

Penting untuk mengetahui visi dan misi penyedia beasiswa kuliah gratis 

Perlu untuk mengenal lebih dalam mengenai penyedia beasiswa kuliah gratis yang kamu lamar.

Hal tersebut bisa membantumu dalam membuat motivation letter yang baik dan menarik sehingga lembaga tersebut akan menjadikanmu sebagai salah satu kandidat terpilih.

mengapa bisa seperti itu? Karena dengan mengenal lembaga penyedia beasiswa kamu akan mengetahui bagaimana kriteria “tersirat” yang mereka inginkan dan mereka butuhkan.

Hal ini tentunya tidak tertulis dalam persyaratan, karena lebih mengarah pada kepribadian kandidat terpilih nantinya.

Cari peluang di negara dengan pelamar beasiswa kuliah gratis yang lebih sedikit

Bukan tidak boleh memilih tempat yang sudah terkenal, tapi ketahui juga bahwa pesaingmu adalah dari satu negara bahkan dari seluruh dunia. Misalnya, kamu memilih mendaftar di Perancis yang diminati oleh 1500 pelamar.

Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa peluang yang kamu miliki adalah 1:1500 orang. Untuk itu, buatlah daftar negara dengan peminat yang lebih sedikit untuk memperbesar peluang.

Motivation letter antimainstream

Terlepas dari kemampuan akademik dan prestasi non akademik yang kamu miliki, salah satu hal besar yang dilirik oleh penerima beasiswa adalah motivation letter.

Didalamnya penerima beasiswa akan mengetahui lebih mengenai dirimu, visi dan misi, cita-cita hingga ambisi yang ingin kamu gapai.

Kebanyakan para pelamar akan memberikan kata-kata seperti “memperluas relasi”, “membangun negeri”, “memakmurkan bangsa”.

Bukan dilarang menggunakan kata tersebut, namun karena terlampau banyak diantara pelamar yang menggunakan kata tersebut justru membuat peluangmu diterima semakin kecil, karena tidak memiliki terobosan baru.

Siapkan surat rekomendasi terbaik

Bukan hanya dari prestasi yang kamu miliki, dukungan dari orang-orang sekitar juga sangat berperan pada peluang kamu mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Guru, dosen, pembimbing, atau profesor yang mengajar biasanya yang akan menuliskan surat rekomendasi yang kemudian akan kamu lampirkan pada lamaran.

Layak atau tidaknya kamu untuk menjadi penerima beasiswa juga ditimbang dari rekomendasi yang diberikan oleh orang-orang disekitarmu.

Mempelajari Bahasa negara tujuan

Kemampuanmu dalam berbahasa aing tentunya menjadi poin utama diterimanya kamu sebagai awardee beasiswa kuliah gratis.

Hal ini disebabkan, interview yang dilakukan untuk menjadi penerima beasiswa kuliah gratis diluar negeri menggunakan Bahasa Inggris.

Saat kamu tidak fasih berbahasa asing, kamu dianggap tidak memiliki modal untuk berangkat keluar negeri. Hal ini justru akan mempersulit karena untuk berkomunikasi pun kamu akan sangat kesulitan.

Belum lagi jika Bahasa yang diminta bukanlah Bahasa Inggris, melainkan bahasa Jerman atau Perancis yang terkenal lebih sulit. Karenanya persiapkan dirimu dengan mempelajari Bahasa negara tujuan kuliah mu kelak.

Cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan mengikuti kursus, jika interview  program perkuliahan yang kamu ambil menggunakan bahasa Inggris maka ikuti kursus bahasa Inggris untuk persiapan lebih baik.

Akan sangat sulit tentunya memahami bahan mata kuliah jika tidak mengerti Bahasa inti yang digunakan dalam pengantarnya.

Nilai formatif dalam diskusi kelas juga akan menunjang kelulusan, jika nilai tersebut buruk maka kamu akan sulit untuk lulus.

Jangan menunda, segera submit lamaranmu sebelum deadline

Tak akan ada yang meniru lamaran yang kamu miliki, karena semuanya bersifat pribadi dan tidak akan disebarluaskan.

Mengirim lamaran pada awal periode akan memperbesar peluang lamaran milikmu dibaca dan dianalisis dan dipertimbangan oleh penyeleksi.

Mengirim pada akhir periode atau mendekati deadline, kesempatan dan peluang dipertimbangkan akan sangat kecil.

Karena pada saat-saat tersebut pesan-pesan yang masuk membuncah dan kebanyakan hanya akan dilihat sekilas.

Manfaat mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeriCara mendapatkan beasiswa kuliah gratis 2

Mengasah kemampuan Bahasa

Buka hanya Bahasa Inggris, kamu yang berkuliah di negara Perancis, Jerman, Korea ataupun Jepang akan lebih mudah mengembangkan kemampuan sosial dalam berkomunikasi dan berbahasa.

Karena semua orang disekitarmu menggunakan Bahasa yang sama dengan yang sedang kamu pelajari.

Sehingga praktek akan lebih mudah dilakukan dan secara tidak langsung kamu akan beradaptasi dengan cepat dilingkungan yang baru.

Selain itu, meningkatnya kemampuan Bahasa akan membantumu dalam diskusi, pemaparan argumentasi, atau sekadar tanya jawab dalam sebuah mata kuliah.

Mempelajari budaya baru

Banyak hal-hal yang mudah kamu temukan di Indonesia, namun sangat sulit kamu lihat di luar negeri.

Kamu juga akan banyak mengetahui tentang kebiasaan yang sering ditemukan di Indonesia namun ternyata dipandang aneh di dunia luar.

Berbagai budaya yang kontras dengan yang biasanya kamu kenal akan menambah penghargaanmu terhadap sesuatu “yang berbeda” dengan yang sebelumnya sering kamu temukan.

Semakin kamu menghargai perbedaan toleransimu akan semakin besar.

Gerbang utama mendapatkan pekerjaan di luar negeri

Salah satu tujuan negara luar menyediakan beasiswa kuliah gratis khususnya bagi pelajar di Indonesia adalah demi melahirkan sumber daya manusia yang siap kerja dan penuh pengalaman baik secara teori maupun praktek.

Setelah berkuliah kamu bisa langsung mendapatkan kesempatan bekerja di negara tersebut. Dengan jangka waktu dan persyaratan tertentu.

Saat ini bekerja diluar negeri menjadi salah satu impian kaum muda Indonesia, karena selain sifatnya yang subjektif gajinya juga sangat besar.

Mendapatkan gelar dari universitas ternama

Gelar yang didapatkan di negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis atau Jerman tentunya memiliki peluang lebih untuk diterima bekerja.

Hal ini tak terlepas dari sistem dan sumber daya hasil didikan universitas di negara-negara tersebut yang sangat mumpuni dan inovatif.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa lulusan yang memiliki gelar MBA akan lebih dilirik oleh perusahaan dibanding gelar bisnis lainnya.  Tetapi kembali lagi semuanya tergantung pada kemampuan dan pengetahuan tiap-tiap lulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday