Kursus TOEFL dan Persiapan TOEFL yang Perlu Dilakukan

Dewasa ini penguasaan bahasa asing merupakan salah satu yang perlu dimiliki oleh setiap orang, terutama mengingat perkembangan industri global yang semakin hari semakin berkembang. Memiliki kemampuan bahasa asing bisa memberikan keuntungan baik bagi para pelaku bisnis, para pekerja profesional, job seeker atau pencari kerja, hingga untuk para generasi muda atau pelajar dan juga mahasiswa. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang wajib untuk dikuasai, apalagi Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional utama yang dijadikan banyak pengantar di berbagai negara.

kursus Toefl , Bahasa Inggris Sebagai international Language
Bahasa Inggris Sebagai international Language

Saat ini pun ada begitu banyak media pembelajaran yang bisa digunakan untuk melatih maupun meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Mulai belajar sendiri melalui buku atau film berbahasa Inggris hingga mengikuti kursus seperti kursus TOEFL misalnya. Selain itu, kini juga sudah terdapat banyak lembaga yang menyediakan tes untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris baik dari segi writing (menulis), reading (membaca), listening (mendengar), dan speaking (berbicara). Mungkin masih banyak orang yang masih menganggap kurang penting untuk mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris. Padahal hal ini sangat penting terutama bagi orang-orang yang memiliki impian untuk melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, orang yang ingin bekerja di perusahaan asing, maupun untuk para pengusaha yang ingin melebarkan bisnisnya ke dunia internasional.

Tes kemampuan Bahasa Inggris akan membantu Anda untuk mengukur tingkat berbahasa Inggris Anda dari berbagai segi (writing, reading, listening, dan speaking). Dengan begitu orang yang mengikuti tes ini akan tahu di bagian manakah kemampuan yang perlu diasah dan diperdalam agar lebih mahir dalam berbahasa Inggris. Bahkan beberapa tes kemampuan berbahasa Inggris memiliki banyak manfaat yang bisa didapat untuk keperluan mendaftar sekolah atau kuliah di luar negeri, atau melamar kerja di perusahaan asing baik yang ada di dalam maupun luar negeri.Dari beberapa jenis tes kemampuan Bahasa Inggris yang ada, tes TOEFL merupakan jenis tes yang cukup populer di kalangan masyarakat global, termasuk masyarakat Indonesia. Bahkan untuk mengikuti tes ini, Anda bisa melakukan persiapan dengan mengikuti kursus TOEFL.

Tes dan kursus TOEFL sendiri memang banyak diminati oleh masyarakat karena ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat. Biasanya beberapa perusahaan atau instansi dalam negeri dan terutama perusahaan asing menjadi sertifikat tes TOEFL dengan minimal skor tertentu sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Saat ini tes TOEFL juga menjadi salah satu persyaratan untuk kelulusan di jenjang pendidikan S1 (Strata 1). Buka hanya itu, bagi para pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari beasiswa untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Luar Negeri pun juga wajib memiliki sertifikat tes TOEFL dengan minimal skor tertentu. Tak heran jika banyak orang yang mengikuti kursus TOEFL demi mendapatkan skor TOEFL yang sempurna

 

Pengertian dan Standarisasi TOEFL

Standarisasi TOEFL

Test of English as a Foreign Language atau yang lebih dikenal dengan sebutan TOEFL merupakan sebuah tes yang bertujuan mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang bahasa induknya tidak menggunakan Bahasa Inggris (non-native English language speakers). Secara resmi tes TOEFL dibuat dan dikelola oleh Educational Testing Service (ETS), yang tak lain sebuah lembaga internasional yang berpusat di Amerika Serikat, dan sudah berdiri sejak tahun 1947. Namun untuk melakukan tes kemampuan Bahasa Inggris ini Anda tak perlu jauh-jauh ke Amerika, sebab ETS telah bekerjasama dengan berbagai lembaga di banyak negara termasuk Indonesia untuk menyelenggarakan tes TOEFL.

Tak hanya sebatas bermanfaat untuk mengetahui atau mengukur kemampuan seseorang dalam menulis, mendengar, membaca, dan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Hasil tes TOEFL juga diperlukan untuk tujuan dalam bidang akademik seperti syarat pendaftaran bagi mahasiswa baru baik di Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Kemudian juga untuk syarat melamar pekerjaan, maupun hal umum lainnya. Biasanya setiap instansi atau lembaga seperti universitas dan juga perusahaan memiliki standar nilai atau skor TOEFL masing-masing yang wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa atau pelamar. Oleh karena itu mendapatkan skor TOEFL sempurna merupakan impian banyak orang yang mengikuti kursus TOEFL agar bisa lolos masuk ke Perguruan Tinggi maupun perusahaan yang diimpikan.

Jenis – Jenis Kursus Toefl
  • Jenis dan Standarisasi Tes TOEFL

Pada umumnya tes TOEFL sendiri terdiri dari tiga macam yang bisa dipilih salah satu, yakni TOEFL Paper Based Test (PBT), TOEFL CBT (Computer Based Test), dan IBT (Internet Based Test). Namun di Indonesia sendiri lebih familiar dengan jenis TOEFL Institutional Testing Program (ITP). Masing – masing jenis tes tersebut memiliki perbedaan. Berikut perbedaan dari setiap tes TOEFL tersebut.

              1. TOEFL ITP

Institutional Testing Program atau ITP merupakan jenis TOEFL khusus untuk wilayah Asia yang diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS). Berbeda dengan jenis tes lainnya, hasil tes TOEFL ITP bersifat institutional yang berarti sertifikat TOEFL ITP hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. 

Meskipun tidak berlaku di seluruh dunia, di Indonesia sendiri TOEFL ITP masih bisa digunakan sebagai prasyarat pengajuan beasiswa tertentu seperti LPDP dalam negeri serta Fullbright, Monbukagakusho, dan Australian Awards. Selain itu, sertifikat TOEFL ITP juga dapat digunakan sebagai bukti penguasaan kemampuan Bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan di perusahaan BUMN, hingga Multinational Companies atau MNC.

Sebagai tambahan informasi, untuk skor aman TOEFL ITP yang harus diraih agar dapat lolos seleksi berkas beasiswa atau lamaran pekerjaan adalah minimum 550 poin. Untuk jenis soal sendiri adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 3 sesi, yaitu listening, reading dan structure. 

              2. TOEFL PBT

TOEFL PBT adalah jenis TOEFL pertama yang dikembanhkan oleh ETS. Sesuai dengan namanya, jenis tes TOEFL yang paling umum ini menggunakan media kertas untuk yang berisi soal dan lembar jawaban. Dalam tes ini terdapat 3 sesi yang diujikan yakni listening, reading dan structure (tata bahasa) dengan jenis soal pilihan ganda. Para peserta kursus TOEFL yang mengikuti tes jenis ini akan diberikan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk menyelesaikan 140 soal ujian. Untuk skala nilai, peserta bisa mendapatkan nilai terendah sebesar 310, dan tertinggi adalah 677 poin.

               3. TOEFL CBT

Jenis tes TOEFL ini berbeda dengan tes TOEFL ITP dan PBT yang menggunakan media kertas untuk menjawab pertanyaan. Peserta kursus TOEFL yang mengikuti tes TOEFL CBT akan mengerjakan soal-soal berupa reading,structure, listening, dan writing dengan menggunakan software interaktif yang sudah terinstal di komputer. Walau tampak lebih praktis dan modern, namun jenis tes ini memiliki sedikit kelemahan dimana pertanyaan yang sudah dijawab tidak dapat diganti atau dikoreksi kembali. Oleh sebab itu peserta kursus yang mengikuti tes ini harus lebih cermat dan berhati-hati dalam menjawab setiap pertanyaan. Untuk penilaian dalam tes TOEFL jenis ini memiliki rentang skor 30 hingga 300.

                4. TOEFL IBT

Tes TOEFL IBT atau Internet Best Test ini hampir sama dengan jenis test CBT. Yang membedakan, jika TOEFL CBT dikerjakan di aplikasi software yang sudah terinstal di komputer, maka TOEFL IBT menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet untuk mengerjakan soal tes yang ada pada website ETS Amerika secara langsung. Sama dengan CBT, dalam tes jenis ini ada empat sesi yang diujikan yakni reading, listening, writing, dan juga structure.  Peserta kursus TOEFL akan diberi waktu   kurang lebih 4 sampai 5 jam untuk mengerjakan sejumlah soal dalam tes ini.

Berbeda dengan sertifikat TOEFL ITP yang hanya berlaku untuk instansi tertentu dan juga beasiswa jenis tertentu, sertifikat TOEFL IBT ini merupakan syarat pendaftaran beasiswa ke Universitas dan melanjutkan studi ke Amerika Serikat. Khusus di Indonesia TOEFL IBT dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa LPDP dan DIKTI luar negeri khusus ke Amerika.

  • Masa Berlaku Sertifikat TOEFL

Ketika peserta kursus TOEFL telah melaksanakan tes TOEFL jenis apapun mereka akan menerima sertifikat yang berisikan deskripsi penilaian dari hasil kemampuan Bahasa Inggris dan juga total skor TOEFL mereka. Namun perlu diingat, sertifikat TOEFL ternyata memiliki masa berlaku. Menurut lembaga yang mengelola TOEFL yakni Educational Testing Service (ETS), sertifikat TOEFL, secara internasional sertifikat TOEFL memiliki masa berlaku selama 2 tahun lamanya. Selama 2 tahun tersebut sertifikat yang didapat bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mendaftar ke Perguruan Tinggi, melamar pekerjaan, dan juga imigrasi.

Masa pemberlakukan sertifikat TOEFL tersebut bukan tanpa maksud. Sebab selama rentan waktu selama 2 tahun tersebut kemampuan Bahasa Inggris seseorang dapat menurun atau juga berkembang, sehingga memerlukan pembaharuan hasil tes untuk mengetahui secara valid kemampuan Bahasa Inggris seseorang

 

Persiapan Mengikuti TES TOEFL

Seperti yang diketahui setiap Perguruan Tinggi dan instansi atau perusahaan, baik dalam maupun luar negeri memiliki standar nilai atau skor TOEFL masing – masing. Tentunya, semakin tinggi skor yang didapat maka peluang yang didapat untuk lolos seleksi beasiswa atau diterima berkuliah di Perguruan Tinggi impian baik itu di dalam negeri maupun luar negeri juga akan semakin terbuka lebar. Demikian pula untuk peluang diterima di sebuah perusahaan. Sebab itu saat ini ada begitu banyak lembaga kursus TOEFL yang menyediakan jasa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes kemampuan Bahasa Inggris satu ini.

Bagi Anda yang sedang berencana atau segera mengikuti tes TOEFL berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum tes TOEFL agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

  • Mengeksplorasi Kemampuan Bahasa Inggris

Dalam setiap jenis TOEFL ada beberapa sesi tes untuk melihat kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris seperti membaca, mendengar, memahami structure (tata bahasa), hingga menulis. Oleh sebab itu sangat penting untuk mulai mengembangkan kemahiran Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengeksplorasi kemampuan, Anda bisa mulai dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan mencatat liriknya serta menerjemahkannya, menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris untuk mulai belajar memahami tata bahasa yang sering digunakan dalam percakapan maupun tulisan hingga, memperkaya kosa kata Bahasa Inggris.

  • Luangkan Waktu untuk Latihan Soal

Tak hanya belajar secara langsung dari berbagai media. Sebelum kursus TOEFL Anda juga perlu membekali diri dengan mulai mengerjakan latihan soal TOEFL. Saat ini ada begitu banyak buku yang membahas mengenai TOEFL dan mencantumkan beberapa jenis soal TOEFL yang bisa digunakan untuk berlatih. Selain itu Anda juga bisa mencari dan mengunduh latihan soal TOEFL lewat internet. Dengan menyediakan waktu yang konsisten untuk mengerjakan latihan soal maka Anda akan terbiasa dan mengetahui jenis-jenis soal macam apa yang kemungkinan akan keluar dalam soal tes TOEFL yang sesungguhnya.

  • Ikut Tes Persiapan TOEFL

Sebelum mendaftar tes TOEFL ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengikuti tes persiapan TOEFL. Pada umumnya lembaga kursus TOEFL akan mengadakan tes persiapan terbuka yang bisa diikuti oleh peserta umum. Mengikuti tes persiapan TOEFL akan membantu untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris Anda. Bukan itu saja, preparation test juga akan membantu untuk memperkirakan apakah hasil tes TOEFL Anda sudah memenuhi target atau masih jauh dari yang diinginkan. Preparation TOEFL Test juga bisa menjadi simulasi terhadap situasi dan kondisi saat mengikuti tes yang sebenarnya.

  • Mencari Bantuan Pada Ahlinya

Sudah berlatih mandiri namun belum yakin dengan perkembangan Bahasa Inggris Anda? Maka Anda bisa mencari bantuan pada lembaga kursus TOEFL. Di sana Anda akan dibantu para tenaga ahli yang tentunya sudah profesional dan berkompeten di bidangnya. Mengikuti kursus guna mempersiapkan tes TOEFL mampu membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris serta memperoleh skor TOEFL yang ditargetkan secara efektif dan efisien.

 

kursus toefl , Benefits Kursus TOEFL
Benefits Kursus TOEFL

Manfaat Ikut Kursus TOEFL untuk Persiapan Tes TOEFL

Semua orang yang mengikuti tes TOEFL pasti memiliki target skor yang ingin dicapai. Namun agar peluang diterima beasiswa maupun masuk ke Perguruan Tinggi atau perusahaan yang diinginkan lebih besar, sudah tentu setiap orang ingin mendapatkan skor TOEFL yang lebih tinggi dari yang ditargetkan. Sebab itu banyak orang yang berusaha keras untuk bisa mencapai targetnya. Salah satu cara paling efektif untuk mempersiapkan diri dengan matang dalam mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris satu ini adalah dengan ikut kursus TOEFL. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengikuti kursus TOEFL.

  • Berlatih Sembari Didampingi Tenaga Pengajar Profesional

Saat berlatih secara mandiri pasti ada waktu di mana Anda merasa kurang paham dengan materi tertentu dan sulit menganalisa sejauh mana kesiapan diri Anda untuk menghadapi tes TOEFL. Namun bila mengikuti kursus TOEFL Anda bisa lebih mudah menanyakan hingga memperdalam materi yang kurang dipahami, sebab baik saat sesi pendalaman materi maupun mengerjakan latihan soal Anda akan didampingi oleh tenaga pengajar profesional. Bukan itu saja, suasana belajar dan mengajar yang dibangun dalam kursus TOEFL juga akan mendukung konsentrasi dan semangat sehingga Anda pun bisa mempersiapkan tes TOEFL dengan lebih fokus.

  • Mendapat Tips dan Trik untuk Mengerjakan Tes TOEFL

Saat mengikuti kursus TOEFL, para peserta tidak hanya akan mendapatkan penjelasan materi dan soal – soal latihan saja. Para tenaga pengajar yang sudah ahli dibidangnya pun sering kali akan memberikan tips dan trik yang jitu kepada para peserta tentang bagaimana cara mudah dan praktis dalam mengerjakan soal, hingga bagaimana mengatur waktu yang efisien agar bisa menjawab semua pertanyaan pada setiap sesi yang diujikan dalam tes TOEFL. Bukan hanya itu saat berinteraksi dengan pengajar maupun teman – teman kursus, Anda juga bisa belajar banyak kosa kata Bahasa Inggris baru yang bisa dipergunakan ketika sesi writing test.

  • Lebih Siap Berkat Preparation Test

Tak sedikit orang yang tidak berhasil mendapatkan skor TOEFL sempurna karena kurang memahami seluk – beluk soal maupun aturan dalam tes TOEFL. Untuk menghindari hal tersebut, lembaga kursus TOEFL tidak hanya memberikan latihan soal pada peserta kursus. Pada umumnya mereka juga akan mengadakan tes persiapan atau TOEFL Preparation Test beberapa kali untuk membantu para peserta agar terbiasa dengan suasana tes TOEFL, hingga soal yang akan keluar nantinya. Selain itu, preparation test ini juga bermanfaat untuk menganalisa seberapa besar perkembangan kemampuan Bahasa Inggris Anda dari waktu ke waktu hingga Anda siap untuk tes TOEFL yang sebenarnya.

Keunggulan Kursus TOEFL Educraft

Bisa dibilang jika hasil TOEFL akan menentukan masa depan Anda, oleh sebab itu mempersiapkan tes TOEFL sebaik-baiknya adalah hal yang wajib. Untuk itu Anda pun perlu memilih tempat kursus TOEFL yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik guna membantu Anda untuk mendapatkan skor TOEFL sesuai target. Oleh sebab itu, kursus TOEFL Educraft terpanggil untuk memberikan layanan terbaik dan jaminan pasti untuk Anda bisa meraih target skor yang diinginkan. Berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda dapat dari kursus TOEFL Educraft.

  • Pengajar Profesional

Lembaga kursus TOEFL Educraft hanya mempekerjakan para tenaga pengajar profesional dan juga berkompeten di bidangnya. Setiap calon pengajar terlebih dahulu melalui seleksi yang ketat untuk menjamin kualitas cara mengajar dan kemampuan dalam penguasaan materi. Bukan hanya itu, para staf pengajar Educraft juga terdiri dari pengajar lokal dan internasional yang sudah memiliki pengalaman dalam membimbing para peserta kursus TOEFL untuk mendapatkan skor yang memuaskan.

  • Metode Pembelajaran yang Variatif

Tak bisa dipungkiri jika rasa jenuh bisa datang saat terus menerus belajar dan berlatih. Oleh sebab itu untuk menghindari kejenuhan para peserta kursus TOEFL, Educraft memiliki metode pembelajaran yang variatif. Tidak hanya melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas dengan metode ceramah serta tanya jawab, Educraft juga mengajak peserta untuk melakukan praktek secara langsung, menonton dan diskusi film, menyusun kursus individual secara menarik, dan mengadakan kelas di luar ruangan dengan pendampingan tenaga pengajar.

  • Tersedia Sistem Pembelajaran Secara Daring

Bagi Anda yang ingin menyiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL tapi enggan keluar rumah karena situasi pandemi saat ini, atau jarak tempat tinggal dengan tempat kursus terlalu jauh? Tak perlu cemas, lembaga kursus TOEFL Educraft menyediakan sistem pembelajaran secara daring atau online. Jadi Anda tetap bisa mengikuti proses pembelajaran di manapun Anda berada. Walau berlatih secara online, Anda tetap bisa melakukan konsultasi atau berdiskusi dengan tenaga pengajar Educraft. Anda juga bisa mengerjakan latihan soal dan mengikuti preparation test secara online, sehingga cukup memudahkan bagi Anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes TOEFL yang sebenarnya.