ausbildung perhotelan

Ausbildung Perhotelan: Pengertian, Syarat, dan Gajinya

Ausbildung Perhotelan – Industri perhotelan merupakan salah satu jenjang karir yang menjanjikan. Tenaga ahli perhotelan faktanya memang dibutuhkan di seluruh dunia. 

Jika kamu berminat memperdalam ilmu di bidang ini, kamu bisa mendaftar ke Ausbildung  perhotelan. Dengan kemajuan sektor perhotelan di Jerman, pastinya kamu akan mendapatkan pengalaman dan pelatihan terbaik sebagai bekal kamu di karir selanjutnya.

Di program Ausbildung ini kamu akan dilatih menjadi Hotelfachmann/frau (Hofa) yang dalam Bahasa Indonesia berarti ahli hotel. Spesialisasi ini berhubungan dengan cara mengelola hotel dan menyediakan servis para tamu. 

Salah satu jurusan alternatif yang memiliki prospek kerja yang selaras adalah Restaurant Fachmann/frau (Reva) atau bisa disebut juga ahli restoran. Sama dengan Hofa, jurusan ini juga berkecimpung di bidang servis dan pekerjaan dapur.

Keseharian menjadi Auszubildende Perhotelan 

Auszubildende Perhotelan 

Sebagai Auszubildende, atau lebih terkenal dipanggil Azubi, kegiatan kamu selama mengikuti program akan banyak belajar di sekolah Berufsschule dan praktik langsung di lapangan kerja. 

Karena termasuk ke dalam kategori Duale Ausbildung, jurusan perhotelan lebih banyak belajar secara praktek ketimbang mempelajari teori. 

Biasanya kamu akan mendapat jadwal  1-2 hari sekolah dan 3-4 hari bekerja. Atau bisa juga kamu mengawali dengan sistem Blok Unterricht, yaitu 1 bulan sekolah kemudian dilanjutkan dengan 2 bulan bekerja dan seterusnya. 

Di berufsschule, kamu akan belajar pelajaran dasar seperti Bahasa Jerman, Bahasa Inggris, matematika, ekonomi dan juga belajar teknik-teknik di bidang layanan dan dapur.  Di sini kamu juga akan menghadapi ujian mata pelajaran sama seperti sekolah pada umumnya.

Pada masa pelatihan kamu akan mengasah kemampuan di berbagai keahlian yang berhubungan dengan perhotelan seperti pekerjaan dapur, room service, restaurant service, resepsionis, serta akuntansi dan administrasi hotel.

Selain itu kamu juga perlu dari diri sendiri meningkatkan berbagai soft skills seperti melatih kesabaran, ketelatenan, kerajinan, kerja sama, dan bekerja di bawah tekanan.

Pelatihan Ausbildung perhotelan kira-kira berlangsung selama 3 tahun dan kamu pasti akan berpindah-pindah tempat pekerjaan selama proses pelatihan. Jadi kamu harus siap mental dan belajar untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru. 

Akomodasi dan Biaya Hidup Selama di Jerman Auszubildende Perhotelan 

Untuk biaya hidup kamu selama berdomisili di Jerman, kamu tidak perlu bingung. Semua kebutuhan akan disediakan oleh Betrieb (tempat kerja) yang dananya berasal dari potongan gaji kamu dari bekerja di tempat Ausbildung. 

Sekedar info, bila tempat kerjamu menyediakan Wohnung atau rumah sebagai tempat tinggal, kamu harus benar-benar menjaga kebersihan dan jangan sampai merusak perabotan di sana. Jika rusak, kamu harus membayar biaya perbaikannya sendiri dan artinya gaji kamu semakin terpotong.

beberapa perusahaan juga menyediakan asuransi kesehatan dan asuransi pekerjaan. Ada juga yang membantu urusan transportasi seperti menyediakan Semester Ticket. 

Kedua fasilitas ini sangat menolong karena Ausbildung perhotelan banyak menghabiskan waktu dengan bekerja dan sering kali berpindah-pindah tempat.

Satu lagi yang tidak kalah menarik, setelah setahun bekerja, kamu akan mendapat jatah cuti hingga 24 hari yang bisa kamu gunakan untuk refreshing atau bahkan liburan keliling negara-negara di perbatasan Jerman. Menyenangkan sekali kan?

Prospek Kerja Ausbildung di Jerman

Prospek Kerja Ausbildung di Jerman

Banyak prospek kerja dari jurusan perhotelan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Ausbildung di Jerman

Baik bekerja di Jerman, di Indonesia atau bahkan di negara lain, kamu pasti akan mudah mendapat pekerjaan, didukung oleh industri pariwisata dan hospitality yang sangat luas dan semakin berkembang.

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu tekuni.

  • Kerja di hotel atau resort 

Sudah jelas bahwa kamu berpeluang untuk bekerja di kawasan hotel atau resort. Keuntungan dari bekerja di bidang ini,  tentunya kamu sudah handal dalam menjalankan tugasmu.

Posisi yang bisa kamu pilih dari bisnis perhotelan diantaranya manager hotel, supervisor restoran, concierge hotel, admin hotel, dan masih banyak lagi.

  • Event/wedding/banquet organizer 

Faktanya, banyak acara besar yang diselenggarakan di hotel-hotel. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi event organizer yang kompeten. 

Berbagai macam tugas event organizer memiliki kesamaan dengan skill yang kamu pelajari di jurusan perhotelan seperti membantu mengatur dan merencanakan acara, menyiapkan venue, makanan, minuman, dan waiters, serta menyiapkan kebutuhan dari si penyelenggara acara.

Tidak hanya itu, kamu juga akan berlatih berkomunikasi secara baik ketika terjun ke dunia ini.

  • Kerja di bisnis food & beverage

Industri F&B menjadi salah satu pilihan kamu dalam mencari pekerjaan. Dengan kemampuan servis restoran dan pekerjaan dapur yang kamu miliki, kamu pasti dapat menjalankan tugasmu dengan baik.

Beberapa posisi di bidang ini diantaranya manager restoran, chef, restaurant host, food & beverage supervisor, dan sebagainya.   

  • Memulai usaha sendiri di bidang pariwisata, tour, dan perhotelan

Salah satu pilihan karir yang menarik setelah menyelesaikan Ausbildung perhotelan adalah menjalankan bisnis sendiri, terutama bila kamu berencana bekerja di Indonesia. 

Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang berpotensi menjadi sumber industri pariwisata untuk wisatawan mancanegara. Skill perhotelan dan kemampuan multibahasa kamu bisa menjadi modal penting dalam menarik pelanggan dan mengembangkan bisnis kamu. 

Beberapa contoh bisnis yang bisa menginspirasi kamu diantaranya bisnis penginapan, restoran, tour guide, atau bisnis attraction seperti wahana snorkeling, sailing, dan sebagainya. 

Melanjutkan Studi Setelah Program Ausbildung Perhotelan

Melanjutkan Studi Setelah Program Ausbildung Perhotelan

Selain bekerja, kamu juga bisa meneruskan pendidikan untuk mendapatkan jenjang pelatihan dan gelar lebih tinggi. Berikut ini pilihan jenjang pendidikan setelah menyelesaikan ausbildung

  • Studium 

Studium atau kuliah di universitas bisa kamu pilih untuk mendapatkan gelar sarjana atau undergraduate di Jerman. Kamu bisa memilih jurusan yang menunjang skill kamu di perhotelan seperti manajemen, bisnis, atau pariwisata. 

Dengan mengikuti Ausbildung sebelumnya, peluang kamu bisa diterima di universitas pilihan akan lebih besar dan masa kuliah kamu akan lebih singkat yaitu selama 3 tahun saja.

  • Hotelmeister

Hotel Meister adalah pelatihan lanjutan untuk master hotel dengan perolehan bukti kelulusan berupa sertifikat Hotel Meister. 

Pelatihan ini bisa bersifat penuh atau paruh waktu. Pelajarannya mencakup bidang manajemen kerja akuntansi, dan leadership. 

Dengan sertifikat Hotel Meister kamu berpeluang untuk menerima gaji lebih tinggi dari lulusan Ausbildung biasa.

  • Fachwirt in Gastgewerbe

Pelatihan ini dikhususkan untuk kamu yang ingin berkecimpung khusus di bidang perhotelan terutama di aspek hospitality. Kamu akan dilatih untuk mengelola departemen hotel dengan menerapkan ilmu-ilmu ekonomi.

Pelatihan berlangsung selama 18 bulan ditambah 5 bulan pelatihan penuh dan diselesaikan dengan ujian akhir.

Gaji Auszubildende Perhotelan dan setelah lulus

Selama Ausbildung kamu akan mendapatkan gaji bersih sekitar 365 Euro di tahun pertama dan akan meningkat hingga 435 Euro di tahun ketiga. Gaji ini sudah termasuk potongan biaya akomodasi beserta konsumsi kamu. 

Setelah mendapat gelar dan sertifikat, upah minimal dari pekerjaan di bidang perhotelan berkisar 1500 Euro per bulan. Bila posisi kamu di tingkat manager, gaji yang diterima bisa mencapai 3200 Euro keatas. 

Tapi pada umumnya gaji di bidang perhotelan itu tentatif tergantung dari kualifikasi dan tingkat pendidikan kamu. 

Syarat Auszubildende Perhotelan  yang harus dipenuhi

Lalu apa yang kamu persiapkan untuk mendaftar ke Ausbildung perhotelan? 

Berdasarkan syarat-syaratnya kamu tidak perlu memiliki pengetahuan atau keterampilan mengenai perhotelan terlebih dahulu karena di sini kamu akan diajarkan mulai dari nol, jadi kamu tidak perlu khawatir. 

Syarat-syarat yang dibutuhkan pada umumnya sama dengan jurusan Ausbildung lainnya. Berikut ini syarat yang kamu perlu siapkan.

  • Kemahiran Bahasa Jerman minimal di level B1
  • Minimal usia 18 tahun dan tanpa ada batas maksimal 
  • Sudah lulus SMA
  • Memiliki paspor dan visa
  • Menerjemahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke Bahasa Jerman
  • Membuat recommendation letter atau motivation letter bila diperlukan

Pendaftaran Ausbildung tiap tahunnya biasanya dimulai di bulan Juni, dan kamu akan tiba di Jerman pada bulan September. Untuk itu kamu perlu menyiapkan semua kebutuhan jauh-jauh hari

Bila kamu mengalami kendala atau kebingungan dalam mengurus kebutuhan, kamu bisa mendaftar ke lembaga Virtu Education. Virtu Education akan membimbing kamu untuk memenuhi semua syarat yang dibutuhkan mulai dari kursus Bahasa Jerman hingga mencarikan lowongan pekerjaan di Jerman.

kamu bisa mendapatkan info program Virtu Education lebih lanjut dengan mengunjungi websitenya di Virtueducation.org atau bisa juga dengan mendaftar Ausbildung Perhotelan dengan mengklik banner diatas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *