ausbildung jerman

Ausbildung Jerman: Program, Syarat & Manfaatnya

Ausbildung Jerman – Untuk kamu yang memiliki rencana untuk bisa kuliah sambil kerja di Jerman, program Ausbildung adalah langkah untuk meniti karir di negara yang kamu impikan tersebut.

Karena dengan tujuan kamu untuk mencari pengalaman yang tidak terlupakan tersebut, kamu bisa sekali untuk mencoba program ke Jerman yang satu ini. Kamu juga perlu mengetahui lebih detail tentang program ini.

Apa itu Ausbildung?

Ausbildung adalah program training yang bisa mengasah keterampilan dan juga kamu diberi kesempatan bisa sambil bekerja. Dan juga pekerjaan yang dilakukan merupakan berbayar atau mendapatkan keuntungan berupa gaji.

Tentunya untuk durasi lamanya kamu bisa mengikuti training ini ditentukan oleh jenis bidang yang kamu ambil. Karena dengan berbagai jenis bidang tersebut, membutuhkan fokus ataupun konsentrasi penelitian yang detail.

Akan tetapi, biasanya program ausbildung durasinya dua setengah tahun ataupun paling lama bisa mencapai tiga tahunan.

Dan juga untuk program ausbildung ini, kamu juga akan diberikan teori dan juga kerja praktek langsung di perusahaan yang dituju.

Manfaat Ausbildung Yang Harus Kamu Tahu

Manfaat yang berguna bagi individu ini juga dijamin oleh pemerintah Jerman. Karena di Jerman sendiri, tingkat ‘jobless’ yang rendah dikarenakan growth economy yang mereka hasilkan itu tinggi.

Maka dari itu, pemerintah mengadakan program Ausbildung agar para generasi muda bisa ikut berkembang sekaligus kompeten pada bidangnya. Dan juga sebagai wujud bahwa Jerman sebagai negara yang maju dalam aspek industrinya.

1. Bisa belajar sambil bekerja

Berbeda dengan beragamnya keuntungan program ke Jerman lainnya, program Ausbildung ini menawarkan keuntungan yaitu kamu bisa berkuliah sambil kerja. 

Dengan hal ini berarti kamu bisa belajar sambil mencari pengalaman bekerja yang banyak sehingga bisa mempermudah kamu nantinya saat benar-benar bekerja di suatu perusahaan. 

2. Di gaji oleh perusahaan

Yang artinya kamu sebagai mahasiswa masih bisa produktif menghasilkan uang sendiri dengan bekerja di perusahaan Jerman. Dengan belajar mandiri ini, kamu juga bisa melatih kedisiplinan di negara rantauan. 

Karena dengan kamu mengambil program Ausbildung maka kamu harus bisa mengatur waktu untuk belajar maupun waktu bekerja yang kamu pilih. Agar semua bisa tetap sesuai dengan gol yang kamu telah tetapkan. 

3. Dapat tempat tinggal

Untuk tempat tinggal ini khususnya asrama, kamu tidak perlu khawatir lagi. Dikarenakan dengan mengambil program Ausbildung maka kamu diberikan asrama tempat tinggal dengan gratis. 

Karena bersifat asrama, maka kamu akan ‘sharing’ dengan beberapa orang dari berbagai negara. Nah dengan begini, kamu bisa menambah teman mancanegara lainnya. 

Kamu juga tidak perlu khawatir lagi dengan sarana dan juga prasarana yang disediakan sudah yang terbaik untuk kebutuhan selama di asrama nantinya. Jadi akan lebih hemat selama kamu tinggal disana. 

4. Jenjang karir yang cemerlang

Sudah banyak diakui, Jerman merupakan negara dengan banyak perusahaan industri yang tersebar di berbagai belahan dunia. Dengan popularitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Dengan mengambil program Ausbildung maka ini adalah langkah awal kamu menuju ke jenjang karir yang kamu impikan.

Lalu mengapa masih ragu untuk memulai program Ausbildung untuk meniti karir yang lebih baik?

Padahal dengan program di Indonesia sendiri belum tentu bisa menjanjikan lapangan pekerjaan setelah lulus dari kuliah ataupun memberikan pengalaman bekerja yang digaji oleh perusahaan saat masih menjadi mahasiswa loh.

Di Jerman sendiri pihak pemerintah yang memberikan banyak alternatif bagi siswa ataupun mahasiswa nya yang ingin kuliah tetapi tetap bisa menghasilkan uang dengan cara bekerja.  

 

Bidang Jurusan & Program Ausbildung di Jerman Yang Bisa Kamu Pilih

Kemudian juga, mereka menyiapkan beberapa bidang yang bisa kamu ikuti yaitu antara lain:

1. Ausbildung Teknisi

Untuk bidang otomotif ini prospek kerjanya di Indonesia juga berkaitan dengan mesin, elektronik dan juga terkait perusahaan pertambangan. Bahkan juga kalian bisa menjadi tenaga pengajar bagi siswa SMK dan juga dosen Universitas.

Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan otomotif yang memang mengambil tenaga ahlinya dari luar negeri. Maka dari itu, keuntungan untuk kamu yang mengambil program Ausbildung adalah bisa dengan menjadi tenaga ahli bersertifikat luar negeri.

2. Ausbildung Perawat

Dalam bidang kesehatan, Jerman menjadi concern yang tinggi dan juga bisa kalian jadikan tujuan selama mengambil program Ausbildung. Karena angka harapan hidup yang tinggi dan juga kesejahteraan kesehatan yang baik.

Maka ausbildung adalah pilihan yang tepat untuk kalian memperdalam ilmu keperawatan. Karena kalian bisa praktek langsung di rumah sakit Jerman yang tarafnya baik dan bagus.

3. Ausbildung Perhotelan

Dengan bidang industri perhotelan ini sangat berkembang baik di Jerman maupun Indonesia sendiri. Karena di Jerman sendiri, service dan juga fasilitas yang diberikan sangat baik.

Baik untuk kelas bintang 3 sampai bintang lima pun tarafnya sudah sangat memuaskan dan juga profesional. Maka dari itu Indonesia harus berkaca dengan service yang diberikan hotel-hotel di Jerman.

Indonesia sebagai negara dengan industri pariwisatanya yang juga diandalkan seharusnya bisa menjadi prospek kamu kedepannya. Karena bisa juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentunya.

4. Ausbildung Restoran

Pada bidang restoran, kamu bisa belajar untuk mempersiapkan restoran bertaraf profesional. Nah dengan begitu, kamu bisa belajar dari banyak ahli terkemuka restoran dunia yang ada di Jerman.

Nah untuk bisa mengambil program Ausbildung pada bidang tersebut, kamu harus bisa memenuhi beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya untuk program ausbildung adalah sebagai berikut.

Syarat Ausbildung Jerman

Syarat Ausbildung Jerman

1. Syarat Pendidikan

Minimal pendidikan yang sudah kamu punya untuk mengikuti program Ausbildung yaitu SMA ataupun setara. Dan juga jika kamu masih berstatus siswa, kamu juga bisa tetap mempersiapkan diri mulai dari sebelum lulus.

Bagi kamu yang sudah lulus untuk jenjang Sarjana ataupun Diploma, kamu bisa tetap mendaftarkan diri. Karena peluang untuk melanjutkan studi dan juga untuk persiapan kuliah lanjutan sambil bekerja.

2. Syarat Usia

Untuk batas usia, dikategorikan menjadi 2 kelompok yaitu, 18-25 tahun untuk kategori mendaftar tidak perlu mencantumkan pengalaman bekerja. Jadi, modal yang dibutuhkan yaitu hanya ijazah dan tentunya nilai terakhir.

Kemudian untuk batas usia Ausbildung adalah di kategori umur maksimal 35 tahun. Dengan syarat menyertakan pengalaman bekerja yang pernah dialami. Karena dianggap kamu memiliki motivasi yang tinggi untuk melanjutkan keterampilanmu.

3. Syarat Nilai yang diperlukan

Untuk program Ausbildung adalah nilai yang berkaitan dengan bidang yang akan diambil. Jadi dilihat kesinambungan antara program yang akan diambil dan juga rekam jejak yang sudah ditempuh.

4. Syarat Bahasa Jerman

Kemampuan bahasa jerman terkait program Ausbildung adalah setara B1 & B2. Yaitu dengan kemampuan ini, kamu sudah bisa percakapan yang sifatnya lanjutan dan juga bisa memahami teks.

Sehingga apa yang akan dipelajari akan lebih mudah nantinya karena dengan program Ausbildung ini teori akan tetap diberikan meskipun ada kerja praktek. Karena materi tetap diberikan sebagai penunjang dan semua dalam bahasa Jerman.

Jika kamu masih kesulitan dalam berbahasa Jerman, kamu bisa mengisi form dibawah untuk mengikuti kursus bahasa Jerman di Jakarta yang didukung dengan pengajar professional dan berpengalaman.

Jenis Jenis Ausbildung

Jenis Jenis Ausbildung

Sama halnya dengan program pelatihan atau beasiswa pada umumnya, program Ausbildung yang dilaksanakan oleh Pemerintah Jerman dan bekerjasama dengan pemerintah dari negara – negara lain ini pun memiliki beberapa kategori atau jenis, yaitu:

1. Duale Ausbildung

Duale atau Berufliche Ausbildung, adalah jenis Ausbildung di mana praktek kerja lebih diutamakan daripada kegiatan belajar mengajar di Sekolah. Para Azubi yang memilih jenis program Ausbildung ini dalam seminggu memiliki waktu belajar di Berufliche selama 1 atau 2 hari saja. Sedangkan untuk 3 hingga 4 hari lainnya akan digunakan untuk praktek kerja atau magang.

Keuntungan mendaftar jenis program ini adalah para Azubi akan mendapatkan bayaran dari perusahaan tempat mereka magang setiap bulannya. Bidang pekerjaan yang ditawarkan untuk program ini juga terdiri dari berbagai macam.

Setidaknya ada lebih dari 350 jenis pekerjaan yang bisa didalami dalam program ini, diantaranya seperti bidang perhotelan, restoran, bartender, teknik, masinis, perbankan, marketing, design grafis, perhutanan, arsitektur, teknik industri, dan masih banyak lainnya.

2. Schulische Ausbildung

Berbeda dengan Duale Ausbildung di mana para Azubi lebih banyak menghabiskan waktu untuk praktek kerja atau magang, program Schulische Ausbildung lebih mengutamakan teori daripada praktik kerja lapangan.

Jadi pada umumnya Azubi yang mengikuti program Ausbildung jenis ini akan menghabiskan waktu belajar di sekolah selama 4 hari setiap minggunya, dan satu hari untuk magang atau kerja praktek.

Karena lebih banyak waktu belajar daripada bekerja, biasanya para Azubi dari program ini tidak mendapatkan gaji, dan mereka juga perlu membayar biaya sekolah sendiri.

Namun hal itu tidak berlaku bagi para Azubi yang bekerja di bidang kesehatan, seperti perawat, asisten dokter, dan terapis sebab mereka akan tetap mendapat bayaran untuk jam kerja mereka.

Untuk mengambil program Schulische Ausbildung, Azubi juga diwajibkan untuk memiliki uang jaminan atau deposito di akun bank mereka sebesar 10.000 euro.

3. Ausbildungsorientiertes Duales Studium

Ausbildungsorientiertes Duales Studium merupakan kombinasi antara program Ausbildung dan Suales Studium.

Di mana saat lulus dari program ini, peserta yang mengikuti program ini akan mendapatkan dua sertifikat sekaligus, yakni sertifikat Ausbildung sebagai fachkraft dan juga gelar dari universitas seperti bachelor untuk lulusan S1 atau gelar master untuk lulusan pascasarjana.

Lama waktu mengikuti program jenis ini biasanya lebih lama daripada program lain pada umumnya yakni sekitar 4,5 hingga 5 tahun.

Kelebihan yang bisa didapat dari mengikuti Ausbildung Sorientiertes Duales Studium ini adalah saat selesai program, peserta bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta yang mengikuti program Ausbildung saja.

Keuntungan Program Ausbildung

Keuntungan Program Ausbildung

Dengan mendaftar dan mengikuti program Ausbildung, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan yang tentu saja bermanfaat bagi masa depan. Beberapa keuntungan yang bisa diraih dari program ini antara lain;

1. Mendapat Pengalaman Kerja Sekaligus Belajar

Berbeda dengan program beasiswa pendidikan pada umumnya, program Ausbildung tidak hanya akan memberikan materi – materi pembelajaran saja. Anda juga akan mendapatkan pengalaman langsung terjun ke dunia kerja dengan sistem magang untuk mendalami teori yang didapat dari Berufschule atau Sekolah Profesi.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tunjangan, gaji bulanan, hingga asuransi kesehatan dari tempat magang. Oleh sebab itu, Ausbildung akan membuat Anda lebih siap untuk menjadi tenaga kerja ahli.

2. Mendapat Fasilitas Tempat Tinggal

Bagi Anda yang berhasil lolos program Ausbildung dan berangkat ke Jerman, tak perlu pusing memikirkan masalah tempat tinggal selama di sana. Sebab para peserta Ausbildung alias Azubi akan mendapatkan fasilitas berupa asrama secara gratis.

Pada umumnya satu asrama akan ditempati oleh 2 hingga 3 orang, jadi para Azubi bisa mendapatkan teman baru dari negara lain yang bisa juga jadi ajang untuk membuka pergaulan secara internasional tentunya.

3. Mendapat Sertifikat Internasional

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setelah menyelesaikan program Ausbildung para peserta tidak hanya akan mendapat gelar sebagai tenaga ahli di bidang yang dipilihnya, namun juga akan mendapatkan sertifikat.

Sertifikat Ausbildung ini telah mendapatkan pengakuan dunia internasional, sehingga para Azubi nantinya bisa menggunakan sertifikat dan gelar yang didapat untuk melamar pekerjaan baik di Jerman sendiri maupun di negara – negara lain.

4. Membuka Peluang untuk Berkarir Di Dunia Internasional

Jerman dikenal sebagai negara multikultural, jadi selama disana kemungkinan besar Anda akan bertemu dan bekerjasama dengan orang dari negara – negara lain selain orang Jerman sendiri.

Tentu saja hal itu bisa membangun koneksi untuk semakin membuka peluang Anda berkarir di dunia internasional nantinya. Selain itu Anda juga bisa mempelajari budaya dan etos kerja masyarakat Jerman yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya, sehingga Anda pun bisa menerapkannya saat mulai bekerja profesional.

Persiapan Ausbildung

persyaratan ausbildung

Setelah mengetahui lebih dalam tentang Ausbildung dan keuntungan yang bisa didapatkan dari mengikuti program ini, mungkin sebagian besar dari Anda tertarik untuk mendaftarkan diri. Sebelum mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini, berikut beberapa persyaratan dan persiapan Ausbildung yang harus dipenuhi.

1. Pendidikan Terakhir Minimal SMA atau Sederajat

Untuk bisa mendaftar Ausbildung seseorang setidaknya harus merupakan lulusan tingkat SMA atau sederajat seperti SMK atau MAN.

Jika saat ini Anda masih atau sedang menempuh pendidikan tingkat SMA, maka Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk memperdalam kemampuan Bahasa Jerman dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman.

Program ini juga berlaku untuk yang sudah menyelesaikan pendidikan diploma atau strata satu (S1). Bahkan peluang yang dimiliki oleh lulusan diploma atau S1 cukup besar, karena mereka dianggap lebih memiliki kesiapan mental yang lebih tinggi.

2. Usia Minimum 18 Tahun, dan Maksimal 35 Tahun

Ada dua kategori usia sebagai syarat mendaftar Ausbildung ini. Pertama adalah untuk usia 18 tahun hingga 25 tahun. Bagi Anda dengan rentang usia ini cukup menyertakan ijazah dan transkrip nilai.

Namun untuk Anda yang berusia 25 tahun ke atas dengan batas maksimal berumur 35 tahun, selain menyertakan ijazah dan transkrip nilai, Anda juga perlu menyertakan surat pengalaman kerja sebelumnya. Surat tersebut bisa menjadi salah satu penilaian penting dalam melihat keseriusan Anda di bidang yang ingin diperdalam saat Ausbildung.

Selain itu perlu diingat, untuk mendaftar Ausbildung terdapat syarat untuk nilai akademik dalam setiap jenjang pendidikan. Nilai-nilai yang dibutuhkan akan berhubungan dengan bidang yang akan diambil nantinya.

Jadi pastikan untuk memilih bidang yang akan diperdalam sesuai dengan nilai terbaik yang Anda miliki, sebab hal itu berkaitan dengan seberapa Anda telah memahami bidang yang akan dijalani nantinya.

3. Mengenal Minat dan Motivasi

Sebelum mendaftar program Ausbildung, Anda perlu mengetahui dengan pasti minat atau bidang apa yang akan dipilih untuk diperdalam. Selain itu Anda juga harus memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti program ini serta mempelajari bidang yang dipilih nantinya.

Sebab, belajar dan bekerja selama 3 tahun di negeri orang termasuk hal yang tidak mudah, jadi dibutuhkan motivasi kuat untuk bisa menjalaninya dengan baik.

4. Kemampuan Bahasa Jerman

Ausbildung diadakan di Jerman, dan nantinya Anda akan banyak bersinggungan serta bekerjasama dengan orang Jerman, oleh sebab itu sangat penting bagi para calon peserta Ausbildung untuk memiliki kemampuan Bahasa Jerman yang baik, mulai dari pelafalan, berbicara, hingga menulis.

Apalagi sejak tahap wawancara, para pewawancara akan menggunakan Bahasa Jerman. Untuk mempelajari dan memperdalam Bahasa Jerman, tentu mengikuti kursus Bahasa Jerman menjadi pilihan yang jitu.

Apalagi untuk bisa lolos Ausbildung ada standar atau level Bahasa Jerman yang wajib dimiliki para calon Azubi. Biasanya perusahaan mempersyaratkan skill bahasa Jerman level B1 atau B2, yang merupakan level kemampuan berbahasa Jerman tingkat menengah.

Seseorang yang bukan warga negara Jerman akan dianggap sudah mampu untuk bekerja di perusahaan Jerman saat sudah mencapai level ini.

Jadi hal-hal diatas tersebut merupakan informasi seputar Ausbildung dan juga Ausbildung adalah langkah untuk kamu memulai untuk meniti karir sambil belajar di negara maju seperti Jerman.

Untuk informasi pendafataran program Ausbildung Jerman, mulai dari program, syarat dan biayanya maka Anda dapat menghubungi Kami dengan mengklik banner diatas ini dan semoga saja bermanfaat.