cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri

Ini Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis di Luar Negeri

Hola, beasiswa hunters! Siapa yang sedang mencari beasiswa kuliah? Atau sedang mencari beasiswa kuliah gratis di luar negeri? Kita bahas sama-sama, yuk!

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Masa setelah lulus SMA itu memang tantangan, termasuk tantangan mencari cara agar dapat mencapai tujuan, termasuk kuliah! Kamu kira-kira sedang di fase mana? Mencari kampus? Mencari dana kuliah? Atau mencari beasiswa?

Ternyata tidak sedikit siswa siswi SMA berkeinginan untuk berkuliah di luar negeri, lho. Namun, biaya seringkali menjadi ancaman mereka untuk enggan berkuliah di luar negeri.

Selain soal biaya, seringkali siswa merasa tidak percaya diri untuk mencapai tujuan mereka berkuliah di luar negeri. Padahal, percaya diri itu kewajiban yang harus dimiliki setiap orang!

Nah, bagi Kamu yang ingin berkuliah di luar negeri dengan beasiswa, ini dia cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis di Luar Negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa

Berikut merupakan cara-cara yang bisa Kamu terapkan jika Kamu ingin mencari beasiswa untuk kuliah.

  1. Memiliki Prestasi Akademik

Menjadi pintar tanpa pembuktian saja tidak cukup. Prestasi akademik menjadi salah satu syarat agar kamu bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk kuliah.

Mengapa sih harus memiliki prestasi akademik? Karena, berbagai lembaga membutuhkan syarat tersebut untuk bisa lolos dalam beasiswa.

Maka dari itu, Kamu wajib banget untuk memiliki prestasi akademik yang dapat dibuktikan melalui nilai tertulis atau sertifikat resmi, ya!

Jika Kamu masih kelas 1 SMA, ini menjadi kesempatan emas untuk meraih prestasi akademik setinggi-tingginya agar mendapatkan beasiswa.

Jika nilaimu dirasa masih merasa belum cukup, Kamu bisa mengikuti berbagai lomba yang berhubungan dengan akademik seperti cerdas cermat atau olimpiade.

  1. Mencari Lembaga yang Menyediakan Beasiswa

Sebagai manusia yang beranjak dewasa, mandiri itu sangat diperlukan. Kamu bisa memulai hal tersebut dengan mencari-cari lembaga yang menyediakan beasiswa, khususnya beasiswa luar negeri.

Namun, Kamu harus sesuaikan dengan kebutuhanmu saat mencari dan melakukan riset untuk calon penyedia beasiswa mu kelak.

Riset seperti ketentuan, benefit, dan syarat harus Kamu cari tahu betul-betul agar Kamu tidak terjebak dan merasa rugi saat menjalankan beasiswamu kelak.

  1. Persiapkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi ini penting sekali untuk dipegang oleh para calon beasiswa hunter, lho! Kenapa bisa sepenting itu?

Karena surat rekomendasi akan membuat lamaran beasiswa mu dipertimbangkan oleh lembaga penyedia beasiswa. Jadi, pastikan Kamu mendapatkan surat rekomendasi.

Surat rekomendasi sendiri bisa Kamu dapatkan melalui guru, pelatih ekstrakurikuler, atau wali kelas, bahkan sekolah mu, ya!

  1. Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing tentunya tidak boleh terlewatkan! Pasalnya, bahasa asing akan sangat berguna saat Kamu berada di negara tujuanmu.

Belum lagi, Kamu wajib mempelajari bahasa negara tujuan beasiswa mu jika negara tersebut memiliki bahasanya tersendiri seperti Jepang, China, dan lainnya.

Penggunaan bahasa asing seringkali diperlukan saat seleksi wawancara berlangsung. Tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa asing sebelum Kamu mengirim berkas seleksi beasiswa.

Biasanya beasiswa luar negeri itu membutuhkan dokumen seperti TOEFL ataupun IELTS. Maka dari itu, persiapan untuk berkuliah di luar negeri dengan beasiswa memang tidak main-main.

Kamu harus sering-sering belajar bahasa asing agar Kamu terbiasa saat di sana, baik dalam berkomunikasi maupun belajar.

  1. Berlatih Mengenai Seleksi Beasiswa

Seleksi beasiswa sendiri ada beberapa tahapan, mulai dari mengirimkan berkas-berkas hingga tahap paling akhir biasanya adalah tahap pengecekan kesehatan.

Tahukah Kamu, orang-orang yang memperebutkan beasiswa luar negeri kebanyakan gagal pada tahap seleksi berkas. 

Maka dari itu, pastikan Kamu membaca syarat berkas dengan benar dan juga berlatih untuk membuat berkas seperti CV, Essay, maupun Motivation Letter.

Ketiga hal tersebut biasa dipertemukan pada saat seseorang ingin mendaftar suatu beasiswa. Kamu harus rajin-rajin berlatih, karena pada tahap ini pun tidak mudah.

Lalu, Kamu lebih baik untuk berlatih berwawancara. Kamu bisa berlatih bersama teman atau berlatih berbicara di depan cermin jika terlalu malu.

Karena wawancara akan selalu dilakukan saat Kamu mengajukan beasiswa di lembaga mana pun. Karena melalui wawancara, lembaga penyelenggara akan melihat apakah Kamu serius atau tidak.

Jika Kamu tidak berlatih dengan baik, kemungkinan untuk berhasil pun kecil karena saingan yang begitu banyak. Kamu harus berlatih, ya!

  1. Mendaftarkan Diri ke Beasiswa Tujuan

Tentunya jika Kamu ingin beasiswa tersebut, Kamu harus daftar terlebih dahulu, ya!

Kamu dapat melihat informasi dan syarat lembaga beasiswa tujuanmu pada laman portal tertentu, sesuai dengan tujuan beasiswamu. 

Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Daftar Untuk Kuliah di Luar Negeri

Jenis Beasiswa

Jika Kamu sudah membaca bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, kini saatnya Kamu mengetahui jenis-jenis beasiswa apa saja yang tersedia!

  1. Beasiswa Prestasi

Pada beasiswa ini, lembaga dan universitas yang dituju akan lebih memperhatikan nilai-nilai akademik para siswa, seperti kemahiran, kemampuan, dan penampilan nilai selama sekolah.

Beberapa universitas pun juga akan melihat nilai-nilai non-akademik seperti musik. Tidak jarang universitas juga melihat nilai keaktifan dan sikap kepemimpinan.

  1. Beasiswa Pemerintah

Pemerintah Indonesia tentunya bekerja sama dengan banyak negara dalam hal positif, termasuk hal-hal berkuliah di luar negeri.

Beasiswa pemerintah akan membantu Kamu dalam memperoleh universitas tujuan dengan biaya yang cukup untuk hidup di sana.

Beasiswa pemerintah bisa Kamu temukan seperti beasiswa LPDP, beasiswa LIPI, dan beasiswa BAPPENAS. Kamu bisa cari tahu ketiganya jika berminat!

  1. Beasiswa Pihak Swasta

Tidak selamanya yang berbau swasta itu buruk. Beasiswa pihak swasta dapat Kamu manfaatkan dalam memperoleh beasiswa.

Beasiswa ini cenderung lebih diminati oleh siswa siswi karena perekrutan yang tidak sesulit beasiswa pemerintah.

Kamu bisa mencari tahu mengenai beasiswa pihak swasta ini yang siapa tahu saja dapat membantumu untuk berkuliah di luar negeri.

  1. Beasiswa Atletik

Jika Kamu tidak pandai dalam akademik? Tenang! Pandai dalam non-akademik menjadi penguatmu untuk mendaftar beasiswa.

Namun, pada saat Kamu diterima, Kamu dituntut untuk mempertahankan prestasi non-akademik dan juga harus seimbang dengan prestasi akademik.

Hmm, kedengaran sulit, ya? Belum sulit jika belum dicoba!

Nah, itulah cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri dan juga jenis-jenis dari beasiswa yang mungkin akan Kamu ambil ke depannya.

Kuliah di luar negeri itu memang mengasyikan. Namun, bagi Kamu yang berkuliah di dalam hati pun tidak boleh berkecil hati, ya! Karena, kamu dapat mencari cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di kotamu juga!

Jika Kamu berminat untuk kuliah gratis di luar negeri, Kamu bisa mengisi formulir di atas pada halaman website ini. 

Jika Kamu masih ingin bertanya mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri, Kamu dapat menghubungi nomor WhatsApp yang telah tersedia.

Jika bukan sekarang, kapan lagi? Yuk, kita berkuliah di luar negeri bareng-barent!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday