Kursus SAT Professional

kursus sat terbaik

Mengenal Tentang Tes SAT dan Kursus SAT Terbaik

Kursus SAT – Tak hanya Perguruan Tinggi Negeri saja yang banyak menjadi incaran para siswa dan siswi kelas 12. Berkuliah di Universitas kenamaan di luar negeri pun menjadi banyak mimpi para pelajar Tanah Air yang tengah duduk di kelas 12 maupun mereka yang ingin melanjutkan studi S2.

Beberapa Universitas ternama mancanegara sebut saja seperti Singapore National University dan Namyang University di Singapura atau Harvard University hingga Washington University di Amerika, maupun Oxford University di Inggris menjadi Perguruan Tinggi Luar Negeri favorit yang banyak menjadi tujuan para siswa – siswi SMA atau sederajat yang akan memasuki jenjang perkuliahan, maupun calon mahasiswa pada umumnya.

Namun tentu saja, untuk bisa masuk ke Universitas luar negeri ternama bukan perkara yang tergolong mudah. Pasalnya ada begitu banyak syarat atau kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para calon mahasiswa agar dapat diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diimpikan.

Mulai dari motivation letter bagi para calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, hingga sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEIC, TOEFL, IELTS, serta tak boleh ketinggalan surat keterangan atau sertifikat lolos tes SAT (Scholastic Aptitude Test, atau Scholastic Assessment Test).

Bagi para siswa – siswi kelas 12 atau para mahasiswa yang berniat melanjutkan studi ke luar negeri mungkin sudah cukup akrab dengan tes kemampuan berbahasa Inggris seperti IELTS dan yang lainnya.

Dan tak kalah penting dari itu, kalian juga perlu melakukan tes SAT sebagai salah satu syarat wajib jika ingin lolos masuk ke Perguruan Tinggi Luar Negeri. Oleh sebab itu, mengikuti kursus SAT menjadi sarana penting agar bisa lolos dalam ujian SAT.

Berbeda dengan kursus IELTS, TOEFL atau TOEIC yang dikhususkan untuk memperdalam dan mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Kursus SAT sendiri dikhususkan agar para calon mahasiswa yang hendak berkuliah di luar Negeri mampu mendalami materi pelajaran yang akan muncul dalam tes SAT.

Tes SAT sendiri bertujuan untuk menilai pengetahuan Anda tentang membaca secara kritis, menulis dan keterampilan matematika yang sudah anda pelajari.

Pengertian SAT Secara Singkat

Tes SAT merupakan sebuah tes yang telah digunakan secara luas sebagai salah satu prasyarat bagi para pelajar atau calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Pada umumnya tes SAT ini dilakukan jika kamu memilih Universitas yang ada di Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan juga Kanada.

Bagi kalian yang ingin berkuliah di luar negeri sangat penting untuk memahami secara jelas tentang kursus SAT dan juga segala sesuatu yang berkaitan tentang ujian atau tes SAT, mulai dari komponen-komponen yang terdapat di dalamnya, hingga tujuan dilakukannya tes tersebut.

Tes SAT sendiri sebenarnya telah digunakan sejak lama di Amerika. Tes ini pertama kali digunakan sebagai tes IQ yang diperuntukkan bagi para tentara maupun calon tentara di Amerika Serikat. Tes SAT sendiri mulai dijadikan sebagai salah satu ujian standar yang wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa di Amerika Serikat sejak tahun 1940.

Namun kini, tak hanya Perguruan Tinggi di Amerika saja yang mewajibkan para calon mahasiswanya mengikuti tes SAT. Perguruan Tinggi di beberapa negara, sebut saja seperti Kanada, Inggris, dan Singapura juga memberlakukan kebijakan yang sama.

Dalam kursus SAT sendiri para calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Luar Negeri akan dibantu untuk memperdalam materi – materi yang akan diujikan saat tes SAT.

Pada umumnya kursus SAT di Indonesia merupakan lembaga yang telah mendapatkan pengakuan resmi dari Educational Testing Service, yang tak lain adalah lembaga di Amerika yang mengelola semua materi, peraturan, hingga penilaian untuk SAT.

  • Materi yang Akan Diujikan Saat SAT

Soal-soal yang keluar dalam tes SAT Indonesia sendiri sama dengan SAT pusat yang ada di Amerika. Di mana materi ujian meliputi evidence base reading and writing, tes menulis dan bahasa, matematika, dan juga essay.

Untuk tes essay sendiri bersifat opsional, sehingga ada yang menggunakan tes essay namun ada juga yang tidak. Semuanya itu tergantung dari Universitas yang dipilih. Biasanya waktu keseluruhan yang diberikan untuk mengerjakan tes SAT adalah 3 jam tanpa jeda.

Namun jika Anda memilih soal ujian SAT dengan tambahan tes essay, maka akan diberi waktu tambahan selama 50 menit.

  1. Reading Test

Dalam tes bagian ini para peserta kursus SAT akan diberi soal bacaan untuk mengetahui keahlian dan pengetahuan yang telah dipelajari selama mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Soal yang muncul juga bisa menjadi penilaian atau pertimbangan para penguji apakah peserta dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Untuk dapat menjawab soal-soal yang diberikan dalam reading test ini, peserta diharuskan membaca berbagai bacaan dan juga grafik yang terdapat di dalam seksi ini.

  1. Tes Menulis dan Bahasa

Pada bagian tes menulis dan bahasa atau yang dalam ujian SAT disebut dengan Writing and Language Test Section ini para peserta akan diberi soal yang berisikan sebuah bacaan dalam Bahasa Inggris.

Kemudian para peserta kursus SAT perlu membaca bacaan tersebut, menemukan bagian kata atau kalimat yang salah dalam bacaan itu, kemudian memperbaikinya.

  1. Tes Matematika

Selain materi membaca dan menulis, dalam ujian SAT juga terdapat soal-soal matematika yang perlu dijawab oleh peserta kursus SAT. Dalam sesi tes matematika ini terdapat dua jenis soal.

Pertama jenis soal matematika dengan mengerjakan menggunakan kalkulator, dan yang kedua adalah soal matematika yang tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator.

Bagian soal yang menggunakan kalkulator pada umumnya memiliki tingkat kesulitan yang lebih rumit, sehingga menggunakan kalkulator akan membantu para peserta untuk menghitung dengan lebih cepat.

Sedangkan untuk tes matematika yang tidak boleh menggunakan kalkulator, peserta akan diberikan daftar rumus matematika yang mungkin akan diperlukan untuk menjawab soal yang disediakan.

Hal ini pun membuat peserta kursus SAT tidak perlu menghafal semua rumus matematika, Yang terpenting, peserta tahu rumus yang tepat untuk menyelesaikan setiap soal tes matematika dalam seksi ini.

  1. Tes Essay SAT

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bagian tes essay pada ujian SAT bersifat opsional. Di mana hal ini tergantung dengan Perguruan Tinggi yang dipilih oleh peserta kursus SAT.

Apakah Universitas yang bersangkutan mewajibkan calon mahasiswanya untuk mengerjakan essay atau tidak.

Bagi para peserta kursus SAT yang menggunakan tes essay maka perlu membaca bacaan yang sudah tersedia, kemudian menjelaskan bagaimana cara penulis meyakinkan pembaca melalui tulisannya tersebut.

Para peserta juga perlu memberikan penjelasan mendukung dengan bukti yang bisa ditemukan dari bacaan. Dalam tes essay ini, para peserta tidak perlu menyatakan pendapat pribadi, seperti apakah setuju atau tidak pendapat penulis.

  • Skor SAT yang Diperlukan untuk Lolos ke Perguruan Tinggi Luar Negeri

Total skor SAT yang akan didapatkan peserta kursus SAT adalah berkisar dari 400 – 1600. Untuk masing-masing bagian (membaca, menulis, dan matematika) kisaran skor adalah 200 hingga 800. Sedangkan untuk SAT Essay skor berkisar antara 2 hingga 8.

Sedangkan untuk skor maksimal yang bisa didapat oleh peserta kursus SAT adalah 2400. Jika peserta bisa meraih skor di atas 2000, maka peluang untuk diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri ternama dapat dipastikan sangat terjamin.

Sementara untuk skor aman adalah 1600 ke atas. Jika di bawah itu, peluang untuk diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri bisa dibilang sangat tipis.

Pentingnya Mengikuti Kursus SAT

Bagi para siswa dan siswi kelas 12 atau calon mahasiswa lainnya yang ingin melanjutkan studi ke Universitas di luar negeri, terutama Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Singapura tentu wajib untuk mengikuti tes SAT.

Seperti yang sudah dijelaskan untuk mengamankan posisi agar lolos ke Perguruan Tinggi Luar Negeri impian diperlukan skor SAT 1600 ke atas. Sedangkan bagi yang ingin memasuki Universitas luar negeri kenamaan, seperti Harvard University di Amerika Serikat, atau Cambridge University di Inggris diperlukan skor 2000 ke atas.

Untuk mendapatkan skor SAT tersebut tentu dibutuhkan kerja keras, seperti melatih dan memperdalam kemampuan Bahasa Inggris dan juga berlatih contoh-contoh soal SAT.

Berlatih secara mandiri memang baik, namun akan lebih efektif jika para calon mahasiswa mengikuti kursus SAT di lembaga yang terpercaya.

Sebab dengan mengikuti kursus SAT ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat. Di antaranya adalah;

  • Didampingi Oleh Pengajar Ahli

Kelebihan jika para calon mahasiswa berlatih di lembaga kursus SAT adalah tentunya dalam memperdalam kemampuan berbahasa Inggris dan materi ujian mereka akan didampingi oleh para tenaga pengajar profesional dan berkompeten,

Para pengajar akan membantu para calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebaik – baiknya untuk mengikuti ujian SAT. Lembaga kursus SAT terpercaya juga akan memberikan materi pembelajaran berupa contoh soal-soal yang mendekati kemungkinan soal asli tes SAT.

  • Bisa Mengetahui Bidang Apa yang Perlu Lebih Diperdalam

Dengan mengikuti kursus SAT di lembaga yang terpercaya, para calon mahasiswa akan mendapatkan materi khusus mengenai format ujian melalui banyak latihan soal. Ada empat sesi tes dalam SAT yaitu membaca, menulis, matematika dan essay.

Setiap sesi atau bidang tersebut pastinya memiliki kesulitannya masing – masing. Dengan latihan-latihan soal yang diberikan saat kursus SAT, para calon mahasiswa bisa mengetahui materi di bagian manakah yang perlu lebih diperdalam.

  • Peserta Kursus SAT Lebih Matang untuk Menghadapi Ujian SAT

Para calon mahasiswa yang mengikuti kursus SAT akan memiliki pengalaman dasar yang nantinya dapat membantu mereka dalam menghadapi ujian SAT yang sebenarnya, dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan skor SAT yang tinggi.

Bukan itu saja, pengalaman tersebut juga akan membantu dalam proses perkuliahan di luar negeri, baik itu dari segi materi pembelajaran, hingga kemampuan bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya maupun dosen di Universitas impian.

Selain mempersiapkan untuk ujian SAT, kursus SAT juga bisa menjadi ajang bagi para calon mahasiswa agar lebih memiliki persiapan diri yang matang sebagai modal utama untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri terutama di Amerika Serikat.

Persiapan Mengikuti Tes SAT

Mengingat pentingnya skor SAT yang tinggi agar dapat diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri impian, tentu sangat perlu bagi para calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri guna mengikuti tes SAT.

Beberapa hal yang perlu disiapkan oleh setiap calon mahasiswa yang akan melaksanakan tes SAT, antara lain;

  • Menyiapkan Waktu Sedini Mungkin untuk Memperdalam Materi SAT

Bagi para siswa dan siswi kelas 12 yang bersekolah di sekolah Internasional atau sekolah yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris, biasanya persiapan bisa lebih cepat.

Sebab mereka sudah kurang lebih sudah memiliki bekal dasar dalam menggunakan Bahasa Inggris baik lisan maupun tulis.

Namun bagi siswa dan siswi kelas 12 atau calon mahasiswa yang berasal dari sekolah umum, rata-rata jika mengikuti kursus SAT, waktu yang dibutuhkan untuk memperdalam Bahasa Inggris dan materi ujian SAT adalah sekitar 2 hingga 5 bulan lamanya.

  • Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Untuk bisa mendapatkan skor ujian SAT yang tinggi, sudah barang tentu para calon mahasiswa perlu menguasai setiap materi yang akan diujikan, Namun, pastinya tidak semua orang menguasai semua materi tersebut.

Oleh sebab itu mengetahui bagian materi mana yang menjadi kelemahan dan kelebihan diri sendiri amat lah penting. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengikuti latihan soal yang diselenggarakan tempat kursus SAT.

Sebab para tenaga pengajar di tempat kursus akan memberikan analisis terhadap hasil jawaban saat latihan soal.

Dan nantinya tenaga pengajar akan membantu para peserta kursus SAT untuk lebih mendalami materi yang dirasa masih kurang. Sembari terus mengasah materi yang sudah menjadi keunggulan peserta.

  • Memilih Tempat Kursus SAT yang Kredibel

Tak bisa dipungkiri jika mengikuti kursus SAT menjadi cara efektif dan pasien bagi para calon mahasiswa yang ingin mendapatkan skor tinggi dalam tes SAT. Oleh sebab itu, memilih lembaga kursus SAT yang terpercaya dan profesional sangat lah penting.

Salah satu syarat lembaga kursus SAT yang kredibel adalah sudah mendapatkan pengakuan dari Educational Testing Service, lembagai di Amerika yang mengelola semua materi, peraturan, hingga penilaian untuk SAT.

Keunggulan Kursus SAT dari Educraft

Untuk menghadapi ujian SAT agar mendapatkan skor terbaik sehingga dapat melaju ke Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diimpikan, sudah tentu para calon mahasiswa perlu memilih lembaga kursus SAT yang profesional dan terpercaya.

Oleh sebab itu, Educraft hadir sebagai solusinya. Selain membantu para calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian SAT, Educraft juga menjadi lembaga penyelenggara tes SAT yang telah diakui secara resmi oleh Educational Testing Service.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh kursus SAT Educraft agar para calon mahasiswa bisa mendapatkan skor tinggi saat tes SAT dan lolos ke Universitas impian mereka di luar negeri, Seperti didukung oleh para pengajar profesional baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, Educraft juga memiliki materi program pembelajaran yang efektif dan efisien, yang menjamin para peserta kursus SAT mendapatkan skor tinggi saat ujian SAT.

Berikut adalah metode pembelajaran kursus SAT Educraft yang akan menjadi kunci keberhasilan bagi para calon mahasiswa.

  • Memperdalam Aturan Grammar dan Punctuation (Tanda Baca)

Dalam soal tes SAT di bagian writing atau menulis, sebesar 45% soal menggunakan Standar English Convention, sehingga sangat penting bagi para calon mahasiswa untuk menguasai grammar, tanda baca dan penggunaannya.

Oleh sebab itu Educrat akan membantu para peserta kursus SAT dengan memberikan pelajaran berbagai macam aturan penting seperti struktur paralel dalam penulisan, kata kerja dalam tenses, pronoun-antecedent agreement, dan lainnya dalam setiap sesi latihan.

  • Memberi Tips dan Trik Skimming (Membaca Cepat)

Dalam ujian SAT di bagian tes membaca atau reading test, pada umumnya peserta kursus SAT akan diberikan bacaan berupa paragraf panjang, yang berguna untuk menjawab soal.

Untuk menghemat waktu dalam membaca paragraf panjang dan menemukan jawaban yang tepat para pengajar di Educraft akan memberikan tips dan trik untuk membaca cepat alias skimming.

Cara ini akan sangat membantu, sebab ada banyak bahan bacaan dengan beberapa paragraf yang seringkali menghabiskan waktu.

Kemampuan membaca cepat sangat diperlukan untuk tes di sesi ini agar para peserta dapat lebih cepat mengerjakan soal dengan benar dan tepat, sehingga lebih menghemat waktu.

  • Memperdalam Materi Aljabar

Para staf pengajar di kursus SAT Educraft tidak hanya akan membantu para calon mahasiswa untuk memperdalam materi menulis dan membaca. Namun mereka juga akan membekali para calon mahasiswa dengan materi aljabar agar bisa menjawab dengan benar soal – soal di sesi tes matematika.

Materi yang diberikan pada para peserta kursus meliputi persamaan linier, sistem persamaan, dan nilai mutlak.

Tak hanya mempelajari hitungan biasa. Para peserta kursus SAT Educraft juga akan dibantu untuk mempelajari dan membahas rumus – rumus matematika, yang nantinya akan membantu dalam mengerjakan soal ujian.

  • Mempelajari Cara Membuat Essay dengan Bahasa yang Efektif

Bagi para calon mahasiswa yang mengikuti tes essay SAT hanya diberikan waktu sebanyak 50 menit untuk mengerjakannya. Padahal tak jarang mereka mengalami kesulitan saat harus menulis esai.

Padahal skor sempurna dalam tes SAT satu ini juga sangat menentukan lolosnya calon mahasiswa ke Universitas luar negeri yang dipilih.

Oleh karena itu di kursus SAT Educraft akan membantu para peserta kursus untuk belajar bagaimana cara menggunakan bahasa yang efektif dan tepat.

Ada banyak struktur yang bisa digunakan untuk menulis essay, sehingga nantinya inti dari essay yang ditulis peserta dapat dibaca dengan lebih mudah.