ausbildung mechatroniker

Ausbildung Mechatroniker: Syarat, Gaji dan Cara Daftarnya

Salah satu Ausbildung yang peluang masuknya tinggi bagi pelajar Indonesia adalah Ausbildung zum Mechatroniker/in. Ausbildung Mechatroniker/in adalah jurusan Ausbildung yang memberikan pelatihan untuk menjadi teknisi mekatronika.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Ilmu mekatronika sendiri adalah integrasi dari tiga bidang yaitu, mekanika, elektro dan informatika atau komputer. Jurusan ini cocok untuk kamu yang punya bakat di ilmu eksak dan berminat menekuni bidang teknik dan reparasi. 

Mengapa Memilih Ausbildung Mechatroniker?

Mengapa Memilih Ausbildung Mechatroniker

  • Prospek kerja masa depan yang cemerlang

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan mesin dengan integrasi sistem komputer semakin dibutuhkan di dunia industri dan manufaktur. Jumlah produksi dan penggunaan mesin robotik pun semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kemajuan ini menguntungkan untuk para pekerja teknik dan salah satunya bagi teknisi mekatronika. Dengan banyaknya pengoperasian mesin-mesin komputer di berbagai industri maka lapangan pekerjaan untuk ahli mekatronika pun semakin luas.

  • Berkesempatan magang di perusahaan besar

Hingga saat ini, ada hingga lebih dari 700 posisi magang untuk program Ausbildung Jerman Mechatroniker/in yang tersedia. Beberapa posisi bahkan ditempatkan di perusahaan besar yang sudah sekelas perusahaan global seperti Amazon, BMW, Mercedes-Benz dan Bayern. 

Kesempatan emas ini jangan sampai dilewatkan karena kamu dapat meningkatkan nilai resume kamu jauh lebih tinggi dengan memiliki pengalaman bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut. 

  • Peluang bekerja di berbagai industri

Dengan memiliki keahlian mekatronika, kamu bisa meniti karir di berbagai industri berteknologi tinggi seperti manufaktur dan pabrik mesin, konstruksi kendaraan bermotor, dan teknologi otomasi dan komunikasi. 

Kamu bahkan bisa bekerja di laboratorium sebagai ilmuwan yang meneliti kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi. 

Singkatnya keahlian kamu dibutuhkan di semua industri yang menggunakan mesin yang cara operasinya menggunakan ilmu mekanika, elektronik, dan komputer.

  • Gaji yang besar

Gaji awal teknisi mekatronika yang telah lulus pelatihan dapat mencapai 2000 hingga 2500 Euro per bulan atau sekitar 34-42 juta Rupiah. Jumlah ini bisa dibilang cukup besar bahkan untuk standar hidup di Jerman. 

Gambaran Besar Ausbildung Mechatroniker

Training untuk menjadi teknisi mekatronika berlangsung selama 3,5 tahun; setengah tahun lebih lama dari jurusan Duale Ausbildung lainnya. Pelatihan dapat dipersingkat atau diperpanjang sesuai perjanjian dengan Betrieb tempat kamu bekerja.

Ujian yang kamu hadapi diantaranya Intermediate Exam di penghujung tahun kedua dan Final Exam di akhir pelatihan yang diadakan di Industrie- und Handelskammer atau di Handwerkskammer.

Di berufsschule kamu akan belajar teori yang berhubungan dengan pekerjaan teknisi mekatronika seperti hukum perburuhan dan perundingan bersama, menyiapkan fasilitas training sendiri, proteksi terhadap lingkungan dan keselamatan saat bekerja. 

Setelah menyelesaikan Ausbildung peserta diharapkan dapat:

  1. Memeriksa panjang, luas dan sudut dan mengukurnya dengan alat ukur yang tepat.
  2. Menangani sistem IT dan mengoperasikan software tersebut.
  3. Mengebor, mengelas dan mengukur.
  4. Merakit kombinasi transmisi manual dan casingnya.
  5. Membuat sirkuit listrik dan sirkuit cair sesuai dengan fungsi yang diperlukan.
  6. Mengenali keamanan dan cara menghindari bahaya kecelakaan kerja.
  7. Mencari, mengidentifikasi, dan membenarkan error dan kecacatan kualitas pada mesin dan sistem  secara sistematis.
  8. Memperbaiki sistem mesin mekatronika tanpa menghentikan proses kerjanya. 
  9. Manufaktur subsistem mekanik. 

Pelatihan Lanjutan Ausbildung Mechatroniker

Pelatihan Lanjutan Ausbildung Mechatroniker

Untuk menambah kualifikasi kamu, berikut ini berbagai peluang karir dan pelatihan lanjutan yang bisa kamu ambil setelah menyelesaikan Ausbildung Mechatroniker.

  • Techniker — Mechatronik

Setelah lulus pelatihan dan telah memiliki setidaknya satu tahun pengalaman bekerja, kamu bisa mengikuti pelatihan lanjutan untuk teknisi. 

Spesialis ini mengambil tugas manajemen perencanaan. Tanggung jawab lainnya yaitu melatih trainee di departemen lain seperti departemen produksi, penjualan, dan pengembangan.

  • Industriemeister — Mechatronik

Pelatihan ini diperlukan jika kamu ingin dipercaya mampu mengemban tanggung jawab lebih di perusahaan, misalnya menjadi Industry supervisor. Dengan pelatihan lanjutan ini, kamu bisa juga mendirikan bisnis sendiri dan melatih generasi selanjutnya.

  •  Studium di jurusan teknik mesin

Pilihan ketiga setelah menyelesaikan Ausbildung Mechatroniker adalah melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin. Jalur ini bisa kamu pilih jika ingin menambah kualifikasi untuk mendesain device/perangkat dan mempelajari lebih dalam komponen elektronik pada mesin. 

Kisaran Gaji Ausbildung Mechatroniker 

Selama menjadi Azubi atau peserta Ausbildung, kamu sudah mendapatkan gaji magang dari Betrieb di tempat kamu bekerja. 

Di tahun pertama kamu akan mendapatkan kisaran gaji kotor sebesar 1050 Euro per bulan. Setelah itu, di tahun kedua gaji kamu akan naik hingga 1100 Euro per bulan. Di tahun ketiga dan di tahun terakhir, kamu bisa menerima hingga 1200-1250 Euro per bulannya.   

Patokan gaji ini berlaku bila kamu magang di perusahaan khusus industri logam dan elektronik. Untuk posisi magang mekatronika di industri lain, kemungkinan tunjangan yang kamu dapatkan bisa lebih rendah.

Setelah menyelesaikan pelatihan dan memulai karir, kamu bisa mengharapkan gaji awal sebagai ahli mekatronika sebesar 2000 hingga 2500 Euro per bulan. 

Kisaran gaji ini dapat berubah tergantung dari faktor-faktor seperti kualifikasi kamu, pengalaman kerja sebelumnya, dan besar tanggung jawab dari posisi yang kamu dapatkan. 

Syarat  Ausbildung Mechatroniker 

Syarat  Ausbildung Mechatroniker 

Jika kamu berminat mendaftar jurusan mekatronika, kamu harus menyiapkan syarat dan kebutuhan sebelum mendaftar. Berikut ini beberapa syarat tersebut.

  • Tingkat pendidikan

Minimal jenjang pendidikan yang ditempuh oleh calon pendaftar adalah di tingkat SMA. Untuk jurusan mekatronika, jurusan IPA berpeluang lebih besar untuk diterima karena ilmu yang akan dipelajari berada  di seputar ilmu eksak seperti matematika dan fisika.

  •  Kemampuan Bahasa Jerman

Selanjutnya kamu harus mahir berbahasa Jerman setidaknya hingga di tingkat B1. Bahkan untuk jurusan mekatronika kemungkinan kamu perlu menguasai di tingkat B2 mengingat banyaknya bahasa ilmiah dan metodologi yang perlu kamu pahami.

  • Usia 

Pelamar program Ausbildung minimal harus berusia 18 tahun dan sebenarnya tidak memiliki batasan maksimal usia. Tapi pelajar internasional yang diutamakan adalah pada rentang usia 18 sampai 35 tahun.

Untuk pelamar yang berusia 26 tahun keatas, harus menyertai pengalaman kerja sebagai syarat tambahan mengikuti program Ausbildung. 

  • Dokumen dan kartu identitas

Kamu wajib mengurus visa pelajar Jerman sebagai kartu identitas selama berada di Jerman. Selain itu berbagai dokumen juga perlu disiapkan seperti menerjemahkan transkrip nilai, ijazah pendidikan, dan sertifikat kerja ke dalam Bahasa Jerman.

  • Nilai 

Untuk lulusan SMA, transkrip nilai menjadi faktor pertimbangan diterima atau tidaknya pelamar ke dalam program Ausbildung. 

Mata pelajaran yang paling berpengaruh adalah matematika, fisika dan Bahasa Inggris. Jadi carilah nilai setinggi-tingginya untuk ketiga mata pelajaran tersebut. 

Bagaimanakah Cara mendaftar Ausbildung Mechatroniker 

Kamu bisa mendaftar sendiri dengan mengunjungi situs resmi Ausbildung. Jika pakai cara ini, kamu harus menyiapkan semua syarat di atas secara mandiri ditambah lagi kamu harus aktif melamar untuk mendapat slot bekerja dan mempersiapkan diri untuk interview kerja. 

Cara lainnya adalah dengan menggunakan jasa lembaga yang menyediakan konsultasi untuk mendaftar Ausbildung. Kamu akan dibimbing dalam mengurus semua kebutuhan dan keperluan untuk mendaftar.

[contact-form-7 id=”509″ title=”Leads Virtu”]

Salah satu lembaga yang menyediakan jasa ini adalah Virtu Education. Kamu bisa mengecek dan mendaftar di Virtu Education dengan mengisi form diatas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday