bentuk pemerintahan jerman

Yuk Belajar Bentuk Pemerintahan Jerman Saat Ini

Bentuk Pemerintahan Jerman – Siapa yang tidak kenal dengan negara Jerman? Salah satu negara di Eropa yang memiliki sejarah panjang dan pengaruh ekonomi yang sangat tinggi.

Perkembangan negara ini sangat cepat dan banyak hasil teknologi yang kita nikmati awal mulanya berasal dari ilmuwan Jerman.

Dengan teknologi yang sangat maju, peran pemerintahan juga sangat mempengaruhi dan bagaimana kemakmuran masyarakat didapatkan karena sistem pemerintahan yang dicanangkan.

presiden jerman
Frank-Walter Steinmeier Image: Google

Yuk Belajar Bentuk Pemerintahan Jerman Saat Ini

Jika dilihat dari sejarahnya, sistem pemerintahan yang ada di Jerman sering berganti bahkan sempat pula negara Jerman terbagi menjadi dua kubu yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur namun akhirnya bersatu kembali di tahun 1991. Bersatunya negara Jerman ini telah membentuk pemerintahan yang baru yakni Republik Federal.

Sama-sama republik seperti Indonesia namun sistem pemerintahan sangat berbeda walaupun di Jerman juga memiliki presiden.

Namun sistem pemerintahan yang dianut adalah demokrasi parlementer di mana pusat pemerintahan diatur oleh parlemen yang terdiri dari beberapa partai. Tidak seperti di Indonesia, presiden hanyalah lambang yang tidak memiliki banyak kekuasaan untuk banyak mengatur tokoh politik.

Presiden federal yang ada di Jerman ini akan menjabat selama 5 tahun dan dipilih dalam Konvensi Federal atau Bundesversammlung.

Presiden hanya bersifat seremonial namun juga dapat berperan penting untuk memutuskan masalah-masalah tertentu yang penting.

Bentuk pemerintahan Jerman ini didapatkan setelah beratus-ratus tahun lamanya dalam pergulatan perang baik langsung maupun politik.

Kekuasaan yang berubah-ubah kini menjadi stabil dengan adanya kanselir atau seorang perdana menteri. Seorang kanselir adalah pemenang dari kandidat yang diutus oleh enam partai politik yang menguasai Jerman.

Partai-partai ini adalah SPD yakni partai deokrat kiri, CDU atau CSU yang merupakan partai kristen halauan kanan.

Partai selanjutnya adalah FDP yang merupakan partai demokrat liberal, Bündnis 90 adalah partai halauan kiri dan Die Linke yang merupakan partai halauan kiri dan salah satu partai gabungan yang pecah dari partai SPD. Seluruh partai tersebut tergabung menjadi sebuah parlemen yang disebut dengan Bundestag.

Anggota Partai Akan Memerintah di Negara Bagian Jerman

Setiap anggota akan memerintah di 16 negara bagian Jerman yang terbagi sebagai berikut ini:

Pada sebuah pemilihan kanselir, sama-sama menggunakan sistem voting di mana para anggota parlemen akan memilihnya. Partai yang memperoleh suara terbanyak akan menguasai pemerintahan.

Setiap partai dari anggota parlemen tersebut akan membagi anggotanya ke seluruh negara bagian di Jerman untuk menjadi wakil yang memerintah. Perwakilan di setiap negara bagian ini disebut dengan Budsrat.

  1. Baden-Württemberg
  2. Bavaria
  3. Berlin
  4. Brandenburg
  5. Bremen
  6. Hamburg
  7. Hesse
  8. Mecklenburg-Vorpommern
  9. Niedesachen
  10. Nordrhein-Westfalen
  11. Rhineland-Palatinate
  12. Saarland
  13. Sachsen
  14. Saxony-Anhalt
  15. Schleswig-Holstein
  16. Thuringia

Setiap anggota di Bundestag yang akan memerintah di setiap negara bagian Jerman akan dipilih setiap 4 tahun sekali oleh rakyat. Sesuai undang-undang yang berlaku, anggota Bundestag adalah 598.

Nah sekilas tentang bentuk pemerintahan Jerman ini membuka pengetahuan bahwa sistem pemerintah demokrasi pun bisa berbeda dan jalannya pemerintahan masih aman hingga saat ini.






    Kamu yang sedang menjalani study di Jerman harus mengetahui informasi ini ya dan apabila ingin kursus bahasa Jerman maka bisa mengisi Form diatas ini.