kepala negara jerman

3 Fungsi dan Tugas Presiden Sebagai Kepala Negara Jerman

Kepala negara Jerman adalah seorang Presiden. Di atas kertas jabatan ini membuatnya menjadi orang dengan jabatan politik terkuat di Jerman.

Namun berbeda dengan negara lain, Presiden bukanlah orang terkuat. Sebagian besar tugas presiden Jerman bersifat seremonial dan representasi, mirip posisi Raja atau Ratu di Inggris.

Presiden tidak terlibat langsung dalam pembuatan undang-undang atau keputusan politik yang mempengaruhi arah pembangunan. Peran kepala negara Jerman lebih sebagai pengamat atau penyambung hati nurani rakyat.

Presiden memiliki kesempatan untuk memberi pengaruh ketika memberikan pidato publik. Dengan kekuatan kata-katanya, Presiden biasanya menyerukan isu-isu yang dianggap penting.

presiden jerman
Image: id.wikipedia.org

Presiden Jerman dipilih oleh konvensi Federal Bundesversammlung

Tahukah Anda bahwa Presiden tidak dipilih langsung oleh rakyat, tapi dipilih oleh konvensi Federal Bundesversammlung. Konvensi Federal merupakan lembaga musyawarah yang terdiri dari anggota Parlemen Federal (Bundestag).

Anggota perwakilan rakyat negara bagian, serta perwakilan warga dari 16 negara bagian. Saat ini kepala negara Jerman ini adalah Frank-Walter Steinmeier yang mulai menjabat pada 19 Maret 2017 dan akan berakhir pada tahun 2022.

Kanselir Jerman memiliki posisi politik lebih kuat dibanding Presiden. Posisi Presiden Jerman mirip Presiden dalam sistem demokrasi Presidensial, seperti yang dianut di Indonesia.

Kanselir Jerman merupakan kepala pemerintahan yang memiliki kewenangan untuk mengangkat Menteri serta menentukan garis haluan negara dan arah pembangunan.

Kanselir dipilih oleh Bundestag dan dia akan menjabat posisi ini selama 4 tahun. Saat ini posisi Kanselir dipegang oleh Angela Dorothea Markel yang sudah menjabat sejak 2005, jadi saat ini telah memasuki masa jabatan ke-4 dan akan berakhir pada 2021.

Kanselir dan Presiden memang tidak dipilih langsung oleh rakyat, mereka dipilih oleh Bundestag. Tapi Bundestag dipilih langsung oleh rakyat, sehingga pada akhirnya semuanya berada di bawah kekuasaan rakyat.

Kenapa Jerman seakan-akan memiliki 2 penguasa? Alasan utamanya adalah mereka memiliki pengalaman buruk ketika kekuasaan dimiliki oleh satu orang. Ini terjadi pada zaman nazi berkuasa. Karenanya, sistem politik di Jerman berusaha mencegah satu orang memiliki pengaruh kekuasaan yang terlalu besar.

Tugas Presiden Sebagai Kepala Negara Jerman

Fungsi dan Tugas Presiden Sebagai Kepala Negara Jerman

Sebagai kepala negara, ada beberapa tugas pokok yang harus dilakukan Presiden Jerman diantaranya

1. Melakukan kunjungan ke luar negeri sebagai representasi Jerman

Presiden Jerman melakukan perjalanan ke banyak negara untuk membangun hubungan bilateral maupun multilateral.

Hubungan ini biasanya bersifat simbolis, sosial, dan budaya, tapi bukan hubungan yang sifatnya politis. Karena Presiden tidak bisa secara bebas menandatangani perjanjian dengan negara lain.

Kunjungan ini biasanya dimanfaatkan untuk memperbaiki hubungan dengan negara lainnya yang pada akhirnya membuka keuntungan ekonomi bagi Jerman.

2. Menandatangani undang-undang

Semua undang-undang yang dibuat di Parlemen akan sah kalau sudah ditandatangani Presiden. Presiden bisa saja menolak menandatangani apabila dia beranggapan undang-undang yang dibuat tidak sesuai dengan konstitusi.

3. Mengangkat dan memberhentikan pejabat tinggi

Tugas Presiden lainnya adalah mengangkat Menteri, Hakim Federal, personil militer berpangkat tinggi, dan pejabat tinggi lainnya. Walaupun yang mengangkat Presiden, tapi tetap saja yang memiliki para pejabat tinggi tersebut adalah Kanselir.

Nah itulah sekilas mengenai kepala negara Jerman dan tugas-tugasnya. Secara konstitusi, Presiden memang menjadi kepala negara Jerman.

Tapi kekuatan yang sebenarnya dijalankan olah Presiden. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk memahami sistem pemerintahan yang ada di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *