cara belajar toefl

4 Cara Belajar TOEFL yang Efektif Berikut Tips Mengerjakannya

Cara Belajar TOEFL – Demi mendapatkan score TOEFL yang optimal, tentu saja kita harus melakukan beberapa persiapan penting, demi kelancaran dalam mengerjakan tes. Nah, untuk seseorang yang masih belum terlalu menguasai bahasa Inggris secara formal atau pun aturan kebahasaan,

Selain mengikuti kursus TOEFL, berikut di bawah ini adalah beberapa cara belajar toefl yang dipercayai dapat menjadi kunci sukses untuk mendapatkan skor yang maksimal, lalu apa sajakah itu?

4 Cara Belajar TOEFL yang Efektif Untuk Dapatkan Skor Maksimal

1. Buat Jadwal Menonton Film atau Mendengarkan Musik Lirik Bahasa Inggris Setiap Hari

Kita bisa menyisihkan setidaknya 2 jam setiap hari untuk mendengarkan lagu ataupun melihat film berbahasa Inggris. Pilihlah film-film cenderung menggunakan bahasa formal, seperti film dokumenter yang dapat diperoleh secara legal di YouTube atau pun si Jainal televisi berbayar.

Cara belajar TOEFL semacam ini akan meningkatkan kemampuan listening kita dalam mengenali kata-kata bahasa Inggris. Apabila kita cukup rajin, kita juga dapat memperhatikan bagaimana kata-kata dalam sebuah komunikasi atau syair lagu, demi meningkatkan kemampuan gramatikal kita.

Meskipun begitu, harus kita pahami bahwa gramatikal yang ada pada lirik lagu sangatlah membingungkan karena kemungkinannya ditulis menggunakan “pelanggaran aturan kebahasaan”. Gunakan lagu lagu hanya untuk mempertajam kemampuan listening atau vocabulary.

2. Perbanyak Komunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Jangan menunggu hingga kita benar-benar untuk mempraktekkan langsung kemampuan yang kita miliki, karena sejatinya kita tidak akan pernah siap. Akan lebih baik apabila kita “nyoblos” berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan kemampuan yang kita miliki.

Yang terpenting adalah, jangan marah ataupun malu Apabila ada seseorang yang menegur atau mengkoreksi kemampuanmu. Gunakan hal tersebut untuk memperbaiki kemampuan.

3. Baca dan Kenali Banyak Tipe Soal

Mempersiapkan TOEFL tentu akan sangat baik apabila kita rajin membaca soal-soal latihan, sehingga kita dapat mengenali banyak tipe soal. Apalagi, kini semakin banyak lembaga yang mengadakan TOEFL preparation.

Cara belajar TOEFL melalui TOEFL preparation memungkinkan kita untuk menghadapi soal-soal tes TOEFL yang sangat mirip dengan soal sebenarnya, namun dengan catatan hanya mengukur kemampuan saja. Karena nantinya sertifikat yang dikeluarkan tidak berguna, TOEFL preparation juga memiliki harga yang murah dibanding tes TOEFL.

4. Cara Belajar TOEFL Dengan Mengerjakan Soal Secara Efektif

Setelah kita mengenali berbagai tipe soal, kita juga harus mengetahui langkah-langkah untuk menaklukkan soal tersebut. Berikut ini adalah tips supaya dapat mengerjakan soal dengan optimal.

Berbagai Macam Tips Saat Mengerjakan Soal TOEFL

Tips Menghadapi Soal Listening Short Conversation

  1. Jangan kehilangan fokus pada karakter kedua yang dimunculkan.
  2. Tetap tenang Apabila ada bagian terlewatkan atau tidak dimengerti, segera cari kata-kata penting yang akan dapat digunakan untuk membaca bagian yang terlewat tersebut.
  3. Apabila kita sulit mengerti percakapan yang diperdengarkan, cobalah pilih jawaban yang paling berbeda.
  4. Ketika sedang diperdengarkan, perhatikan beberapa bentuk fungsional seperti expression, uncertainly, suggestion, surprise, situasi, dan idiomatik.

Tips Untuk Menghadapi Longger Conversation Soal Listening

  1. Kenali terlebih dahulu jawaban-jawaban disediakan dan soal yang diajukan sebelum conversation diperdengarkan.
  2. Carilah beberapa hal pokok seperti siapa yang melakukan apa, dan kapan kejadian terjadi di mana.

Tips Menghadapi Soal TOEFL Structure and Written

  1. Jangan sekali-kali mengeliminasi pilihan jawaban tanpa menghubungkannya secara langsung terhadap soal.
  2. Apabila kita tidak dapat menemukan jawaban mengenai bagian kalimat yang bertanda, sebaiknya baca soal dengan lengkap.

Tips Menghadapi Soal Reading

  1. Hati-hati saat membaca teks sehingga menghabiskan waktu.
  2. Selalu cari kata kunci dalam setiap pertanyaan sehingga, sehingga kita lebih mudah untuk mencari jawaban dalam teks.
  3. Ketika membaca sebuah bacaan, cobalah bernafsu untuk mencari topiknya.
  4. Ketika membaca, kenali batasan-batasan sebuah wacana seperti mana yang pembukaan, mana yang isi, dan mana yang penutup.
  5. Perhatikan konteks bacaan untuk menentukan makna dalam setiap kata.

Itulah tadi beberapa cara belajar TOEFL dengan berbagai macam tips saat mengerjakan soal soal TOEFL yang bisa dicoba dan kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai topik serupa dengan menghubungi kami mengisi form di bawah ini.















    Cek informasi terkait di Google tentang tips sukses TOEFL.