visa jerman

Syarat dan Proses Pembuatan Visa Jerman Untuk Pelajar

Visa Jerman – Jumlah mahasiswa asing yang memilih Jerman sebagai negara tujuan studi terus meningkat tiap tahunnya. Ini karena Jerman menghapuskan biaya kuliah di Universitas Negeri. Selain itu, masalah hambatan bahasa Jerman juga semakin bisa diatasi.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Karena ada lebih dari 1300 program Master yang menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahannya. Program studi berbahasa Inggris ini memang dirancang khusus untuk mahasiswa asing.

Nah, kalau anda sudah dipastikan diterima Universitas di Jerman. Hal pertama yang harus disiapkan adalah segera mendapatkan visa Jerman.

Tergantung berapa lama anda akan studi di Jerman. Untuk studi yang berlangsung maksimal selama 3 bulan (90 hari), misalnya magang, training, ataupun penelitian, anda hanya memerlukan visa Schengen.

Sedangkan untuk studi jangka panjang yang berlangsung lebih dari 3 bulan, maka anda harus mendapatkan visa nasional.

Syarat pembuatan Visa Jerman

Syarat pembuatan Visa Jerman Tidak Terlalu Rumit

Syarat pembuatan kedua jenis visa Jerman ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja proses pembuatan visa nasional bisa memakan waktu beberapa sekitar 6 minggu hingga 3 bulan dan harus dilakukan di kedutaan besar Jerman di Jakarta, tidak bisa di kantor konsulat.

Usahakan untuk mengurus sendiri saja, karena kedutaan Jerman tidak pernah bekerja sama dengan agen atau perantara tertentu. Dan akan lebih baik kalau anda mengajukan visa segera setelah ada kepastian diterima kuliah di Jerman, karena waktu pembuatan visa nasional lumayan lama.

Sedangkan pengurusan visa schengen bisa selesai hanya dalam beberapa hari. Selain itu, kita tidak harus ke kantor kedutaan besar Jerman di Jakarta untuk mengurusnya.

Cukup dengan mengurus ke kantor konsulat Jerman yang ada di 6 kota, yaitu Surabaya, Bandung, Balikpapan, Yogyakarta, Denpasar, dan Medan.

Syarat Dokumen Untuk Mendaftar Visa Nasional Jerman

Visa pelajar merupakan visa untuk mahasiswa asing yang telah diterima di Universitas Jerman dan siap untuk memulai studi mereka secara full time. Karena akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka mahasiswa harus mengajukan visa nasional yang persyaratannya jauh lebih banyak daripada visa schengen.

Persyaratan lengkap pengajuan visa nasional bisa didapatkan di website kedutaan Jerman untuk Indonesia yaitu di Link website ini. Tapi sebagai gambaran, beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya

1.Dokumen aplikasi yang sudah diisi dan ditandatangani

2.Paspor yang masih valid, minimal masih berlaku selama 6 bulan

3.Akte kelahiran, akte nikah (jika ada), dan akte anak (jika ada)

4.Pas foto terbaru

5.Bukti telah diterima di Universitas Jerman

6.Sertifikat kemampuan bahasa Jerman

7.Ijazah dan transkrip nilai

8.Bukti telah terdaftar di perusahaan asuransi yang diakui pemerintah Jerman

9.Bukti sumber pembiayaan

Bukti sumber pembiayaan diperlukan untuk meyakinkan pemerintah Jerman bahwa anda memiliki sumber dana yang dibutuhkan untuk membiayai selama tinggal di Jerman. Ada beberapa pilihan sumber pembiayaan yang bisa diajukan, diantaranya

•Bukti deposit uang jaminan sebesar € 8600

•Bukti sertifikat pemberian beasiswa dan harus menunjukkan jumlah biaya yang ditanggung sponsor

•Surat komitmen dari warga Jerman (Verpflichtungserklärung) yang akan menanggung biaya hidup selama studi di Jerman

cara Pembuatan Visa Jerman

Usahakan Datang Tepat Waktu dan Tidak Diwakilkan Saat Pembuatan Visa Jerman

Kalau sudah menyiapkan semua dokumen baik asli dan fotocopy, anda harus mengatur pertemuan (appointment) secara online di halaman situs kedutaan Jerman.

Setelah mengisi tanggal dan jam pertemuan, nomor passport, dan alamat email, anda akan mendapat email konfirmasi. Jangan lupa untuk mencetak bukti konfirmasi yang ditunjukkan saat melakukan pengajuan visa.

Usahakan datang tepat waktu dan tidak diwakilkan, karena kedutaan besar Jerman sangat disiplin. Jika anda tidak datang pada jadwal yang ditentukan, maka passport anda akan di-black list oleh kedutaan.

Yang paling penting juga, pastikan dokumen lengkap. Jangan ragu untuk mengulang kembali kelengkapan dokumen, karena petugas akan menolak dokumen yang tidak lengkap dan anda harus membuat appointment di hari berikutnya.

Setelah semua dokumen diterima petugas dan memenuhi persyaratan, anda harus membayar biaya pembuatan visa Jerman sebesar € 60. Lalu anda akan diberi kesempatan mengecek data sekali lagi untuk memastikan bahwa data yang diberikan sudah benar semuanya.

Kalau sudah benar semua, anda bisa menandatangani dan mengembalikan ke Petugas. Sebelum pulang, anda akan diberikan kwitansi pembayaran yang nantinya akan dipakai ketika pengambilan visa.

Begitu pemrosesan oleh kedutaan Jerman selesai, anda akan dihubungi lewat telepon atau email. Nah, tidak sulit kan mengurus visa Jerman?

Anda tinggal mempersiapkan dokumen, mengatur pertemuan, lalu tinggal ikuti proses yang ada. Kalau dokumen lengkap dan tidak ada masalah, pembuatan visa Jerman pasti lancar.

[contact-form-7 id=”509″ title=”Leads Virtu”]

itulah tadi pembahasan singkat mengenai visa Jerman dari syarat dan biayanya, jika Anda ingin mengikuti kursus bahasa Jerman maka bisa mengisi form diatas ini ya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday