ebudayaan negara perancis

7 Fakta Unik Mengenai Kebudayaan Negara Perancis

Kebudayaan Negara Perancis – Perancis merupakan salah satu negara Eropa yang paling beragam, indah, dan menyenangkan. Kehidupan di Perancis penuh dengan warna, kaya akan budaya, sejarah, makanan, dan seni.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

7 Fakta Unik Mengenai Kebudayaan Negara Perancis

7 Fakta Unik Mengenai Kebudayaan Negara Perancis

Tradisi dan kebudayaan negara Perancis menjadi daya tarik bagi orang asing. Nah buat kamu yang tertarik dengan kebudayaan Perancis atau berencana tinggal di sana, berikut ini beberapa informasi menarik mengenai negeri yang indah ini

1. Bahasa

Di Perancis, sebagian besar penduduknya berbicara dalam bahasa Perancis. Mereka juga memiliki kebanggaan dan loyalitas sangat tinggi pada bahasa resmi negara tersebut. Jadi, walaupun terletak di Eropa, orang Perancis tidak terlalu suka bicara dalam bahasa Inggris.

Walaupun di kota-kota besar mereka terbiasa dengan bahasa Inggris, tapi orang Perancis tidak suka diajak ngobrol dalam bahasa Inggris tanpa ditanya terlebih dulu apakah mereka bisa berbahasa Inggris. Jadi ada baiknya kita bertanya dulu dengan kalimat Parlez-vous anglais? (parle vu angle – apakah anda bisa berbahasa Inggris?)

Selain menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa nasional, ada sekitar 3% populasi yang berbicara dengan dialek Jerman serta sebagian kecil berbicara dengan bahasa Flemish dan Arab.

Penduduk yang tinggal di dekat perbatasan Italia menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa kedua. Begitu juga penduduk yang tinggal di perbatasan Perancis-Spanyol biasa berkomunikasi dalam bahasa Basque.

2. Etika

Di Perancis umumnya orang berperilaku sopan dan cenderung diam. Orang juga diharapkan berbicara tenang, terutama ketika makan di restoran. Kalau kamu diundang untuk makan malam, usahakan membawa oleh-oleh kecil seperti bunga, sekotak coklat atau permen untuk tuan rumah.

3. Makanan

Bukan rahasia lagi kalau Perancis terkenal dengan makanan dan anggur berkelas. Selain lezat, makanan Perancis juga mahal. Ini karena orang Perancis sangat menghargai makanan sehingga makanan apapun dibuat agar terlihat istimewa. Setiap daerah di Perancis memiliki makanan khas yang disesuaikan dengan bahan lokal yang ada, misalnya

•Darah pertanian Normandia dan pantai Atlantik terkenal dengan makanan seafood, apel, dan produk susu seperti mentega, krim, dan keju

•Perancis bagian selatan biasa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan mentega dan menu tradisional lain seperti tomat segar, bawang putih, kemangi dan rempah-rempah rosemary ataupun oregano

•Daerah Perancis yang berbatasan dengan Jerman suka menampilkan hidangan daging hangat, kubis, dan jenis makanan yang dipengaruhi Jerman.

4. Fashion

Paris dikenal sebagai pusat fashion dunia. Banyak rumah mode papan atas berpusat di Paris, seperti Dior, Hermes, Louis Vuitton dan Chanel. Orang Perancis juga terbiasa dengan gaya pakaian yang modis, mewah, dan terlihat profesional. Gaya fashion orang Perancis diantaranya gaun, khas, mantel panjang, syal, dan baret.

Cara berpakaian juga sangat dinilai di Perancis. Saat tinggal di Perancis, kita akan dituntut selalu terlihat rapi dengan pakaian berkualitas.

5. Seni

Kesenian Perancis ada di mana-mana, terutama di Paris dan kota-kota besar lainnya. Karya seni bergaya Gotik, Romawi Rococo dan Neoklasik, dapat terlihat di gedung-gedung yang ada di seluruh negeri. Banyak seniman dunia yang karyanya terinspirasi dari kota Paris, diantaranya Claude Monet, Edgar Degas, dan Camille Pissarro.

Di Paris terdapat salah satu museum terbesar di dunia, yaitu Museum Louvre. Di museum itulah berbagai karya seni legendaris tersimpan seperti lukisan Mona Lisa dan Venus de Milo..

6. Ucapan salam

Di Perancis, ucapan salam paling poluler adalah Bonjour (bongzyur) yang bisa berarti halo atau selamat pagi-sore. Kamu bisa mengucapkannya kepada siapapun dan dimanapun, meskipun dengan orang yang belum dikenal. Ketika masuk ke perkantoran, toko, kafe, ataupun hendak membeli tiket, kita bisa menggunakan Bonjour sebagai kalimat pembuka.

Ada satu lagi bentuk salam yang menjadi kebudayaan negara Perancis, tapi tidak pantas dengan budaya ketimuran Indonesia, yaitu ciuman yang disebut “la bise”. Pria atau wanita Perancis biasa melakukan ini pada teman akrab mereka. Ciuman ini uga biasa diberikan pada orang baru yang diperkenalkan dalam lingkungan mereka, misalnya perkenalan karyawan baru.

7. Budaya di tempat kerja

Budaya bisnis di Perancis cenderung formal dan mereka menghormati hirarki. Ketika diperkenalkan sebagai pegawai baru, mereka akan memanggil dengan Monsieur (tuan) atau Madame (nyonya). Berjabat tangan sambil menatap mata akan memberikan kesan baik saat berkenalan.

Jangan berbicara tentang masalah pribadi di tempat kerja. Orang Perancis sangat menghormati privasi dan jarang berbicara tentang kehidupan pribadi di tempat kerja.

Itulah Perancis, walaupun termasuk negara barat yang modern, tapi mereka terbiasa menjunjung sopan santun dan etika yang tinggi.

Semoga artikel ini memberi gambaran mengenai kebudayaan negara Perancis dan bermanfaat bagi kalian yang hendak tinggal maupun sekedar berkunjung ke Perancis dan baca informasi tentang pendidikan hanya di Educraft.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday