siswa dapat nilai utbk tinggi saat sbmptn

Kiat Diterima Jalur Masuk PTN, Salah Satunya Ikut Bimbel SBMPTN

Ada beberapa cara untuk meningkatkan peluang lolos jalur masuk SBMPTN di universitas favoritmu. Salah satunya dengan mengikuti bimbel SBMPTN.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan sejumlah persiapan antara lain mengikuti try out ujian SBMPTN, memilih jurusan sesuai minat dan bakat hingga mengatur pola belajar yang baik agar lancar ketika mengikuti proses ujian SBMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN merupakan proses seleksi bersama yang dilakukan perguruan tinggi negeri dengan menggunakan pola ujian tertulis secara nasional.

Untuk dapat masuk jurusan di PTN favorit, Anda harus melalui ujian tulis SBMPTN yang terdiri dari Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Soal ujian yang disajikan dalam kedua jenis tes ini akan disesuaikan dengan kaidah pengembangan tes.

Salah satu cara untuk dapat memahami rangkaian ujian tersebut yaitu dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel SBMPTN.

Kiat diterima jalur masuk SBMPTN, salah satunya ikut bimbel SBMPTN

Selain itu, Anda juga dapat melakukan persiapan dengan mengikuti deretan tips berikut ini:

Ada banyak alasan di balik pilihan PTN yang diminati pelajar di seluruh Indonesia. Selain dikarenakan kualitas dan nama besar kampus tertentu, tidak sedikit orang memilih PTN sebab dapat meningkatkan prospek kerja di instansi negeri maupun swasta Tanah Air.

Ada pula yang memilih PTN dikarenakan biaya kuliahnya yang terjangkau. Apapun alasannya, satu-satunya cara untuk dapat melancarkan impian masuk perguruan tinggi negeri favorit yakni dengan lolos proses ujian tulis SBMPTN terlebih dahulu.

Berikut ini tips untuk dapat meningkatkan peluang lolos proses seleksi bersama ujian tulis SBMPTN. Apa saja?

  1. Pilihlah jurusan berdasarkan minat dan bakat Anda
    Menginginkan prospek kerja maupun gaji yang sesuai pasca lulus kuliah memang baik, tetapi jangan lupakan minat dan bakat Anda.Pilihlah jurusan berdasarkan minat dan bakat yang Anda punya. Kelak, pilihan ini akan membantu Anda untuk meminimalisir stres saat menjalankan proses kuliah.

    Kuliah di jurusan yang tidak Anda sukai tentu dapat menambah beban pikiran bukan? Maka tentukan pilihan jurusan kuliah yang Anda minati sedini mungkin.

  2. Cermati peringkat dan peminat PTN, lalu urutkan jurusan yang Anda pilih
    Setelah tahu jurusan yang Anda inginkan, urutkan jurusan pilihan tersebut berdasarkan jumlah peminat terbesar hingga terkecil, lalu prioritaskan pula universitas dengan tingkat passing grade dan peringkat yang paling baik.
  3. Pilih jurusan yang sama dari tiga PTN yang berbeda
    Memilih jurusan yang sama dari tiga PTN yang berbeda dapat meningkatkan peluang lolos SBMPTN. Pilihan jurusan yang sama dapat mengindikasikan keseriusan Anda dalam menekuni bidang pelajaran yang diminati tersebut.
  4. Ada keuntungan di setiap sistem penilaian SBMPTN setiap tahunnya
    Setiap tahun, sistem penilaian SBMPTN selalu berkembang. Seperti halnya sistem penilaian tahun ini yang membuat Anda tidak perlu khawatir memperoleh poin minus ketika mengerjakan soal, dikarenakan soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dihargai poin yang lebih besar.Peluang ini tentu dapat Anda manfaatkan dengan mengerjakan soal sebanyak mungkin. Untuk dapat mengetahui perkembangan sistem penilaian SBMPTN setiap tahunnya, Anda dapat mengikuti bimbel SBMPTN yang akan memberikan banyak insight untuk menyiasati peluang penilaian tersebut.
  5. Ikut bimbel SBMPTN dan try out SBMPTN
    Ketika mengikuti bimbel SBMPTN, akan ada kisi-kisi pola soal ujian SBMPTN yang dapat Anda ketahui.Hal ini turut membantu Anda ketika mengikuti try out ujian SBMPTN yang membantu mematangkan persiapan Anda jelang mengikuti proses ujian seleksi bersama masuk PTN favorit. Anda pun dapat mengikuti beberapa kali try out untuk memantapkan persiapan Anda.
  6. Belajar dengan giat dan teratur
    Tidak ada yang dapat menyelamatkan Anda kecuali diri Anda sendiri. Kendati mengikuti bimbel SBMPTN, Anda tetap perlu mengasah kepekaan dalam menjawab soal ujian yang disajikan SBMPTN dengan belajar secara giat dan teratur.Anda dapat belajar giat dengan mempelajari soal-soal ujian SBMPTN tahun sebelumnya secara seksama. Dengan mempelajari pola soal ujian yang nyaris mirip dari tahun ke tahun tersebut, Anda akan menjadi lebih akrab dengan deretan soal itu.

    Tingkatkan kemampuan Anda dengan mengerjakan soal SBMPTN dari level termudah hingga tersulit. Pola soal ujian SBMPTN juga dapat diketahui dari banyak sumber seperti internet, buku maupun bimbel SBMPTN.

    Kendati belajar dengan giat, pastikan Anda mengatur waktu belajar secermat mungkin. Luangkan waktu sepulang sekolah, maupun menjelang sekolah untuk mempelajari soal ujian SBMPTN.

    Sediakan pula waktu istirahat yang cukup agar kesehatan Anda tetap terjaga ketika hari H ujian berlangsung.

  7. Menjaga kesehatan fisik dan mental
    Hal paling penting dari deretan persiapan menghadapi ujian SBMPTN adalah fisik dan mental yang sehat.Dengan memiliki fisik dan mental yang sehat, Anda dapat menghadapi soal ujian di hari H pelaksanaan dengan lancar, terlebih Anda sudah memahami pola soal ujian SBMPTN dari mengikuti bimbel SBMPTN hingga latihan rutin yang menempa kemampuan Anda sebelum ujian.

    Untuk menjaga kesehatan fisik, terlebih menghadapi UTBK yang mengharuskan Anda menghadap layar komputer ketika ujian berlangsung, jagalah kesehatan mata Anda dengan tidak terlalu sering melihat layar gawai.

    Selain itu, rutinlah mengonsumsi buah, sayur dan makanan sehat yang dapat menunjang kesehatan fisik Anda.

    Sementara untuk menjaga kesehatan mental, luangkanlah waktu untuk melakukan kegiatan yang dapat membahagiakan kebutuhan mental Anda minimal sekali dalam sepekan seperti menggambar, menyanyi, berenang, membaca buku, bertemu teman maupun aneka kegiatan hobi lainnya.

Itulah deretan tips diterima jalur masuk PTN selain mengikuti bimbel SBMPTN yang bisa kamu lakukan.