Ausbildung Koch

Ausbildung Koch: Pengertian, Syarat, dan Gajinya

Ausbildung Koch – Ausbildung adalah program pendidikan untuk mendapatkan gelar tenaga ahli yang didukung dan diakui oleh pemerintah Jerman.

Ada banyak jurusan yang ditawarkan pada program Ausbildung, salah satunya adalah Ausbildung Koch yaitu pelatihan profesi sebagai juru masak profesional atau yang biasa disebut chef.

Kita akan membahas secara mendetail mengenai Ausbildung Koch mulai dari pengertian, syarat untuk daftar Ausbildung Koch hingga penghasilan yang didapatkan.

Pengertian Ausbildung Koch

Ausbildung Koch merupakan program pelatihan kejuruan masak di Jerman untuk mendapatkan gelar profesional atau tenaga ahli.

Seorang koki harus bisa memperhatikan berbagai jenis kelompok orang yang akan menikmati makanannya. Mulai dari memikirkan penderita diabetes hingga seorang vegetarian.

Jadi selain menyajikan menu yang enak, seorang juru masak profesional harus bisa menyajikan makanan yang sehat.

Tugas dan Pelatihan Ausbildung Koch

Tugas dan Pelatihan Ausbildung Koch

Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai pelatihan Ausbildung Koch, ada beberapa tugas dari seorang koki secara umum yang harus Anda ketahui:

1. Speisepläne erstellen

Yakni membuat rencana menu makanan, mempertimbangkan variasi makanan pada setiap musim serta menu permintaan khusus dari pelanggan.

2. Zutaten einkaufen

Yakni menyiapkan bahan-bahan makanan. Pada restoran kecil, selain memasak koki juga bertanggung jawab untuk membeli bahan makanan.

3. Zutaten lagern

Yakni juru masak profesional harus mengetahui dimana dan bagaimana bahan-bahan makanan disimpan.

4. Gerichte zubereiten

Yakni menyiapkan hidangan. Biasanya pada dapur yang besar, koki akan fokus menyiapkan bahan makanan sementara karyawan lainnya membantu mengurus dan menyiapkan alat masak untuk mempermudah pekerjaan chef.

5. Speisen Anrichten

Yakni menyajikan hidangan makanan. Karena selain harus enak, makanan yang disajikan harus terlihat menarik sehingga sangat diperlukan skill menata makanan di piring.

6. Arbeitsablaufplan erstellen und Personal beaufsichtigen

yakni membuat rencana alur kerja, mengawasi  dan merencanakan penempatan para staf serta membimbing karyawan bawah seperti pembantu dapur.

Di awal pelatihan, peserta Ausbildung Koch akan mempelajari hal yang menjadi dasar dan sederhana seperti jenis dapur dan pekerjaannya, cara penyimpanan makanan, mempersiapkan makanan, melayani tamu dan peraturan tentang makanan serta keselamatan kerja.

Siswa Ausbildung Koch akan diajarkan cara membuat hidangan buah, sayur, jamur untuk makanan penutup dan yang lainnya.

Peserta Ausbildung Koch juga akan diajarkan untuk membuat makanan dari daging, ayam, ikan, serta bahan makanan lainnya untuk hidangan lokal maupun internasional.

Syarat Pendaftaran Ausbildung Koch

Syarat Pendaftaran Ausbildung Koch

Pada umumnya tidak ada syarat khusus untuk mengikuti pendaftaran Ausbildung Koch. Tidak ada syarat jurusan untuk mendaftar Ausbildung Koch.

Sehingga siapapun boleh mengikuti program Ausbildung Koch. Tentunya para pelamar Ausbildung Koch akan melewati proses seleksi dan proses interview.

Sama halnya dengan melamar kerja, ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki untuk calon peserta Ausbildung Koch seperti di bawah ini:

  1. Memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal level B1
  2. Memiliki minat yang tinggi terhadap dunia masak profesional
  3. Memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi
  4. Minimal lulusan SMA/SMK sederajat
  5. Lulusan Diploma/Sarjana dari jurusan apapun
  6. Minimal usia 18 tahun

Kisaran Gaji Ausbildung Koch

Ausbildung merupakan program dimana peserta akan diberikan praktik kerja langsung dan akan diberikan gaji layaknya pekerja pada umumnya.

Jadi bukan hanya diajarkan secara teoritis, peserta juga akan terjun langsung untuk praktik kerja.

Rata-rata untuk gaji kotor tahun pertama peserta Ausbildung Koch adalah 800 sampai dengan 900 euro per bulan atau jika dirupiahkan sekitar Rp 13.765.193 sampai Rp 15.485.843

Prospek Kerja Ausbildung Koch

Sebagai juru masak profesional tentunya peserta yang mengikuti program Ausbildung Koch akan bekerja di dapur restoran, hotel, rumah sakit, kapal pesiar, dan lain-lain.

Mereka juga bisa bekerja di perusahaan katering dan industri makanan lainnya. Setelah lulus, tentunya para peserta juga bisa menjadi seorang pengusaha bisnis kuliner.

Peluang usaha pada bidang ini sangat menjanjikan dan banyak jenisnya. Apalagi mengingat setiap manusia pasti akan membutuhkan makanan.

Jenjang Pendidikan Ausbildung Koch

Jenjang Pendidikan Ausbildung Koch

Setelah lulus dari pelatihan dan pendidikan Ausbildung Koch, para peserta bisa meningkatkan lagi keahlian profesi pada bidang spesialis seperti di bawah ini:

1. Küchenmeister

Pelatihan untuk menjadi chef profesional. Di Jerman, ujian menjadi seorang chef profesional telah diatur secara seragam.

Chef yang mendapatkan pelatihan sebagai master, akan diberikan tanggung jawab lebih di perusahaan dan bisa melatih para peserta magang.

2. Lebensmitteltechniker

Bidang spesialisasi teknisi makanan ini akan bertanggung jawab lebih rinci dalam mengembangkan produksi makanan. Teknisi makanan akan bertanggung jawab untuk memantau, merencanakan dan meningkatkan proses produksi.

Pada bidang teknisi makanan terdapat tiga disiplin ilmu yakni teknologi makanan, teknologi dapur, makanan siap saji dan sistem keahlian masak.

3. Diätkoch

Spesialisasi juru masak diet ini sangat dibutuhkan bagi para pengidap diabetes atau penyakit lainnya. Karena untuk memperhatikan kebutuhan diet dan kandungan karbohidrat yang ada pada makanan.

Biasanya juru masak diet memang akrab dengan para pengidap penyakit diabetes. Namun juru masak diet juga bisa menyiapkan makanan untuk orang-orang sakit lainnya yang tidak bisa memakan makanan tertentu.

4. Studium Ernährungswissenschaften

Bagi para lulusan Ausbildung Koch sangat bisa untuk melanjutkan studi tentang ilmu gizi atau ekotrofologi. Studi ilmu gizi akan memberikan pengetahuan ilmiah serta praktis dalam ilmu gizi, ilmu pangan dan juga teknologi pangan.

Daftar Ausbildung Koch di Sini!

Bagi Anda yang tertarik dengan program Ausbildung Koch atau program Ausbildung Jerman jurusan lainnya bisa daftar melalui Virtu Education.

Anda bisa konsultasi dan mendapatkan info lengkapnya dengan menghubunginya dengan mengklik banner diatas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *