percakapan bahasa jerman

Bagaimana Memulai Percakapan Bahasa Jerman?

Percakapan Bahasa Jerman – Ketika kamu sudah memutuskan belajar bahasa Jerman, maka kamu harus mulai bicara sejak hari pertama belajar. Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana memulai percakapan bahasa Jerman?

Kalau kamu belajar bahasa asing di sekolah, kemungkinan cara pembelajarannya adalah dengan membaca buku teks dari satu halaman ke halaman berikutnya.

Meskipun pengetahuan bahasa asing dan keterampilan membaca kamu meningkat, tapi sebagian besar yang kamu pelajari tidak benar-benar bisa diwujudkan dalam percakapan sehari-hari. Padahal tujuan utama belajar bahasa asing adalah bisa berkomunikasi dengan bahasa asing tersebut.

Cara Perkenalkan Diri Dalam Bahasa Jerman

Cara Perkenalkan Diri Dalam Bahasa Jerman

Tidak harus fasih untuk mencoba percakapan bahasa Jerman. Kamu bisa mulai dengan cara memperkenalkan diri. “Guten morgen” (selamat pagi) dan, “Guten Tag” (selamat siang) merupakan cara sopan untuk menyapa. 

amu bisa mulai memperkenalkan diri dengan kalimat “Mein Name ist …” yang berarti “namaku adalah…”. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan percakapan dengan beberapa kalimat berikut ini: “Wie heißen sie?” yang berarti “Siapa namamu? “, “Wie geht es ihnen?” yang berarti “Apa kabar?” “Mir geht es gut” berarti: Saya baik-baik saja.

Kalau kamu benar-benar berada di Jerman dan bicara dengan penduduk lokal, mungkin kamu akan ditanya “Wo kommen sie herr?” (Dari mana Anda berasal?).

Kamu bisa menjawab: “Ich komme aus Indonesien” (Saya dari Indonesia) atau “Ich komme aus England” (Saya dari Inggris). Sangat mungkin juga kamu ditanya: “Welcher Arbeit gehen sie nach?” (Apa pekerjaan Anda?).

Bahkan kamu mungkin ditanya apakah kamu sedang berlibur di Jerman atau tidak. Kamu bisa menjawab: “Ich mache Urlaub hier” (Saya sedang berlibur).

Pertanyaan umum lainnya diantaranya “Mögen sie Deutschland?” (Apakah anda suka Jerman?), “Was haben sie schon gesehen?” (Apa yang sudah anda lihat sejauh ini?) atau “In welchem Hotel wohnen sie?”

(Di hotel mana anda tinggal?). Tentu saja kamu juga bisa menjadi orang yang mengajukan pertanyaan. Kamu mungkin ingin bertanya ke orang Jerman tersebut “könnten sie mir helfen?” (Bisakah anda membantu saya?) atau “wo finde ich günstige hotels in berlin?” (Dimana saya bisa menemukan hotel murah di Berlin?).

Satu hal yang berbeda dalam bahasa Jerman adalah pemakaian “sie” ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal. Meskipun kamu bisa juga menggunakan “du” (kamu) sebagai gantinya, tapi “sie” jauh lebih sopan. Orang Jerman hanya menggunakan “du” untuk orang yang sudah lama dikenalnya atau sudah akrab.

Dasar Percakapan Bahasa Jerman

Belajar Dasar Percakapan Bahasa Jerman

Kamu juga harus tahu beberapa kata yang sering dipakai dalam percakapan bahasa Jerman, diantaranya “danke” (terima kasih), “bitte” (tolong) dan “gern geschehen” (selamat datang). “Bis dan” (sampai waktu berikutnya) atau “auf wiedersehen” (sampai jumpa) bisa digunakan untuk mengakhiri percakapan.

Akan tetapi saat ini anak-anak muda Jerman cenderung memilih bahasa Italia “ciao” atau bahasa Inggris “bye”. Dan jika waktu telah larut malam kamu bisa mengatakan “Gute Nacht” (selamat malam). 

Mengucapkan danke dan bitte pada orang Jerman menunjukkan bahwa kamu sedang mencoba untuk berbicara dalam bahasa mereka, dan niat baik kamu ini bisa menimbulkan respek meskipun kosakata yang kamu miliki sangat terbatas.

Jangan takut untuk berbicara ketika belajar bahasa asing. Kamu tidak perlu menjadi ahli bahasa untuk memulai percakapan bahasa Jerman. Selama kamu terus berusaha praktek, kamu akan semakin mahir dan percaya diri.






    Akan sangat membantu kalau kamu punya teman penutur asli bahasa Jerman atau setidaknya komunitas pembelajar bahasa Jerman. Buat kamu yang ingin menguasai bahasa Jerman dengan cepat, dapatkan informasi lengkapnya di Virtu education dengan mengisi form diatas ini.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *