Pentingnya Belajar Kursus Bahasa Inggris Native Speaker

Tak bisa dipungkiri jika arus globalisasi semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Di Indonesia sendiri banyak investor – investor luar negeri yang memilih untuk mendirikan pabrik maupun perusahaan di Indonesia. Tentu hal ini sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, baik itu mulai dari meningkatnya pendapatan negara hingga banyaknya peluang lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia. Tapi arus globalisasi bukan tanpa tantangan, untuk bisa bekerjasama atau bekerja di perusahaan asing tersebut sudah pasti membutuhkan keahlian dan juga kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Dengan Kursus Bahasa Inggris Membantu kemampuan berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan juga dapat membantu membuka peluang untuk berkarir bahkan belajar di luar negeri.

Kursus Bahasa Inggris, Learn English

Seperti yang diketahui di era globalisasi ini Pemerintah Indonesia tidak hanya bekerjasama di bidang ekonomi saja dengan berbagai negara di dunia, namun juga bekerjasama di bidang pendidikan. Oleh sebab itu saat ini ada banyak jenis beasiswa untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Luar Negeri yang bisa dicoba oleh para pelajar Indonesia. Tentunya salah satu syarat untuk bisa mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Jadi bisa dikatakan bahwa mempunyai kemampuan berbahasa Inggris adalah hal yang sangat penting saat ini. Salah satu hal yang membuat Bahasa Inggris spesial tak lain karena bahasa ini merupakan bahasa internasional utama. Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Setiap hari, jutaan orang menggunakan Bahasa Inggris baik di tempat kerja maupun di kehidupan sosial sehari-hari.

Saat ada pertemuan bilateral antar kepala negara dari suatu negara dengan negara lain yang memiliki perbedaan bahasa, Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling sering digunakan. Begitu pula saat orang – orang dari negara yang berbeda saling bertemu, Bahasa Inggris menjadi satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka.

Mengingat pentingnya menguasai bahasa internasional satu ini maka tak heran jika kurikulum pendidikan di Indonesia sejak Sekolah Dasar (SD), bahkan beberapa sekolah tingkat dini pun memasukkan pelajaran Bahasa Inggris di dalamnya. Bukan itu saja, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, tak sedikit orang yang memilih belajar di tempat kursus Bahasa Inggris agar dapat berlatih lebih intensif.

Mengambil kursus Bahasa Inggris dianggap sebagai salah satu cara yang lebih efektif untuk mengasah kemampuan membaca, mendengarkan, menulis, dan juga berbicara dalam Bahasa Inggris. Sebab saat ini banyak lembaga kursus Bahasa Inggris yang menggunakan bantuan native speaker sebagai tenaga pengajar untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para peserta kursus, terutama dalam hal kemampuan berbicara.

Kursus bahasa inggris , native

Kursus Bahasa Inggris Native Speaker

Tak bisa dipungkiri jika seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik bisa mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan jabatan yang lebih tinggi dan berkarir di perusahaan luar negeri. Bagi para pelajar yang punya kemampuan Bahasa Inggris pun juga memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di baik di Perguruan Tinggi dalam negeri maupun Perguruan Tinggi luar negeri.

Untuk bisa meningkatkan atau mengasah kemampuan Bahasa Inggris pun ada berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengikuti kelas kursus Bahasa Inggris. Apalagi saat ini sudah ada begitu banyak lembaga kursus Bahasa Inggris yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan lembaga – lembaga kursus terpercaya dan berkualitas juga memiliki tenaga pengajar yang merupakan seorang native speaker.

Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan istilah native speaker. Jadi sebelum tahu manfaat apa yang bisa didapatkan dari kursus Bahasa Inggris dengan native speaker, coba simak penjelasan singkat mengenai native speaker.

  • Apa itu Native Speaker?

Native speaker sendiri merupakan Bahasa Inggris yang diambil dari kata native yang berarti penduduk asli suatu tempat atau daerah tertentu. Sedangkan speaker memiliki arti pembicara atau penutur. Jadi bisa diartikan bila seorang native speaker yang menjadi pengajar di sebuah lembaga kursus Bahasa Inggris adalah orang yang terlahir dari keluarga yang bahasa ibu atau bahasa aslinya adalah Bahasa Inggris dan menggunakannya untuk berkomunikasi sehari – hari baik di lingkungan sosial, sekolah, atau tempat kerja. Lazimnya seorang native speaker bahasa Inggris berasal dari negara yang bahasa aslinya adalah bahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, dan New Zealand.

  • Manfaat Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Belajar Bahasa Inggris didampingi native speaker secara langsung memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan hanya belajar dengan mendengarkan video atau menonton film. Oleh sebab itu saat ini sudah banyak kursus Bahasa Inggris yang memiliki pengajar maupun asisten pengajar yang tak lain adalah native speaker. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kursus Bahasa Inggris dengan seorang native speaker.

  1. Bisa Mengetahui Letak Kekurangan Secara Langsung

Beberapa orang mungkin memiliki cara tersendiri untuk memperdalam kemampuan dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan mengobrol menggunakan Bahasa Inggris bersama teman atau keluarga. Hal tersebut tentu sebuah permulaan yang baik. Namun tak jarang teman, keluarga, bahkan diri sendiri kurang memahami jika ada kesalahan dalam pelafalan sebuah kata atau kalimat. Lain halnya jika Anda kursus Bahasa Inggris dengan native speaker.

Saat melakukan percakapan dengan sesama teman sekelas kursus Bahasa Inggris maupun dengan pengajar yang merupakan native speaker, maka Anda bisa segera tahu jika ada salah pengucapan dalam kalimat yang Anda ucapkan. Sebab tentunya, pengajar native speaker akan segera mengoreksi pelafalan dan Anda pun bisa segera memperbaikinya sehingga hal ini akan mempercepat perkembangan kemampuan Anda dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

  1. Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Secara Pasti

Orang yang sudah ahli dalam teori Bahasa Inggris belum tentu memiliki kemampuan yang bagus juga dalam praktek percakapan Bahasa Inggris. Tentunya untuk mengetahui apakah kemampuan dalam berbicara Bahasa Inggris Anda sudah aktif maka perlu seorang native speaker untuk memberikan penilaian yang objektif. Dalam kursus Bahasa Inggris dengan seorang native speaker, Anda tidak hanya akan didampingi saat melakukan praktek speaking, namun mereka juga akan menilai sudah seberapa baikkah Anda dalam melakukan percakapan menggunakan Bahasa Inggris. Jadi, dengan hadirnya native speaker Anda pun bisa mendapatkan penilaian akurat tidak seperti tes formal yang pengaplikasian bahasanya berbeda dengan komunikasi sehari-hari.

  1.     Menambah Kosakata Baru dalam Bahasa Inggris

Pada umumnya setiap orang dari sebuah negara memiliki kosakata, idiom, maupun frasa yang jarang ditemukan dalam sumber – sumber formal seperti buku, kamus, majalah, dan lainnya. Biasanya hal tersebut hanya digunakan untuk perbincangan sehari – hari, jadi Anda pun hanya dapat mempelajarinya dari kursus Bahasa Inggris dengan native speaker. Saat Anda sudah menguasai atau paling tidak memahami kosakata, idiom, dan juga frasa tertentu, Anda pun bisa berbicara Bahasa Inggris layaknya seorang native speaker.

  1. Belajar Percaya Diri

Tak jarang sebagian orang mungkin akan merasa gugup dan tidak percaya diri jika harus berbicara secara langsung dengan seorang native speaker. Namun dalam kurikulum kursus Bahasa Inggris, jika Anda ingin memiliki kemampuan bicara Bahasa Inggris layaknya seorang native, maka Anda akan terus dilatih untuk berani atau percaya diri dalam melakukan percakapan dengan seorang English native speaker. Selain menumbuhkan rasa percaya diri untuk berbicara Bahasa Inggris dengan orang asing, melakukan praktek percakapan Bahasa Inggris dengan native speaker juga akan membuat kemampuan Bahasa Inggris Anda lebih cepat berkembang.

  1. Memulai Kebiasaan untuk Menggunakan Bahasa Inggris

Untuk bisa berbicara Bahasa Inggris layaknya seorang native, tentu dibutuhkan latihan dan praktek untuk melakukan percakapan dengan menggunakan Bahasa Inggris secara rutin. Namun, sebagai orang Indonesia hal tersebut terkadang sangat sulit dilakukan, sebab pastinya dalam kehidupan sehari – hari umumnya orang – orang di sekitar Anda lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Oleh sebab itu, kursus Bahasa Inggris dengan pendampingan seorang native speaker akan sangat membantu.

Sebab saat di tempat kursus Bahasa Inggris, Anda akan diwajibkan untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris, baik dengan teman, staf, maupun para pengajar dan asisten pengajar. Hal ini pun akan menjadi kebiasaan baik, yang akan semakin menyempurnakan kemampuan dan pelafalan Anda saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

Mungkin saat menonton film barat atau berbicara langsung dengan seorang English native speaker, Anda akan menemukan perbedaan dialek atau aksen yang cukup mencolok antara orang Inggris dan Amerika. Sama halnya dengan di Indonesia, setiap orang di daerah pasti memiliki aksen khas dari daerah masing – masing ketika bicara menggunakan Bahasa Indonesia. Contohnya orang Jawa, dikenal memiliki logat atau dialek yang medok saat berbicara. Demikian juga halnya dengan beberapa negara di dunia yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris. Dialek Bahasa Inggris orang Amerika Serikat, cukup berbeda dengan dialek Bahasa Inggris dari Negara Inggris. Bahkan untuk beberapa penulisan dan juga kosakata Bahasa Inggris Amerika dengan Bahasa Inggris British memiliki perbedaan. Nah, dalam kursus Bahasa Inggris pun Anda akan diberi pengetahuan berdasarkan hal ini.

Bagi Anda yang masih bingung dengan perbedaan Bahasa Inggris British dengan Bahasa Inggris Amerika, coba simak penjelasannya berikut ini.

  • Perbedaan Aksen

Jika Anda melihat sekilas penulisan dari Bahasa Inggris British dengan Bahasa Inggris Amerka tampak tidak memiliki perbedaan yang terlalu kentara. Namun jika Anda mendengar perbincangan secara langsung antara seorang English native speaker asal Inggris dengan native speaker asal Amerika maka Anda dapat tahu perbedaannya dari aksen yang digunakan saat mengobrol.  Dalam Bahasa Inggris British pengucapan kata terdengar lebih berat, terdapat penekanan dibeberapa kata, dan juga lebih formal. Sementara itu Bahasa Inggris Amerika memiliki aksen yang terdengar lebih vokal namun santai.

  • Perbedaan Arti dalam Beberapa Kosakata

Bagi Anda yang ingin memiliki kemampuan berbahasa Inggris layaknya seorang native perlu mengetahui jenis kursus Bahasa Inggris yang manakah, yang ingin diperdalam. Sebab, Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris memiliki beberapa kosakata yang sama namun dengan arti yang berbeda. Misalnya saja kata pants. Dalam Bahasa Inggris Amerika, pants memiliki arti celana luar seperti celana jeans atau celana panjang. Sedangkan di dalam Bahasa Inggris British, pants diartikan sebagai celana dalam. Celana panjang dalam Bahasa Inggris British sendiri disebut dengan trousers. Selain itu juga ada beberapa kosakata yang memiliki arti sama namun penulisannya memiliki perbedaan yang signifikan. Beberapa contohnya seperti sepak bola, dalam Bahasa Inggris British menyebutnya football, sedangkan Bahasa Inggris Amerika menyebutnya dengan nama soccer. Kemudian juga ada kata libur atau liburan. Kata libur dalam Bahasa Inggris Amerika disebut vacation, sedangkan Bahasa Inggris Amerika menyebutnya holiday.

  • Perbedaan Gramatika atau Grammar

Dalam Bahasa Inggris Amerika, collective noun atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah kata benda yang menyatakan kumpulan dianggap sebagai kesatuan tunggal sehingga diikuti oleh bentuk to be singular. Contohnya adalah kalimat, ‘the band is playing’. Namun, dalam gramatika Bahasa Inggris British, collective noun bisa dianggap tunggal maupun jamak, meskipun bentuk jamak lah yang paling sering digunakan sehingga penulisannya pun menjadi ‘the band are playing’.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada bentuk lampau. Bahasa Inggris Amerika masih sering menggunakan kata ‘gotten’ sebagai bentuk lampau dari ‘get’. Sementara itu kata tersebut sudah jarang bahkan hampir tidak pernah digunakan dalam Bahasa Inggris British. Sebagai gantinya English British menggunakan kata ‘got’. Dalam materi kursus Bahasa Inggris nantinya Anda pun akan mempelajari bentuk perbedaan gramatika antara American English dengan English British.

  • Perbedaan Ejaan dalam Penulisan

Saat belajar Bahasa Inggris di sekolah mungkin Anda pernah mendapatkan beberapa kata yang penulisan ejaannya berbeda namun memiliki arti yang sama. Salah satu contohnya adalah kata colour dan color yang memiliki arti warna. Kedua penulisan ejaan tersebut sama – sama benar, namun yang membedakan adalah penulisan colour digunakan dalam Bahasa Inggris British. Sedangkan penulisan color digunakan untuk Bahasa Inggris Amerika.

Bagi orang Indonesia atau masyarakat yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa asli mungkin perbedaan – perbedaan tersebut tidak terlalu diperhatikan, dan sering memakai campuran antara English British dengan American English. Namun beberapa negara ada yang secara khusus menggunakan salah satu dari Bahasa Inggris tersebut. Sebut saja Australia dan New Zealand yang termasuk ke dalam Negara Persemakmuran Inggris, dalam keseharian masyarakatnya pun menggunakan Bahasa Inggris British. Sedangkan Bahasa Inggris Amerika pada umumnya digunakan di Amerika Serikat sendiri, dan juga Kanada.

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris dengan Local Speaker dan Native Speaker

Pada umumnya kursus Bahasa Inggris akan memiliki tenaga pengajar yang merupakan local speaker atau pengajar asli Indonesia. Namun tak sedikit pula lembaga Kursus Bahasa Inggris, terutama yang sudah berskala Internasional yang memiliki asisten pengajar seorang native speaker. Kolaborasi pembelajaran Bahasa Inggris dengan bantuan lokal dan native speaker tentu sangat membantu para peserta kursus.

Pertama, dengan adanya pengajar lokal dalam kursus Bahasa Inggris akan membantu para peserta didik untuk menyampaikan kendala atau kalimat yang kurang dipahami oleh peserta kepada native speaker jika peserta bingung dalam penyampaiannya. Kemudian hadirnya lokal dan native speaker juga akan membuat peserta bisa menerima ilmu dari banyak pihak, sehingga kemampuan Bahasa Inggris pun dapat berkembang pesat.

Pada umumnya, lembaga kursus Bahasa Inggris terpercaya akan melakukan seleksi ketat kepada setiap tenaga pengajar baik itu lokal maupun native speaker. Orang – orang yang dipilih pun tidak sembarangan, biasanya untuk local speaker adalah lulusan sarjana strata satu (S1) atau bahkan S2 dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris atau Sastra Inggris, serta memiliki pengalaman mengajar. Hal itu pun juga tidak berbeda untuk native speaker, biasanya mereka adalah lulusan sarjana minimal S1 dan sudah berkompeten di bidangnya.