universitas di australia

Universitas di Australia: Syarat, Beasiswa dan Tipsnya

Universitas di Australia – Seperti pernah diulas sebelumnya bahwa Australia merupakan benua dan juga negara tujuan masyarakat Indonesia belajar yang masuk ke dalam tiga besar.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Setelah Amerika dan Eropa tentunya, hal ini tidak bisa dipisahkan karena faktor georgrafis, faktor kedekatan dan juga faktor peringkat dan prestasi universitas di australia yang sama dengan di negara-negara maju lainnya seperti di Amerika dan Eropa Barat.

Selain itu, universitas di australia juga memiliki reputasi dan sumber daya yang setara jika dibandingkan dengan kampus-kampus di negara negara eropa barat dan amerika utara seperti kanada dan amerika.

Plus beasiswa untuk studi di universitas australia juga melimpah sama persis dengan beasiswa untuk studi di amerika dan juga eropa barat.

Beberapa beasiswa yang pernah disinggung untuk studi di universitas di australia ada dua, pertama Australia Awards.

Dahulu bernama AusAid sekarang berganti nama saja skema skema beasiswa yang ditawarkan juga tetap sama.

Syarat Syarat Mendapatkan Beasiswa di Universitas Australia

Syarat Syarat Mendapatkan Beasiswa di Universitas Australia
Beasiswa Australia awards menawarkan berbagai skema untuk menimba ilmu di universitas universitas bergengsi di Australia, skema pertama adalah kuliah jenjang master dan doktor.

Skema kedua adalah short course di universitas australia dan juga beberapa industri yang ada disana. Skema ketiga biasanya short course khusus seperti mempererat tali toleransi antaraumat beragama dan kerjasama-kerjasama lainnya.

Syarat yang diberlakukan untuk mendapatkan beasiswa autralia awards juga tidak terlalu sulit. Anda hanya diminta melengkapi berkas standar dan nantinya jika lolos akan menjalani pengayaan bahasa di Jakarta atau Bali.

Pengayaan ini bertujuan agar bahasa inggris anda bisa lebih baik ketika berkuliah di universitas di Australia.

Beasiswa ini lebih banyak ditujukan untuk kalangan tiga sektor, sektor pertama adalah pegawai negeri, sektor kedua adalah swasta.

Dan sektor terakhir biasanya LSM dan aktivis sosial. Jika anda merasa bagian dari sektor tersebut anda direkomendasika untuk segera melamar.

Dan Australa awards juga mempunyai alokasi khusus untuk penerima dari golongan gender perempuan dan juga berasal dari Indonesia timur.

Bagaimana Beasiswa Australia Awards Scholarship Bisa Digunakan Di Universitas Australia?

Beasiswa ini akan anda peroleh setelah anda dipastikan lolos Australia awards scholarship, nantinya mereka akan membimbing anda masuk ke universitas di Australia.

Komponen beasiswa ini cukup beragam dan standar, karena menurut beberapa cerita dari para penerimanya

Autralia awards memberikan living cost, biaya buku dan tunjangan asuransi untuk awardee nya saja.

Mereka juga punya kebijakan bebas biaya jika anda membawa anak usia sekolah untuk sekolah di sekolah dasar atau menengah negeri di Australia.

Mengenal Beasiswa-Beasiswa di Universitas Australia

Mengenal Beasiswa-Beasiswa di Universitas Australia
Image: beasiswalpdp.kemenkeu.go.id

Beasiswa LPDP

Pada bagian selanjutnya, beasiswa untuk studi di universitas di australia juga bisa ditempuh melalui beasiswa LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia, skema beasiswa ini luas sekali ada jalur reguler, jalur afirmasi bidik misi, jalur pns, jalur tni, salur santri hingga jalur dosen.

Anda bisa memilih jenjang master dan doktoral untuk studi di universitas di australia ini. Jika anda melamar lpdp kementerian keuangan, syarat syarat utama yang akan dimasukkan harus sudah terpenuhi karena sistem beasiswa lpdp adalah lolos beasiswa lpdp baru kemudian lolos kampus.

Artinya anda harus siap dokumen untuk lolos lpdp dan kampus tujuan yang biasanya dokumennya tidaklah jauh berbeda.

Misalnya adalah dokumen skor IELTS/TOEFL IBT, letter of acception dari kampus tujuan, proposal tesis master dan juga beberapa dokumen pendukung seperti ijazah sebelumnya dan prestasi, dan untuk mempersipkan hal tersebut Anda bisa kursus TOEFL disini.

Komponen beasiswa lpdp untuk studi di universitas di australia cukup mewah, karena anda akan mendapat biaya hidup plus biaya tunjangan buku 10 juta dalam satu tahun.

Kemudian ada juga tunjangan keluarga (bagi mereka yang studi doktoral), serta adanya kesempatan untuk komferensi internasional dan kesempatan mendapat bonus publikasi internasional.

Selain itu beasiswa LPDP juga memunyai ikatan kerjasama yang sudah lama dengan universitas-universitas di austrlia.

– Beasiswa BPLN

Selain beasiswa austrlia awards dan lpdp, bagi anda yang berprofesi dosen bisa mengajukan BP Luar Negeri, yang merupakan beasiswa bagi dosen untuk studi di luar negeri.

Termasuk di universitas di australia, komponen beasiswa yang diberikan tidak jauh berbeda dengan beasiswa lpdp tetapi tidak sebanyak lpdp.

Beasiswa BPLN atau singkatan dari Beasiswa Pendidikan Luar Negeri hanya memberikan biaya spp, biaya hidup, dan biaya buku yang jumlahnya cukup untuk hidup standar di kota kota di australia.

Jika anda sudah memahami beberapa jenis beasiswa untuk studi di universitas di Australia, pembahasan selanjutnya adalah pertimbangan memilih universitas di Australia.

Beberapa pertimbangan yang perlu anda masukkan adalah soal peringkat, ranking, publikasi, jurusan, kurikulum hingga biaya hidup yang bisa dilacak dengan membandingkan antara satu kota dengan kota lainnya.

Tips Memilih Universitas di Australia Terbaik

Tips Memilih Universitas di Australia Terbaik
Bocorannya nih, biaya hidup dari beasiswa bisa memakan 60% uang beasiswa itu sendiri, karena biaya hidup yang mahal membuat kita harus mengatur strategi demikian rupa.

Nah, berikut beberapa pertimbangan memilih universitas di australia:

1. Pilih universitas di australia yang masuk ke dalam golongan grup Go8

Pertama, pilihlah universitas di australia yang masuk ke dalam golongan grup of eight (Go8). kenapa bisa begitu?

Anda tentu kenal dengan asosiasi serupa di Amerika yang dinamakn Ivy League bukan? Yang merupakan asosiasi atau perkumpulan universitas bergengsi dan memiliki reputasi bagus di Amerika.

Nah, Group of eight merupakan perkumpulan universitas di australia yang memiliki reputasi, ranking dan juga riset yang luar biasa.

Jadi ketika anda memutuskan untuk studi di universitas yang tergabung dalam group of eight, maka anda bisa mendapatkan atmosfer world class university dan world research university yang benar-benar diakui di berbagai dunia.

Anggota group of Eight adalah universitas australia barat, universitas sydney, universitas queensland, universitas new south wales, universitas melbourne, universitas adelaide, universitas monash, universitas nasional australia.

2. Pertimbangkan dengan melihat QS World University Ranking

Kedua, pertimbangkan dengan melihat ranking di QS World University Ranking dan juga Times Higher Education.

Ranking ini bisa memberikan bahan pembanding bahwa ada puluhan universitas di australia yang masuk ke dalam lima puluh besar dunia,.

Jika anda mengincar universitas sepuluh besar dunia di australia tentu saja anda harus siap siap dengan berbagai syarat dan ketentuan yang biasanya lumayan berat.

Hal inilah yang mendasari kenapa perankingan di QS World University ranking dan juga Times Higher Education berbasis kepada riset akademik, publikasi dan kualitas dosen-dosen pengajarnya.

Seperti contoh berikut, universitas di australia yang masuk 10 besar terbaik di Australia versi Qs World University ranking tahun 2019

Urutan pertama adalah universitas nasional australia, urutan kedua, universitas melbourne, urutan ketiga universitas sydney

Urutan keempat universitas new south wales, urutan kelima universitas queensland, urutan keenam universitas monash, urutan ketujuh universitas australia barat, kedelapan universitas adelaide.

Dan kesembilan universitas teknologi sydney, kesepuluh universitas newcastle australia. Anda bisa lihat kan sepuluh besar dikuasai oleh Group of eight.

3. Pertimbangkan biaya hidup di Australia

Ketiga, pertimbangan biaya hidup di beberapa kota metropolis yang cukup tinggi, misalnya biaya hidup di canberra, sydney dan melbourne termasuk tinggi.

Anda harus pintar pintar mengatur keuangan, memilih tempat tinggal yang murah dan juga mencari alat transportasi yang memadai dengan keuangan anda ketika studi di universitas di Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday