tips lancar Bahasa Inggris

7 Tips Lancar Bahasa Inggris yang Paling Berpengaruh

Tips lancar Bahasa Inggris — Kecakapan dalam berbahasa Inggris adalah kemampuan yang cukup penting dimiliki. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Sebagai salah satu bahasa internasional yang paling banyak penuturnya, tidak jarang Bahasa ini digunakan dalam aktivitas sehari-hari, bahkan di kehidupan orang Indonesia.

Maka dari itu, menginvestasikan waktu dan tenaga untuk mempelajari Bahasa Inggris adalah rencana yang cerdik karena kamu pasti akan lebih mudah menjalani kegiatan-kegiatan yang memakai bahasa ini, seperti di lingkungan pekerjaan, pergaulan dan lain-lain.

Bila kamu salah satu pejuang yang sedang berusaha menaklukkan Bahasa Inggris, berikut ini 7 tips lancar Bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti sekarang juga.

Dengan mengikuti tips-tips di bawah ini, dijamin kamu akan jago dalam waktu singkat.

7 Tips Lancar Bahasa Inggris 

tips lancar Bahasa Inggris

  • Mempelajari urutan materi dengan tepat

Tips lancar Bahasa Inggris pertama adalah mengetahui urutan belajar yang benar dan paling memberikan progress/kemajuan.

Dalam mempelajari bahasa, ada 4 aspek kemampuan yang perlu dikuasai, yaitu reading, writing, listening dan speaking. Jika kamu belajar dari nol, maka urutan yang benar adalah speaking –> listening  –> reading –> writing. 

Kemampuan yang pertama adalah speaking yaitu kemampuan berbicara dan bercakap dalam Bahasa Inggris.

Mulailah dengan menghafal kalimat-kalimat tanya jawab sederhana seperti “my name is…” atau “how old are you?”. 

Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari kalimat yang digunakan sehari-hari dan kalimat perintah sederhana. 

Jika sudah cukup menguasai, kamu bisa melanjutkan belajar mengungkapkan opini dalam Bahasa Inggris dan mengenal penuturan formal dan informal.

Setelah merasa skill speaking kamu cukup baik, kamu bisa mulai melanjutkan belajar listening atau kemampuan mendengar. 

Ada banyak sekali sumber yang bisa kamu temukan untuk meningkatkan listening seperti musik dan film berbahasa Inggris, video internet, kaset percakapan dan lain-lain. 

Dengan berlatih listening, kamu akan mengenal banyak kosakata baru dan jangan lupa perhatikan juga pelafalan tiap kata dengan seksama. 

Selanjutnya adalah mempelajari teknik reading atau memahami teks dengan Bahasa Inggris. Kamu bisa mengawalinya dengan membaca teks-teks pendek yang menggunakan bahasa yang ringan seperti cerpen remaja atau artikel internet.

Catatlah kata-kata baru yang kamu temukan dan carilah artinya. Semakin banyak teks yang kamu cerna maka kosakata kamu akan semakin luas. 

Kemudian yang terakhir adalah belajar writing atau menulis Bahasa Inggris. Teknik writing memang yang paling sulit dikuasai karena kamu harus menulis dengan tatanan gramatikal/tata bahasa dan aturan tenses yang benar. 

Kamu bisa memulai dengan menulis teks sepanjang 100 – 200 kata dan kemudian mintalah guru atau teman kamu yang pintar Bahasa Inggris untuk mengoreksi hasil tulisanmu, apakah grammarnya sudah benar atau masih ada yang perlu diperbaiki lagi. 

Setelah itu lanjutkan menulis dengan jumlah kata yang lebih banyak secara berkala. Nantinya lama-lama kamu akan semakin terbiasa dalam menulis teks Bahasa Inggris dengan tata bahasa yang rapi dan kosakata yang beragam.  

  • Mendaftar les Bahasa Inggris

Mengikuti kursus atau les bisa menjadi tips lancar Bahasa Inggris yang kedua. Banyak orang yang memilih untuk mengikuti kursus karena ingin kemajuan belajarnya lebih cepat.

Selain itu ada banyak keuntungan dengan mengikuti kursus seperti mendapatkan arahan dari pengajar berpengalaman supaya belajar menjadi fokus dan menambah teman untuk belajar bersama

Di luar sana ada banyak sekali lembaga yang menyediakan kursus Bahasa Inggris tapi kamu harus kritis dalam menentukan pilihan. 

Carilah tempat kursus yang kualitasnya sudah terpercaya dan menyediakan sertifikat kemahiran Bahasa Inggris. Tempat kursus berkualitas pastinya menunjang proses belajar kamu menjadi lebih cepat. 

Kemudian Sertifikat yang diberikan memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai bukti kualifikasi kamu jika ingin mendaftar pekerjaan atau bergabung ke dalam institusi pendidikan yang memerlukan kemahiran Bahasa Inggris.

  • Belajar sambil menekuni hobi

Siapa bilang belajar itu harus membosankan? Jika kamu memakai metode belajar yang pas dan mudah masuk di otak, maka belajar bisa menjadi menyenangkan. 

Salah satu metode yang seru yaitu dengan mengaplikasikan hobi kamu sebagai cara belajar yang komprehensif dan interaktif.

Misalnya untuk kamu seorang penggemar film, kamu bisa menonton sambil belajar dengan menggunakan subtitle dari film tersebut. 

Jika ada kata atau frasa pada subtitle yang belum pernah kamu temukan sebelumnya, maka catatlah di buku dan tulis juga artinya.

Kemudian kamu bisa menghafalkannya pada sesi belajar sehingga vocabulary yang kamu tahu akan semakin banyak.

Atau jika kamu senang mendengarkan musik, kamu bisa menggunakan lirik lagu tersebut sebagai bahan latihan dengan menerjemahkannya dan mempelajari frasa atau kata-kata yang baru. 

tips lancar Bahasa Inggris

Selain itu masih banyak lagi media yang bisa kamu manfaatkan seperti video game, novel, komik, serial tv, beragam board game dan masih banyak lagi. 

Dengan segudang pilihan metode belajar di luar sana, maka tidak ada lagi alasan bahwa belajar Bahasa Inggris adalah hal yang membosankan.

  • Manfaatkan teknologi yang tersedia

Sebagai bagian dari generasi Z yang mengerti tentang teknologi, pastinya kamu tahu bahwa ada banyak fitur-fitur dalam handphone kamu yang bisa digunakan untuk membantu proses belajar Bahasa Inggris.

Salah satunya adalah alat bernama Google Translate yaitu aplikasi dari Google yang sangat powerful.

Google Translate mampu menerjemahkan kata, frasa atau bahkan kalimat dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan juga sebaliknya.

Kini kamu tidak perlu membuang waktu dengan membolak-balikkan kamus untuk menerjemahkan kata demi kata karena dengan Google Translate, kamu hanya perlu mengetiknya dan terjemahan itu akan muncul dalam sekejap.

Selain itu ada pula aplikasi yang dibuat khusus untuk belajar bahasa. Salah satunya adalah Duolingo yang berisi banyak soal dan tips untuk belajar Bahasa Inggris.

Aplikasi ini bahkan dapat menunjukkan seberapa jauh tingkat Bahasa Inggris yang sudah kamu capai dari menjalani latihan-latihan yang mereka berikan, menarik sekali bukan?

Dan teknologi yang tidak mungkin terlewatkan adalah internet. Dengan berselancar di internet kamu akan menemukan segudang materi, ilmu, dan konten yang sebagai bahan untuk belajar Bahasa Inggris.

Misalnya kamu bisa mensubscribe channel Youtube yang khusus mengajarkan Bahasa Inggris atau mempelajari grammar dari situs learnenglish.britishcouncil.org. 

Atau kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Bahasa Inggris agar kamu bisa berlatih speaking atau berbagi tips belajar bersama anggota-anggota lainnya.

Tiga saran tersebut hanya segelintir dari peluang yang bisa ditemukan di internet. Jadi silahkan mengeksplor sendiri konten yang cocok dengan gaya belajarmu.

  • Mempraktikkan hal yang telah dipelajari setiap hari

Tips lancar Bahasa Inggris selanjutnya adalah selalu konsisten. Berlatih setiap hari dalam waktu sejam lebih baik daripada belajar delapan jam dalam sehari di tiap minggu. 

Otak manusia memiliki dua macam memori yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Jika kamu belajar Bahasa Inggris tapi tidak mengulanginya di kemudian hari, maka ilmu yang telah diserap tidak akan sampai ke memori jangka panjang dan waktu belajar menjadi sia-sia.

Maka dari itu kunci lancar berbahasa Inggris adalah konsistensi. Luangkanlah waktu kamu sebanyak 30 menit untuk mengulang kembali pelajaran kemarin dan 30 menit untuk mempelajari materi baru.

Dengan menerapkan kebiasaan ini, niscaya kamu akan lancar menggunakan Bahasa Inggris dalam kurun waktu yang singkat. Percayalah bahwa usaha akan memberikan hasil yang sepadan.

  • Berteman dengan orang-orang yang pandai dalam Bahasa Inggris

Cara ini sangat cocok untuk kamu yang suka bergaul dan tidak keberatan untuk bertemu orang-orang baru.

Ada banyak cara untuk menemukan teman belajar seperti di lingkungan sekolah/kuliah, di tempat kursus, di lingkungan rumah, atau mungkin juga secara online.

Memiliki kelompok belajar sangat bermanfaat karena kamu bisa langsung mempraktekkan apa yang telah dipelajari kepada teman belajarmu.

Dengan begitu belajar pun menjadi tidak membosankan karena metodenya interaktif dan kamu bisa mendapat perspektif baru baru materi yang sedang dibahas. 

  • Jangan malu dengan kesalahan

Tips lancar Bahasa Inggris terakhir adalah menanamkan rasa percaya diri saat kamu mengaplikasikan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Jangan takut jika kamu membuat kesalahan karena itu adalah bagian dari proses belajar. Rasa malu hanya akan menjadi penghambat kamu yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris.

Karena jika kamu tidak pernah menunjukkan skill bahasamu ke orang lain, maka kamu tidak akan tahu sejauh mana kemampuan Bahasa Inggrismu dalam keempat aspek.

Ada banyak hal yang biasanya orang-orang takut lakukan misalnya mengobrol dengan orang asing menggunakan Bahasa Inggris.

Padahal seharusnya mereka mengambil momen itu sebagai kesempatan langka dan antusias untuk berinteraksi dengan orang asing tersebut.

Selain itu janganlah minder atau tersinggung jika ada orang yang mengoreksi Bahasa Inggris kamu. Selama mereka menyampaikannya dengan sopan dan membangun, jadikan saja sebagai motivasi. 

tips lancar Bahasa Inggris

Nah itu dia 7 tips lancar Bahasa Inggris yang bisa mempercepat proses belajar kamu hingga di tahap sangat mahir.

Ingatlah ada dua kunci supaya kamu bisa lancar berbahasa Inggris yaitu konsisten dan percaya diri.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday