tips belajar bahasa jerman

3 Strategi Belajar Bahasa Jerman yang Patut Dicoba

Belajar Bahasa Jerman – Salah satu bahasa Eropa non bahasa Inggris yang sedang naik daun adalah bahasa Perancis, Jerman dan Belkamu. Bukan kebetulan saja tiga bahasa ini memiliki trend kenaikan favorit di masyarakat Indonesia.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Selain karena hubungan politik dan bisnis antara negara Indonesia dengan ketiga negara ini semakin erat. Ditambah dengan faktor banyaknya mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi ke beberapa negara Eropa yang telah disebutkan di atas.

Posisi Inggris menjadi negara tujuan studi sudah sangat familiar. Sementara Belkamu dan Perancis juga menduduki lima besar negara Eropa yang menjadi tempat tujuan studi masyarakat Indonesia.

Jika dibandingkan dengan Belkamu dan Perancis, Jerman memiliki sedikit keunikan. Karena mereka yang akan studi di negara Jerman diwajibkan bisa berbahasa Jerman. Untuk informasi kuliah di Jerman lebih lengkap kamu bisa mengunjungi www.virtueducation.org

Kewajiban ini bukan tanpa alasan. Karena Jerman memberlakukan matrikulasi atau penyamaan pada mahasiswa sarjana yang input masuknya dari SMA-SMA non sekolah Jerman. Jadi bagi kamu yang akan masuk kuliah sarjana di Jerman, tetapi bukan lulusan SMA Jerman.

Baik lulusan SMA Indonesia atau lulusan SMA negera lain. kamu tetap diwajibkan menempuh pendidikan penyetaraan sebelum kuliah sarjana yang dinamakan studienkolleg. Nah, sebelum memasuki studienkolleg inilah kamu akan diminta sertifikat kemampuan bahasa Jerman kamu.

Kenapa studienkolleg mensyaratkan kemampuan berbahasa Jerman. Tentu tidak lepas dari program pendidikan Jerman yang mengenalkan kepada kamu budaya Jerman.

Selain itu, menguasai bahasa Jerman akan memudahkan kamu berinteraksi dengan masyarakat setempat serta memudahkan kamu untuk mengenal kosakata-kosakata perkuliahan yang sulit dalam bahasa Jerman.

Program studienkolleg ini wajib diikuti oleh semua lulusan SMA non Jerman dan menjadi syarat wajib sebelum menempuh pendidikan sarjana.

3 Startegi Belajar Bahasa Jerman yang Patut Dicoba

Nah, bagi kamu yang bermimpi atau mempunyai cita cita meneruskan sekolah di Jerman. Akan lebih baik mempersiapkan penguasaan bahasa Jerman kamu lebih awal. Misalnya kamu yang sekarang duduk di bangku SMP atau SMA tingkat awal. Bisa mengikuti beberapa kursus bahasa Jerman yang diadakan oleh lembaga kursus di Virtueducation.

Atau kamu bisa belajar otodidak secara mandiri atau kamu menggabungkan cara pembelajaran di atas menjadi satu metode pembelajaran dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips belajar bahasa Jerman yang bisa di coba.

1. Pelajari kosakata

Belajar bahasa Jerman sama persis dengan belajar bahasa Inggris yaitu membutuhkan proses yang lumayan lama dan bertahap. Tetapi ini semua tergantung dengan individu masing-masing. Jika kamu sudah familiar lebih awal dengan bahasa Jerman. Maka kamu akan lebih belajar bahasa Jerman dengan cepat dan efektif.

Kesulitan belajar bahasa Jerman hanya terletak pada dua hal saja. Pertama adalah nama nama kosakata Jerman yang membutuhkan pelafalan khusus dan membutuhkan penguasaan kosakata yang banyak. Kosakata Jerman seringkali terdiri dari beberapa huruf yang lebih panjang dari kosakata bahasa lain.

2. Pelajari tatabahasa

Sementara pada bagian kedua adalah soal tata bahasa. Sama halnya dengan tenses dalam bahasa Inggris yang memang sulit untuk dipelajari. Tata bahasa Jerman juga membutuhkan fokus dan kadang-kadang membuat otak berkerut.

Tetapi tenang aja, bahasa Jerman adalah bahasa Eropa yang tingkat kesulitannya sama dengan bahasa Inggris, Belkamu dan Perancis. Mungkin karena hanya faktor kefamiliaran saja yang membuat kita selalu merasa was-was belum bisa.

3. Gunakan strategi dalam belajar Bahasa Jerman

Belajar bahasa seperti bahasa Jerman membutuhkan strategi dan tips khusus. Hal ini dilakukan agar kamu tidak banyak melakukan hal sia sia saat belajar bahasa Jerman. Hal sia sia yang dimaksud adalah kamu terlalu mengalokasikan banyak waktu hanya untuk belajar yang itu itu saja.

Sementara untuk alokasi yang lain kamu tidak terlalu fokus. Belajar bahasa Jerman membutuhkan strategi yang membuat kamu bisa mengalokasikan waktu yang sama rata terhadap semua hal yang mesti kamu pelajari.

Nah, karena dengan berbagai alasan tersebut. Berikut tips-tips dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Jerman. Termasuk mempersiapkan tes ujian bahasa Jerman dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Tips Belajar Bahasa Jerman

A. Gunakan alat bantu

Alat bantu yang dimaksud bukanlah alat bantu yang bernilai mahal. Tetapi kamu bisa gunakan potongan kertas atau karton untuk membantu kamu menghafal kosakata dalam bahasa Jerman.

Misalnya tuliskan kosakata-kosakata dalam bahasa Jerman yang akan kamu hafal. Kemudian tempelkan kosakata tersebut di meja belajar atau dinding kamar kamu untuk membantu menghafal.

B. Gunakan teknologi informasi

Teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat. kamu bisa gunakan youtube untuk mencari tutorial tata bahasa Jerman yang asyik dan menyenangkan. Sesekali belajar menyanyi dalam bahasa Jerman. Serta menonton film Jerman dari internet tanpa subtitle. Atau menggunakan subtitle bahasa Jerman untuk melatih kemampuan kamu.

C. Manfaatkan fasilitas ruang publik dan jaringan

Jika kamu sering ke perpustakaan kota di daerahmu atau kafe kafe yang memiliki akses internet. kamu bisa gunakan fasilitas ini untuk mencari bahan-bahan tutorial yang kamu perlukan. Kemudian bergabunglah dengan komunitas polyglot untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday