tips belajar bahasa inggris otodidak

10 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Praktis Inovatif 

Bahasa Inggris telah dinobatkan menjadi Bahasa penghubung antar penutur, baik penutur asli maupun non penutur asli.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Kunci utama mempelajari Bahasa Inggris sebenarnya terletak pada kepercayaan diri dan rutinitas kita dalam melatih skill kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris itu sendiri.

Mengingat, sekarang ini Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan utama setelah Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi.

Di kampus, tempat kerja, bahkan di depan gadget pun kita telah disuguhi berbagai kosakata Bahasa Inggris yang sebenarnya sudah cukup membantu dalam penerapannya.

TIPS Belajar bahasa Inggris Otodidak Simak Disini

Rekomendasi tips dibawah ini akan membantumu mengulik dan mengasah kemampuan dalam grammar, vocab dan pronunciation Bahasa Inggrismu:

Dengan menonton film

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang pertama adalah dengan menonton film.

Hobi menonton film bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kemampuanmu dalam listening

Atau mendengarkan dan memahami hingga menarik kesimpulan pada sebuah percakapan. Tanpa sadar kamu sedang simulasi ujian TOEFL.

Simpelnya, kamu coba menonton film sekali dengan disertai subtitle Bahasa Indonesia. Lalu tonton beberapa kali lagi untuk bisa lebih memahami bahasanya tanpa disertai subtitle.

Kalau kamu memang ingin latihan listening, coba untuk menonton tanpa subtitle sejak awal.

Kamu juga bisa melatih aksen Bahasa atau melatih pendengaranmu agar terbiasa dengan aksen Bahasa tertentu seperti british, kamu bisa menonton film dengan full aktor british didalamnya.

Semakin sering kamu mendengar dan rutin mempraktekkan semakin terlatih lisanmu dalam mengucap.

Dengan membuat kamus kecil

Kamus saku kecil bisa menjadi alternatif tips belajar bahasa Inggris otodidak yang praktis sekaligus menyenangkan bagi kamu yang senang menulis dan ingin tahu banyak hal baru.

Jika kamu menemukan kata-kata yang sulit, cobalah untuk menuliskan di notebook, cari arti dan maknanya. Dan berikan target dalam satu hari berapa kata yang harus kamu tahu artinya dan langsung aplikasikan.

Kamu dapat menuangkan kata tersebut dalam satu kalimat dalam gaya bahasamu sendiri. Tuliskan di notebook, atau notes handphone, lockscreen handphone atau tuangkan melalui caption di Instagram.

Dengan mengarkan lagu

Jika tips belajar bahasa Inggris otodidak dengan menonton film sudah kamu jalani, kamu bisa mengasah lagi kemampuan listening melalui mendengarkan music.

Poin plusnya, kamu bisa “menerjemahkan” Bahasa yang disampaikan oleh si penyanyi sehingga pesan yang nyatanya tersirat, mampu kamu tafsirkan.

Dalam hal ini, lagu yang bertempo cepat juga bisa dijadikan bahan latihan listening dan pronunciation.

Berbagai Bahasa slang (positif) yang familiar digunakan dalam komunikasi harian masyarakat berbahasa Inggris dapat kamu pelajari dengan mendengarkan lagu.

Dengan praktek berbicara rutin

Semua akan sia-sia jika kamu memilih hanya memendam bakatmu. Semua berjalan lancar jika kamu percaya diri untuk melakukan praktek berbicara secara rutin.

Tips belajar bahasa inggris otodidak yang satu ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dari semua materi bahasa Inggris yang pernah kamu dapatkan.

Tak perlu jauh-jauh ke eropa atau amerika. Jika kamu punya teman sevisi dan sefrekuensi manfaatkan sebaik mungkin.

Ajak teman-temanmu untuk mengadakan one day practice English, hal itu akan sangat membantumu untuk mengevaluasi cara bicaramu dengan sesama non penutur asli.

Atau jika kamu punya rekan, saudara yang merupakan penutur asli jangan ragu untuk ajak mereka mengobrol.

Via YouTube atau Podcast

tips belajar bahasa Inggris otodidak selanjutnya tak kalah menarik, kekinian dan hanya bermodalkan gadget.

Manfaatkan aplikasi modern yang ada di perangkat gedgetmu seperti YouTube dan Spotify untuk mendengarkan kelas online dan gratis dalam menambah skill Bahasa Inggrismu.

Podcast di Spotify atau kumpulan video di YouTube bisa  diputar secara on demand sesuai keinginanmu.

Jadi saat kamu sedang ingin mempelajari tentang basic speaking dalam Bahasa Inggris kamu bisa langsung menuju pada chapter tentang basic speaking in English misalnya.

Selain dapat di putar on demand kedua aplikasi tersebut juga disediakan gratis bagi seluruh pengguna non premium.

Dengan membaca novel 

Tips belajar bahasa Inggris otodidak yang satu ini sangat mendukung untuk melatih kemampuan dan kejelian matamu dalam membaca, atau kamu sedang dalam proses latihan soal menghadapi ujian TOEFL.

Kamu harus bisa mulai suka untuk membaca teks panjang. Sehingga permulaannya bisa kamu lakukan dengan membaca novel dengan genre favoritmu.

Bersambung dengan membuat kamus kecil yang sudah dijelaskan pada poin diatas, kata-kata yang sulit dan istilah asing yang digunakan dalam buku tersebut dapat kamu catat.

Tuliskan makna dan penjelasannya dalam bahasa Inggris (menggunakan konsep kamus Inggris-Inggris).

Lewat learning app

Berbagai aplikasi belajar Bahasa inggris sudah bertebaran luar di google play store, yang bisa kamu unduh secara gratis. Tips belajar bahasa Inggris otodidak satu ini bebas kamu atur sesuai waktu yang kamu miliki.

Walau gratis, tanpa biaya bukan berarti kualitasnya tidak terjamin. Beberapa aplikasi e learning app bahkan sudah menjamah smartphone di seluruh dunia.

Beberapa aplikasi bahkan tidak hanya menyediakan Bahasa Inggris, puluhan Bahasa lainnya bisa kamu pelajari didalamnya.

Kecanggihan fitur aplikasi tersebut terbukti dengan menyediakan berbagai pelajaran yang sedang kamu butuhkan dengan berbagai level yang sesuai kemampuanmu.

Mulai pelajari kata yang formal

Tips belajar bahasa Inggris otodidak ini sangat penting karena materi-materi ujian tentunya tidak menggunakan Bahasa non formal.

Sehingga yang harus kamu lakukan adalah memilah kata dasar yang bisa menjadi bahan ujian sehingga kamu tidak kesulitan jika bertemu atau dihadapkan pada istilah tersebut.

Atau jika kamu sedang mengejar interview atau promosi jabatan yang mewajibkan skill speaking Bahasa inggris yang fasih kamu perlu mempelajari trik ini.

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sedang berlatih public speaking dalam Bahasa inggris untuk disampaikan pada situasi formal.

Melalui pola keseharian

Ini hanya kiasan saja ya. Tips belajar bahasa Inggris otodidak seperti ini dapat kamu lakukan dengan perubahan-perubahan kecil.

Seperti mengubah pengaturan Bahasa di handphone mu menjadi full English hingga ke autocorrect keypad di HP mu.

Bukan hanya itu, bisa mulai mencatat dengan menggunakan Bahasa Inggris walau hanya catatan belanja bulanan.

Bisa juga dengan melakukan sedikit inovasi pada ruangan favoritmu dengan hiasan yang kamu buat sendiri dengan kata-kata Bahasa Inggris yang ingin kamu hafal.

Misalnya pada bagian depan buku catatanmu, tuliskan satu kata. Lalu tuliskan definisi dalam Bahasa inggris di bawahnya.

Bukan hanya bahasa inggris mu yang meningkat, ruangan itu akan tampil aesthetic dengan hiasan dinding sastra di dalamnya.

Dengan mengikuti kursus

tips belajar bahasa inggris

 

Walau tidak bisa dilakukan sendiri, Tips belajar bahasa Inggris otodidak dengan mengikuti kursus ini adalah solusi terbaik bagimu saat memiliki kesulitan untuk mengatur waktu belajar.

Atau memiliki kesibukan sehingga tidak dapat belajar sendiri secara komprehensif. Ditambah lagi jika sedang dalam persiapan mengikuti tes yang bertaraf internasional.

Sehingga kamu dalam keadaan tersebut membutuhkan tutor yang akan mendampingi, memberikan konsultasi serta memberimu evaluasi mengenai perkembangan dan solusi dari kesulitan yang kamu hadapi. 

Walau harus mengeluarkan biaya lebih, kursus adalah salah satu metode yang worth it dalam melakukan pembelajaran Bahasa inggris terjadwal, dan komprehensif.

Karena bisa kamu lakukan dirumah, beberapa tempat kursus sudah menyediakan kelas privat demi kenyamanan belajar.

Baik secara tatap muka dengan tenaga pengajar di rumah, di tempat kursus atau bahkan secara online. Tentunya dengan materi yang tidak kalah keren dan interaktif.

Poin plus dari kamu mengikuti kursus bahasa Inggris adalah, saat kesulitan kamu bisa langsung bertanya karena tutor selalu siap membimbingmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday