studienkolleg jerman

Studienkolleg Jerman – Definisi, Persyaratan & Tips Agar Lulus

Studienkolleg Jerman – Kamu yang ingin kuliah ke Jerman sudah tahu belum apa itu studienkolleg? Sudah siap ikut ujian studienkolleg? Sudah tahu cara pendaftarannya?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Bagi yang ingin kuliah ke luar negeri yaitu Jerman, mereka biasanya membuka jalur untuk tahap tes kesetaraan bagi kamu yang akan kuliah di Jerman tentunya. Dengan itu kamu harus mempersiapkan tes studienkolleg tersebut.

Karena mengingat tes ini bersifat wajib dan juga penting bagi kamu yang merupakan calon siswa internasional yang akan menempuh pendidikan di Jerman. Hal ini berlaku bagi kamu yang berasal dari luar Eropa.

Lalu apa itu Studienkolleg Jerman? Apakah sulit? Bagaimana cara daftarnya? Pertanyaan seputar Studienkolleg memang yang paling banyak dicari para siswa internasional khususnya.

Pengertian Studienkolleg Jerman

Bagi kamu yang belum mengerti, Studienkolleg Jerman merupakan penyetaraan program wajib belajar seperti yang diterapkan di Jerman. Program ini dilaksanakan karena biasanya program belajar di indonesia hanya 12 tahun.

Sedangkan di Jerman sendiri mempunyai sistem wajib belajar selama 13 tahun. Jadi sebagai calon siswa internasional yang berasal dari Indonesia, kamu harus mengejar ketertinggalan selama 2 semester lamanya atau sekitar 1 tahunan.

Jika kamu sudah berhasil / lulus dari tes Studienkolleg, dengan ini kamu sudah bisa mengikuti tes yang diselenggarakan oleh universitas yang ada di Jerman. Yang mana kamu juga harus memiliki persyaratan lainnya.

Tujuannya dengan adanya studienkolleg ini, kamu juga lebih aware dengan bentuk perkuliahan di Jerman. Jadi persiapan yang kamu lakukan lebih matang dan juga kamu bisa sedikit mempersiapkan diri untuk mengikuti semester di universitas.

Adapun jalur masuk yang disediakan lembaga-lembaga yang ada di Jerman yaitu:

  1. Langsung (Direct)

Jalur masuk studienkolleg Jerman ini merupakan jalur mandiri tanpa bantuan pihak manapun seperti uni assist ataupun juga agen. Jika dirasa kamu tidak membutuhkan bantuan dari pihak-pihak tersebut.

Jadi untuk jalur ini, semua berkas yang telah tersedia tinggal dikirim langsung ke tujuan universitas yang kamu pilih. Untuk tahapan ini, kamu harus mendaftar setelah lulus ujian studienkolleg.

  1. Uni Assist

Lembaga uni assist ini yang akan membantu kamu pada saat mendaftar baik untuk ujian studienkolleg Jerman sampai pada pendaftaran masuk universitas yang akan kamu impikan.

Dengan adanya lembaga ini, pendaftaran yang kamu lakukan akan lebih menguntungkan baik dari segi waktu ataupun juga berkas yang dikirimkan. Karena dengan menggunakan ini, kamu bisa mengirimkan berkas untuk banyak universitas.

  1. Uni Assist dan Langsung

Nah untuk yang satu ini merupakan gabungan antara jalur uni assist dan juga jalur langsung. Yang mana nantinya untuk beberapa universitas memang harus melalui jalur masuk yang satu ini.

Contoh universitas yang menggunakan tipe jalur masuk gabungan ini yaitu universitas Hamburg. Kamu harus mengirim berkas kepada Uni Assist kemudian baru mengirim berkas ke setelah mendapatkan jawaban dari Uni Assist ke universitas Hamburg.

Persyaratan Ujian Studienkolleg Jerman

Ketentuan untuk persyaratan ujian studienkolleg juga berbeda-beda untuk tiap universitasnya, tetapi ada juga persyaratan umum yang memang harus kamu persiapkan dan juga lengkapi.

Contoh persyaratannya yaitu seperti :

  • Foto Copy Ijazah terakhir yang sudah dilegalisir.
  • Nilai SKHUN, Raport Semester II (bagi yang dari SMA).
  • Curriculum Vitae (biasanya diminta untuk beberapa universitas).
  • Antrag (Formulir dari kedutaan Jerman).
  • Formulir khusus dari beberapa Universitas (bisa diakses melalui website masing-masing universitas.
  • Mempunyai minimal sertifikat B1 ataupun B2 yang telah dilegalisir.
  • Paspor pelajar.
  • Visa Pelajar yang diajukan ke Kedutaan Besar Jerman.
  • Rekening bank tertentu.

Semua berkas ataupun dokumen yang akan dikirimkan, sudah diterjemahkan kedalam bahasa Jerman. Dan untuk penerjemah tersumpah juga harus bersertifikat serta juga diakui oleh kedutaan besar Jerman.

Jadi jangan asal pilih ya untuk penerjemah tersumpah yang pastinya harus terpercaya dan juga sudah terdaftar di kedutaan besar Jerman.

Daftar Studienkolleg Jerman

Studienkolleg juga memiliki beberapa pembagian kelas, yang bersifat sebagai jurusan yang akan kalian ambil sesuai dengan universitas yang kalian akan kalian daftarkan.

Jenis-jenisnya yaitu:

  • M-Kurs (Medical Kurs): untuk kamu yang akan mendaftar pada jurusan kedokteran, farmasi dan biologi.

Mata Pelajaran pada M-kurs Studienkolleg Jerman ini mencakup bahasa Jerman, Matematika, Fisika, Kimia dan juga biologi itu sendiri.

  • T-Kurs (Technical Kurs): untuk yang akan mendaftar studi jurusan teknik ataupun jurusan sains dan juga ilmu komputer.
  • W-Kurs (Wirtschaft-Kurs): tersedia untuk kelas seperti studi jurusan ekonomi dan ilmu pengetahuan sosial.

Mata pelajaran nya mencakup Bahasa Jerman, Matematika, Bisnis, Bahasa Inggris dan juga ilmu sosial.

  • G-Kurs (Geisteswissenschaften Kurs): jenis pembelajaran ini dikhususkan untuk studi jurusan ilmu pengetahuan budaya dan Germanistik.

Mata Pelajaran yang ada berupa Sejarah, Bahasa Jerman, Sastra Jerman dan Bahasa Inggris.

  • S-Kurs (Sozialwissenschaften-Kurs): untuk studi jurusan ilmu bahasa serta sastra bahasa asing.

Mata pelajaran berupa pilihan bahasa asing yang diminati dan juga ilmu sosial.

Biaya Studienkolleg Jerman

Karena studienkolleg ini bisa kamu jalani baik di Indonesia maupun langsung di Jerman, jadi kisaran harganya juga berbeda. Di Indonesia sendiri harga yang ditawarkan cukup terjangkau tergantung dari universitas tujuan studienkolleg Jerman.

Tetapi lain halnya jika kamu mengikuti studienkolleg di Jermannya langsung tarif yang mereka tawarkan tentunya jauh lebih murah yaitu hanya Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 saja.

Dan juga banyak yang ingin mengambil studienkolleg Jerman secara langsung, karena mereka banyak pengalaman secara langsung yang benar-benar dirasakan saat mengikuti studienkolleg secara langsung.

Cara Pendaftaran Studienkolleg Jerman

Cara daftar Studienkolleg Jerman sendiri cukup mudah. Dengan mengikuti panduan yang disediakan oleh perwakilan lembaga akademisi ataupun juga pada kedutaan Jerman.

Karena mereka juga menerbitkan beberapa peraturan yag tercantum pada website yang mereka punya. Jadi harus jeli dalam mengupdate informasi yang kalian punya hampir tiap harinya.

Tahapan cara daftar studienkolleg yaitu kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke universitas tujuan yang kamu inginkan, setelah diterima barulah kamu akan mendapatkan izin dan juga undangan untuk mengikuti studienkolleg Jerman tersebut.

Selain itu, persyaratan yang harus kamu tunjukkan yaitu Ijazah terakhir SMA dan juga sertifikat kemampuan bahasa Jerman level B1.

Tips Agar Lulus Studienkolleg Jerman

Mempersiapkan diri dengan baik merupakan kunci agar kamu bisa dengan mudah meraih impian untuk kuliah di jerman. Langkah itu pastinya harus dimulai dan juga membutuhkan persiapan yang panjang.

Tips berikut ini sangat bermanfaat agar kamu langsung lulus Studienkolleg Jerman tanpa harus mengulang! Ini dia tipsnya:

Ø  Kurang lebih 2 tahun sebelum keberangkatan, kamu sudah harus mengikuti kursus bahasa Jerman. Levelnya bisa kamu ambil yang paling dasar terlebih dahulu. Fase ini dimulai saat kamu menginjak kelas 2 SMA.

Ø  Dan 1 tahun sebelum keberangkatan, persiapan kamu sudah harus memiliki sertifikat bahasa selevel B1 ataupun B2. Kemudian mulai mencari jurusan yang tepat kemudian memilih Studienkolleg Jerman yang sesuai.

Ø  Kemudian, 6 bulan sebelum berangkat kamu sudah harus mempersiapkan mulai dari dokumen dan juga surat motivasi yang berguna untuk mengajukan visa nantinya.

Pada fase ini, selain kamu juga disibukkan dengan tes ujian masuk dan juga studienkolleg Jerman, kamu juga harus mengecek persyaratan bagi masing universitas.

Dengan begitu, tes Studienkolleg Jerman ini bisa kamu jalani dengan mudah karena sudah dipersiapkan sedini dan juga tanpa rasa khawatir tentunya.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday