Perbedaan D4 dan S1, Lebih Baik Mana?

Hai, calon mahasiswa! Sudah menentukan ingin berkuliah di mana? Jurusan dan universitas mana? Apakah masih bimbang perbedaan D4 dan S1?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Namun, bagi Kamu yang masih bingung untuk memilih jenjang apalagi D4 dan S1, Kamu lebih baik untuk tetap membaca ulasan Kami. Karena, Kami akan membahas dengan singkat dan jelas!

Sebelumnya, apakah Kamu tahu bahwa D4 itu disebut dengan Sarjana Terapan? Lalu apa bedanya dengan gelar Sarjana pada umumnya?

Ternyata, Sarjana Terapan dan Sarjana itu memang seringkali dijadikan perdebatan dan kebingungan banyak orang, khususnya bagi siswa siswi yang baru saja lulus sekolah dan ingin berkuliah.

Untuk mengetahuinya, mari kita ulas mengenai Sarjana Terapan vs Sarjana ini, yuk!

Sarjana Terapan Itu Apa Sih?

perbedaan d4 dan s1-1

Sarjana Terapan sendiri adalah jenjang pendidikan diploma yang memiliki kesetaraan dengan jenjang Sarjana (S1). Jika Kamu tidak asing dengan nama Diploma 4 (D4), berarti itu sudah benar dan sama saja.

Sarjana Terapan sendiri termasuk ke dalam pendidikan vokasi. Sementara, Sarjana pada umumnya termasuk ke dalam pendidikan akademik.

Mengapa Sarjana Terapan itu seringkali dikatakan setara dengan Sarjana pada umumnya? Ternyata ada alasanya, lho!

Sarjana Terapan itu memiliki bobot keilmuan program yang setara dengan jenjang Sarjana (S1). Bobot perkuliahan D4 juga sama dengan S1, yaitu sebanyak 144 SKS.

Nah, sebenarnya apa sih bedanya antara Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4)? Mari kita bahas bersama, yuk!

Perbedaan S1 dan D4 

1. Kurikulum Pembelajaran

S1 dan D4 memiliki kurikulum yang berbeda, lho. Kira-kira apa saja letak perbedaannya, ya?

Untuk jenjang S1 sendiri, biasanya mendalami teori dan ilmu pengetahuan dari jurusan yang diambil. Biasanya 60% teori dan 40% adalah praktik dari teori yang telah didalami.

Lulusan S1 pun diharapkan mampu melakukan analisis dan riset secara mendalam dan mengimplementasikan teori yang ada dengan melakukan praktik.

Berbeda dengan S1, untuk D4 sendiri lebih mengedepankan keterampilan dari penerapan ilmu pengetahuan. D4 sendiri terdiri atas 60% praktik dan 40% teori.

Mahasiswa D4 lebih memiliki kesempatan untuk melakukan praktik dibandingkan mahasiswa S1. Karena persentase kurikulum yang cenderung lebih menekankan praktik.

2. Beda Program Studi

Program studi untuk Sarjana Terapan atau D4 sendiri biasanya lebih sedikit dibandingkan Sarjana atau S1. Namun, program studi D4 lebih spesifik.

Jika S1 memiliki konsentrasi pada saat semester pertengahan, jika Kamu masuk ke D4, Kamu akan belajar suatu ilmu lebih spesifik tanpa harus masuk konsentrasi lagi.

Namun, tidak semua seperti itu. Ada juga program studi D4 yang mirip dengan program studi milik S1. Tidak berbeda jauh, kok!

Perbedaannya hanya ada pada mahasiswa D4 yang lebih menekankan praktik dibandingkan mahasiswa S1 yang menggeluti teori, baru praktik.

3. Gelar Lulus

Meski D4 seringkali disamakan dengan S1, namun gelar nama yang diberikan pun berbeda, lho. Jadi, Kamu bisa membedakan mana D4 dan S1.

Untuk D4 sendiri akan ada kata “Tr.” di dalam gelar mereka. Seperti S.Tr.Ak untuk jurusan Akuntansi. Sedangkan untuk S1, bisa menggunakan S.Ak. Terlihat berbeda, kan?

4. Ketersediaan di Indonesia

Meski D4 ini tidak jauh berbeda dengan S1, ternyata ketersediaan jurusan untuk D4 itu jarang ditemukan di Indonesia.

Biasanya untuk jurusan yang memiliki jenjang D4 terdapat di Kebidanan atau Keperawatan. Sedangkan Kamu bisa temukan banyak universitas yang menyediakan jenjang S1.

Kedua jenjang tersebut pun memiliki beban SKS dan waktu kuliah yang sama, yaitu 144 SKS untuk 4 tahun mengenyam bangku perkuliahan.

5. Tugas Akhir

Jenjang mana pun, Kamu akan dipertemukan dengan tugas akhir sebagai syarat untuk lulus dan layak untuk diberikan gelar sesuai dengan jurusan yang diampu.

Program S1 sendiri memiliki tugas akhir bernama skripsi yang sesuai dengan jurusan diampu dengan judul bebas, disesuaikan dengan minat dari mahasiswa.

Sedangkan untuk program D4, tugas akhir mereka adalah menyusun laporan ilmiah daripada hasil kerja praktik mereka. 

Untuk mendapatkan gelar tersebut, mahasiswa D4 diharuskan untuk melakukan dua hal tersebut, tidak bisa memilih.

Itulah beberapa perbedaan yang membedakan S1 dan juga D4. Sampai sini apakah Kamu bisa bingung untuk menentukan pilihan jenjang perkuliahan?

Memang jenjang kuliah D4 dan S1 itu tidak begitu jauh. Bagaimana kalau Kami membahas perihal tentang memilih jenjang kuliah? Berikut ulasannya!

Bagaimana Cara Memilih Jenjang Kuliah?

Jika Kamu terlalu bingung untuk menentukan jenjang kuliah, Kamu mungkin perlu mengetahui hal-hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan.

1. Riset Kemampuan dan Skill Diri Sendiri

Sebelum masuk ke dunia perkuliahan, Kamu harus memahami dan mengetahui kemampuan dan skill Kamu terlebih dahulu.

Kemampuan dan skill yang dimaksud adalah apa hal yang Kamu gemari, apa kegiatan yang Kamu senangi. Atau mungkin hal apa yang Kamu mahir di sana.

Contohnya seperti Kamu berminat untuk belajar dan bekerja di bidang media, Kamu akan diarahkan untuk memilih jurusan Ilmu Komunikasi.

Nah, dengan memahami kemampuanmu sendiri, Kamu tidak akan merasa salah jurusan saat sedang berkuliah. Sehingga, masa kuliahmu tidak akan sia-sia.

2. Ketahui Nilai di Rapor

Jika Kamu masih bingung menentukan jurusan karena tidak tahu apa yang Kamu gemari, rapor bisa menjadi jawaban Kamu untuk membantu.

Kamu boleh mencari mata pelajaran yang menurutmu nilainya selalu tinggi atau naik dan juga Kamu menggemari pelajaran tersebut.

Dengan melihat hal tersebut, Kamu bisa diarahkan lebih lanjut terkait pemilihan jurusan. Sehingga, Kamu tidak lagi kebingungan.

3. Riset Tujuan Kampus

Ini salah satu hal penting yang harus Kamu lakukan sebelum memasuki kuliah. Ingatlah, bahwa setiap universitas itu tidak sama. Karena mereka memiliki fasilitas yang berbeda.

Kamu harus mencari tahu mana universitas yang terbaik untukmu kelak. Jika menurutmu kampus tersebut dapat membuatmu berkembang, pilihlah universitas tersebut.

Namun, jika Kamu masih ragu untuk mencari di pencarian browser, Kamu bisa menanyakan lewat senior atau kakak kelas yang berkuliah di sana.

4. Durasi Program Studi

Hal ini juga wajib Kamu ketahui sebelum memasuki universitas. Karena, Kamu bisa memiliki catatan untuk prosesmu berkembang.

Memilih durasi program studi yang cepat dengan standar jenjang yang tinggi merupakan hal terbaik. Jadi, Kamu bisa sekali mencari kampus dengan durasi kuliah yang cepat.

Nah, itu dia beda S1 dan D4 dan cara-cara agar Kamu tidak bingung untuk memilih jenjang perkuliahan. Jika Kamu merupakan calon mahasiswa, jangan lupa untuk melakukan hal-hal di atas.

Perlu diketahui bahwa semua jenjang kuliah itu memiliki manfaatnya masing-masing. Bukan tentang mana yang lebih tinggi dan rendah.

Pastikan Kamu memilih jenjang dan juga jurusan yang sesuai minatmu. Karena bangku perkuliahan akan membantumu untuk merangkai masa depan, lho.

Semoga informasi ini dapat membantu Kamu yang sedang mengalami kebingungan antara perbedaan D4 dan S1!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday