cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri

Mahasiswa Harus Tau, Apa Itu Fakultas dan Jurusan

Hai, calon mahasiswa! Sudah menentukan ingin berkuliah di jenjang mana? Jurusan dan universitas mana? Bagus jika Kamu sudah menentukannya dengan matang!

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Namun, Kami ingin tahu, nih. Apakah Kamu termasuk calon mahasiswa yang sudah mengenali istilah-istilah di bangku kuliah seperti apa itu fakultas, jurusan, SKS, dan lainnya?

Hmm, jika Kamu belum mengetahuinya, jangan berkecil hati! Karena, Kami akan membantu Kamu untuk memahami istilah-istilah di kampus!

Dalam dunia perkuliahan, berbeda sekali dengan sekolah, lho. Di dunia perkuliahan, akan menggunakan hal-hal yang berbeda seperti fakultas, prodi, jurusan, dan lainnya.

Maka dari itu, agar Kamu tidak awam dengan hal-hal tersebut, ada baiknya jika Kita mengenal lebih jauh arti dari bahasa-bahasa yang akan sering keluar di bangku perkuliahan.

Apa Itu Fakultas?

apa itu fakultas-1

Fakultas sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bagian dari perguruan tinggi yang mempelajari suatu bidang ilmu dengan terdiri atas beberapa jurusan.

Fakultas sendiri sebenarnya berasal dari kata serapan Bahasa Belanda yaitu Faculteit. Makna dari Faculteit sendiri adalah bagian administratif dalam perguruan tinggi yang menaungi beberapa jurusan.

Bisa disimpulkan bahwa fakultas adalah induk atau bagian yang menjembatani antara beberapa jurusan yang ada di dalam. Satu fakultas bisa terdiri atas banyak jurusan.

Fakultas sendiri dipimpin oleh dekan. Dekan sendiri dipilih melalui rapat senat fakultas. Setelah diangkat menjadi seorang dekan, dekan akan menjadi penanggung jawab berbagai aktivitas akademik.

Dalam menjalankan tugas, Dekan sendiri didampingi oleh tiga orang wamil yang bisa disebut dengan Pembantu Dekan (PD). 

Agar Kamu lebih tahu, berikut Kami berikan contoh mengenai Fakultas:

1. Fakultas Kedokteran (FK)

Fakultas ini merupakan salah satu fakultas yang populer di berbagai kalangan. Untuk fakultas Kedokteran sendiri, hanya ada jurusan Pendidikan Kedokteran saja.

Meskipun sama-sama dokter, namun Pendidikan Kedokteran Gigi dan Pendidikan Kedokteran Hewan tidak termasuk ke dalam fakultas kedokteran, ya!

Dua jurusan tersebut memiliki fakultas mereka sendiri. Untuk Pendidikan Dokter Gigi berada di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Pendidikan Kedokteran Hewan berada di fakultas Kedokteran Hewan (FKH)

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Pernah mendengar fakultas ini? Konon katanya fakultas ini diisi oleh orang-orang yang memiliki gaya fashion keren.

Eits, bukan itu yang akan Kami bahas. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sendiri diisi oleh jurusan yang berhubungan dengan sosial humaniora dan politik.

Biasanya FISIP sendiri diisi oleh jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Hubungan Internasional. Namun, masih ada banyak lagi jurusan yang masuk ke dalam FISIP. Sesuaikan dengan kampusnya, ya!

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Jika Kamu pernah melihatnya fakultas Ekonomi, ini juga tidak salah, ya! Karena di setiap kampus memiliki nama berbeda namun tetap sama.

Fakultas ini biasanya diisi oleh jurusan yang menerapkan ilmu ekonomi seperti Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Bisnis, dan lainnya.

4. Fakultas Sastra

Fakultas Sastra ini juga sama dengan FEB, yaitu memiliki nama yang berbeda di setiap kampus. Fakultas Sastra juga bisa disebut Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Di dalam fakultas ini terdapat jurusan-jurusan yang menekuni sastra dari setiap bahasa dunia, seperti Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Belanda, dll.

Sastra Indonesia pun juga ada dan memiliki peminat yang tinggi juga, lho!

5. Fakultas Teknik (FT)

Fakultas Teknik sendiri juga sudah terkenal dan juga tidak jarang menjadi fakultas kesukaan banyak calon mahasiswa di Indonesia.

Kebanyakan fakultas teknik sendiri akan mempelajari tentang mesin, informatika, fisika, lingkungan, hingga elektro.

Sebenarnya masih banyak fakultas yang ada di Indonesia. Namun, fakultas-fakultas di atas yang seringkali ditemukan di berbagai universitas.

Apa Itu Jurusan?

apa itu fakultas-2

Masuk ke bagian jurusan, diantara Kamu sudah ada yang tahu belum apa itu jurusan?

Setelah kita membahas fakultas, kali ini kita akan belajar tentang jurusan. Jurusan sendiri adalah bagian dari fakultas yang merupakan fokus bidang studi yang ditekuni oleh mahasiswa.

Dalam satu fakultas, biasanya terdapat beberapa jurusan di dalamnya. Maka dari itu mengapa jurusan dianggap sebagai fokus bidang studi untuk ditekuni.

Fokus bidang studi yang dimaksud adalah fokus bidang yang berbeda. Misalkan seperti Fakultas Ekonomi yang menaungi jurusan Akuntansi dan Manajemen. Meski sama-sama berada di Fakultas Ekonomi, namun apa yang dipelajari berbeda.

Namun, Kamu akan mendapatkan mata kuliah wajib jika berada di dalam satu fakultas yang sama. Misalkan kembali ke Fakultas Ekonomi, mungkin Kamu akan mendapat mata kuliah Pengantar Ekonomi.

Mata kuliah wajib ini berbeda di setiap fakultas. Yang sama hanyalah mata kuliah wajib universitas, seperti Bahasa Indonesia dan Kewarganegaraan.

Berikut jurusan-jurusan yang menjadi favorit dari para mahasiswa dan juga calon mahasiswa:

1. Jurusan Akuntasi

Jurusan ini seringkali ditemukan di banyak universitas hingga tingkat kedinasan. Memang Akuntansi menjadi jurusan favorit banyak orang.

Jika Kamu mencari rekomendasi jurusan Akuntansi, maka akan banyak universitas yang menyediakan jurusan ini. Orang-orang seringkali menyebutnya jurusan wajib yang ada di universitas.

Prospek kerja pun jangan ditanya! Akuntansi memiliki prospek kerja yang sangat luas, apalagi sebuah perusahaan itu memang membutuhkan bidang keuangan, kan? Ini kesempatanmu jika Kamu berminat bekerja di keuangan!

2. Jurusan Manajemen

Tidak jauh berbeda dengan Akuntansi, jurusan Manajemen sendiri juga merupakan jurusan favorit oleh banyak mahasiswa dan calon mahasiswa.

Biasanya orang-orang yang akan memilih Akuntansi, pilihan keduanya akan Manajemen. Begitu pun sebaliknya. Karena dua jurusan ini memang diminati oleh banyak orang.

3. Jurusan Hukum

Jika Kamu menyukai isu-isu hukum dan politik, jurusan hukum bisa menjadi pilihanmu. Jurusan Hukum sendiri juga diminati oleh banyak orang, lho!

Prospek kerjanya pun juga sangat luas. Mulai dari notaris, jaksa, pengacara, konsultan hukum, dan lainnya. 

4. Jurusan Pendidikan

Pendidikan sendiri banyak sekali diminati, mulai dari pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan yang hanya fokus terhadap satu mata pelajaran, seperti matematika, biologi, fisika, dan lainnya.

Kamu akan menemukan banyak universitas yang menyediakan jurusan pendidikan, mulai dari swasta dan juga negeri.

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang diminati oleh banyak orang. Komunikasi dianggap jurusan yang memiliki banyak konsentrasi dan juga memiliki prospek kerja yang luas.

Di Ilmu Komunikasi Kamu bisa belajar tentang iklan, jurnalistik, penyiaran, hingga humas. 

Prospek kerjanya pun sangat luas sekali. Mulai dari reporter, news anchor, kru film dan iklan, kru stasiun tv, hingga menjadi public relation di sebuah perusahaan.

 Jurusan pun masih banyak sekali macam-macamnya. Kamu bisa temukan puluhan jurusan dalam satu universitas, lho! Ramai sekali, ya.

Nah, itu dia tentang perbedaan jurusan dan fakultas. Apakah Kamu masih bingung dengan kedua hal tersebut? Semoga penjelasan di atas dapat membantumu mengerti, ya!

Selamat memasuki dunia kuliah dan good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday