lowongan kerja di Jepang

6 Cara Mendapatkan Info Lowongan Kerja di Jepang

Lowongan kerja di Jepang Jika kamu ingin mengembangkan karir hingga tingkat internasional, maka mencari lowongan kerja di Jepang bisa menjadi langkah yang tepat. 

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Jepang memang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tenaga kerja Asing. Menurut data pada statista.com, terdapat 1,72 juta jiwa yang berstatus sebagai TKA di Jepang. 

Tidak hanya itu, kesempatan untuk bisa kerja di Jepang juga tinggi karena pemerintah Jepang telah menyediakan kuota untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebesar 345 ribu pekerja untuk mengisi kebutuhan SDM di berbagai sektor pekerjaan.

Langkah ini dilakukan karena Jepang sedang kekurangan penduduk dengan usia produktif. Oleh karena itu pemerintah Jepang berusaha mencari cara dengan ‘mengimpor’ sumber daya manusia dari negara lain demi mengisi kebutuhan dari tenaga kerja.

Selain pemberian kuota, pemerintah Jepang juga melonggarkan aturan dalam UU keimigrasian untuk TKA sehingga persyaratannya menjadi semakin mudah.

Dengan adanya kemudahan-kemudahan ini, akan sangat sayang jika kesempatan untuk kerja di Jepang dilewatkan. Maka dari itu, untuk kamu yang tertarik, ayo mulailah sekarang dengan mencari info lowongan kerja di Jepang di tempat yang tepat. 

lowongan kerja di Jepang

Tempat Mencari Lowongan Kerja di Jepang 

Jika kamu kesulitan dalam menemukan info lowongan kerja di Jepang yang terpercaya, membaca artikel ini akan sangat membantumu.

Dalam mencari tahu info lowongan kerja di Jepang untuk tenaga kerja asing, ada enam sumber yang bisa kamu coba telusuri. Berikut ini penjelasan lebih detail dari keenam sumber lowongan kerja di Jepang tersebut.

  • Lewat situs rekrutmen

Tempat pertama untuk mencari pekerjaan di Jepang adalah di website khusus rekrutmen. Beberapa contoh website ini yaitu jobsinjapan.com, jobs.gaijinpot.com, workjapan.jp, dan daijob.com.

Semua website yang disebutkan berisi info lowongan kerja untuk pekerja lokal maupun internasional. Kamu bisa menemukan semua jenis pekerjaan di Jepang baik full time maupun part time.

Gunakanlah fitur filter pada website untuk menemukan posisi, estimasi gaji dan lokasi yang kamu inginkan dan cermati langkah melamar ke perusahaan yang dituju. 

Setiap perusahaan memiliki aturan lamaran yang berbeda-beda sehingga kamu perlu membaca lowongan dengan seksama.

Kamu juga bisa menyaring pekerjaan dengan kualifikasi dan pengalaman yang sesuai dengan dirimu. Contohnya kamu bisa menemukan pekerjaan yang membutuhkan tingkat Bahasa Jepang  ataupun level pengalaman tertentu (fresh graduate, entry, ataupun senior level).

Tapi ada juga kekurangan dari jalur ini yaitu banyaknya saingan mengingat lowongan yang tersedia dibuka untuk umum. Selain itu tidak ada jaminan bahwa kamu bisa maju ke tahap wawancara, jadi jangan ragu untuk melamar ke banyak perusahaan.

  • Menyewa agen perekrutan

Menggunakan jasa agen perekrutan dalam mencari lowongan pekerjaan di Jepang sudah menjadi hal yang umum untuk tenaga kerja asing. 

Layanan agen perekrutan meliputi mencarikan pekerjaan yang  sesuai dengan kualifikasi dan keinginan kandidat, merekomendasikan kandidat kepada perusahaan, dan menjadi penghubung antara pihak kandidat dan perusahaan.

Agen perekrutan sebagai perantara akan berkomunikasi dengan kedua belah pihak agar tercapai kesepakatan yang saling menguntungkan. 

Keuntungannya, pengguna jasa agen akan dibantu dalam menyiapkan diri untuk wawancara sehingga peluang masuknya lebih besar. Dan yang paling penting, jasa agen perekrutan di Jepang tidak dipungut biaya. 

Akan tetapi lowongan pekerjaan yang tersedia masih sedikit untuk tenaga kerja asing karena perusahaan yang bekerja sama dengan agen kebanyakan mengutamakan kandidat yang berasal dari Jepang.

  • Mengecek langsung ke situs perusahaan

Untuk kamu yang lebih suka cara mandiri kamu bisa langsung mencari ke situs perusahaan yang dituju. Langkah pertama yang dilakukan tentu saja dengan mengunjungi situs perusahaan tersebut dan mencari apakah ada lowongan yang tersedia.

Kelebihan memakai jalur ini adalah persaingannya yang jauh lebih sedikit daripada melalui iklan lowongan di situs rekrutmen karena lowongan yang kamu dapatkan kemungkinan besar tidak tersebar luas. 

Meskipun begitu, situs perusahaan tidak setiap saat membuka lowongan pekerjaan di Jepang dan pilihan pekerjaannya pun terbatas.

Maka dari itu kamu harus rajin membuka website tersebut untuk mendapatkan update lowongan yang dibuka.

  • Mencari rekomendasi dari sekolah/kampus

Jika kamu memiliki latar belakang sebagai pelajar di Jepang, cara ini bisa menjadi salah satu opsi untuk mencari lowongan kerja di Jepang

Banyak kampus dan sekolah di Jepang yang menyediakan fasilitas konseling di career center untuk melamar pekerjaan khusus pelajar atau fresh graduate.

Kebanyakan perusahaan telah bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang bersangkutan untuk mewadahkan siswanya agar bisa mendapat pelatihan awal di bidang yang ingin ditekuni. 

Dengan melewati jalur ini, kamu akan mendapat keuntungan lebih ketika melamar ke perusahaan selanjutnya karena kamu sudah memiliki pengalaman bekerja.

  • Menghadiri bursa kerja

Bursa kerja juga merupakan tempat strategis untuk mencari lowongan kerja di Jepang. Kamu bisa mencari event bursa kerja di banyak tempat seperti mading kampus atau media sosial.

Kelebihannya dibanding melamar lewat situs internet, kamu bisa mendatangi stan-stan perusahaan dan mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai lowongan yang tersedia.

Ditambah lagi banyak pula perusahaan yang langsung membuka sesi wawancara pada saat bursa kerja berlangsung jadi jangan lupa untuk membawa serta CV ataupun portofoliomu.

Tips dalam menghadiri bursa kerja, jangan hanya fokus ke satu perusahaan tapi kunjungilah stan-stan lain. Kamu harus ingat bahwa waktu event ini terbatas.  

lowongan kerja di Jepang

  • Mencari di Social Network Service (SNS)

Mencari lowongan kerja di Jepang bisa juga melalui media sosial seperti di linkedin, facebook ataupun instagram karena banyak perusahaan Jepang yang sudah mulai memanfaatkan media ini untuk menyebarkan informasi lowongan pekerjaan. 

Pertama-tama kamu bisa mulai mengikuti akun perusahaan yang kamu targetkan dan aktif menjadi peserta dalam event talent scouting ataupun pembukaan lowongan baru.

Selain itu kamu juga bisa mencari info di media sosial kedutaan Jepang di @kbritokyo. Kamu bisa mendapat informasi program pemerintah untuk kerja di Jepang yang mungkin tidak kamu temukan di tempat lain.

Tips dalam Melamar Lowongan Kerja di Jepang

  • Ketahui visa yang dibutuhkan

Dalam pengajuan pembuatan visa kamu perlu tahu jenis visa yang berlaku untuk pekerjaanmu. Jika visa yang kamu miliki tidak sesuai, kemungkinan terburuknya kamu tidak diizinkan berangkat ke Jepang jadi kamu harus membuat visa yang tepat.

Contohnya pemerintah Jepang telah membagi visa kerja khusus ke berbagai jenis pekerjaan seperti bidang pendidikan, tenaga medis, bidang bisnis, jurnalis, pengacara, akuntan, dan seniman. 

Ada pula visa yang umum untuk tenaga kerja Indonesia untuk pekerjaan di bidang industri, layanan sosial ataupun hubungan internasional. 

Jika kamu telah bekerja di Indonesia dan disalurkan ke Jepang maka visa yang perlu diajukan adalah visa transfer intra-perusahaan.

Kemudian untuk magang, visa yang dibutuhkan yaitu PMT (Pelatihan Magang Teknis).

Dan terakhir, yang paling baru diresmikan adalah visa Tokutei Ginou, yaitu visa untuk pekerja dengan kemampuan spesifik atau dikenal SSW (Specified Skilled Worker). 

  • Buatlah resume yang paling relevan

Dalam membuat resume, usahakan semua syarat dan kualifikasi yang tertera pada lowongan kerja tertulis di resume kamu. 

Jangan menambahkan poin yang tidak berhubungan dengan posisi pekerjaannya. Tulislah pengalaman kerja ataupun keahlian yang relevan saja. 

Tambahan lainnya yaitu pelajari juga format resume yang sesuai standar di Jepang.

  • Persiapkan diri untuk wawancara

Setelah mendapat panggilan dan masuk tahap wawancara, siapkanlah diri sebaik mungkin. Persiapkan jawaban-jawaban yang kemungkinan akan keluar dan berlatihlah menjawab dengan nada percaya diri.

Biasanya wawancara akan menggunakan bahasa Inggris tapi jika kamu yakin dengan kemampuan Bahasa Jepang yang dimiliki, menggunakan Bahasa Jepang bisa menjadi nilai plus dalam tahap wawancara.

lowongan kerja di Jepang

  • Asah kemampuan Bahasa Jepang

Meningkatkan kefasihan Bahasa Jepang bisa menjadi kemampuan yang bermanfaat untuk melamar kerja ke Jepang.

Kemampuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah kamu akan diterima perusahaan Jepang yang kamu lamar atau tidak.

Kamu bisa mengikuti tes JLPT untuk membuat sertifikat kemahiran Bahasa Jepang sebagai bukti kualifikasi. 

Untuk mempersiapkan tes tersebut, kamu bisa belajar sendiri atau mengikuti kursus Bahasa Jepang di lembaga pelatihan bahasa seperti Virtu Education.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday