biaya kuliah di jerman

Biaya Kuliah di Jerman Gratis? Cek Rincian Sebenarnya!

Biaya Kuliah di Jerman – Biaya menjadi faktor terpenting bagi kehidupan dan juga faktor krusial yang bisa menentukan kamu akan berkuliah dan juga biaya dalam menempuh pendidikan itu sendiri.

Biasanya para orang tua dan juga anak akan mulai merencanakan universitas mana dan juga mereka akan mencari estimasi biaya kuliah yaitu sejak anak memulai SMA/SMK ataupun juga saat anaknya berada di kelas 3 SMA/SMK.

Tidak jarang juga banyak orang tua yang mendepositokan biaya kuliah anaknya sedari dini loh. Karena mereka menginginkan anak-anaknya dapat mengenyam pendidikan terbaik hingga jenjang kuliah.

Dan juga mereka bisa bisa mengenyam pendidikan di luar negeri. Karena banyak orang tua ingin anaknya pandai tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Nah dengan begitu alternatif untuk kuliah di luar negeri menjadi sangat banyak.

Sampai dengan saat ini, banyak sekali negara tujuan seperti Eropa, Amerika, Australia, dan juga negara Asia lainnya yang menjadi incaran para pelajar yang akan memulai kuliahnya.

Untuk di Eropa sendiri, biasanya yang menjadi pilihan ataupun juga destinasi pelajar untuk melanjutkan pendidikan yaitu adalah negara Jerman. Karena Jerman juga terkenal sebagai kota pelajar yang banyak didatangi oleh mahasiswa internasional.

Yang pastinya dengan sebutan tersebut sudah membuktikan bahwa Jerman bisa menjadi negara adaptasi bagi kamu yang baru pertama kali ke luar negeri ataupun tinggal disana.

Banyak referensi juga mulai dari universitas di Jerman, tempat tinggal, agen, dan yang paling penting yaitu adalah biaya kuliah di Jerman itu sendiri. Berbeda dengan biaya berkuliah di dalam negeri, biaya kuliah di luar negeri lebih mendetail.

Jerman populer sebagai negara dimana para ilmuwan terkenal, sehingga banyak yang tertarik untuk menempuh pendidikan lanjutan di negara tersebut. Akan lebih baik, mengetahui pembahasan secara detail.

Pembahasan yang berkaitan dengan estimasi biaya kuliah dan biaya hidup di Jerman. Pemerintah memang menyediakan banyak beasiswa, tapi jika mengetahui rincian biaya agar bisa beradaptasi saat sudah memutuskan untuk berkuliah di Jerman.

Karena meskipun hanya berkuliah, tetap saja gaya hidup sehari-hari akan menjadi sangat berpengaruh dan juga akan menjadi pertimbangan kedepannya selama hidup di negara tersebut.

Sampai saat ini sudah banyak yang membahas masalah yang berkaitan dengan biaya kuliah di Jerman sampai juga biaya hidup serta tips-tips saat sebelum kamu ke Jerman maupun juga saat kamu ada disana.

Cari Tahu Biaya Kuliah di Jerman Yang Sebenarnya

Nah untuk pembahasan tentang Jerman kali ini, kita akan lebih memfokuskan terhadap biaya apa saja yang biasanya harus kamu ketahui dan juga dipersiapkan saat kuliah dan tinggal disana. Karena mengingat biaya merupakan hal penting juga.

Kemudian juga dengan mempersiapkan biaya ini, kamu yang ingin menjalani pendidikan di Jerman akan lebih paham dan juga well prepare terhadap pengeluaran apa saja yang bisa kamu anggarkan dan juga yang harus di rem.

Dengan adanya dana yang dianggarkan atau budgeting, diharapkan kamu bisa dengan mudah untuk hidup hemat dan juga berkecukupan. Karena tidak semua kadang akan selalu sama sesuai dengan situasi dan juga kondisinya.

Kira-kira biaya apa saja sih, kalau kamu ingin kuliah di Jerman?

Ada yang gratiskah biaya kuliahnya?

Biaya tempat tinggal mahal tidak ya?

Takut mahal, kan bayarnya menggunakan Euro.

Kursnya Naik terus nggak sih?

Banyak sekali pertanyaan dan juga tanggapan dari kalian yang menanyakan perihal Bagaimana sih biayanya, mulai dari biaya kuliah di Jerman sampai juga untuk kehidupan sehari-harinya. Yuk simak detail biayanya sebagai berikut.

Rincian Biaya Kuliah di Jerman

Jerman memiliki 16 negara bagian yang mana 13 negara bagian dan juga 3 kota besar yang menyepakati untuk membebaskan biaya kuliah di Jerman bagi warganya sendiri, maupun yang merupakan warga negara asing.

Khususnya untuk biaya kuliah di universitas negeri Jerman itu gratis. Program biaya kuliah gratis ini, berlaku untuk kamu yang mengambil Strata 1 atau Sarjana dan juga program Master.

Berbeda dengan jurusan yang tidak linier biasanya biaya akan tetap ada. Maksudnya yaitu, jika kamu tidak bisa mengambil program studi yang berbeda dengan jurusan sebelumnya.

Kamu perlu membayar sejumlah biaya administrasi yang berkisar 0,93 – 1,87 € atau setara 1,6 juta – 3,2 juta rupiah yang dibayarkan tiap semesternya.

Biaya yang dibayarkan merupakan mencakup biaya seperti biaya organisasi mahasiswa dan pendaftaran. Untuk di beberapa universitas, biaya yang dibayarkan tersebut termasuk untuk biaya transportasi umum, makan mahasiswa, & asrama.

Biaya tersebut berbeda di setiap universitas yang menjadi pilihan kamu. Biaya kuliah di Jerman ini sama seperti paket untuk setiap mahasiswa agar akomodasi budget lebih teratur.

Istilah untuk biaya tersebut dikenal dengan istilah student card. Yang mana diwajibkan karena mengingat para mahasiswa internasional bisa menggunakan alat transportasi umum di Jerman.

Namun dengan adanya program gratis biaya kuliah di Jerman ini, mereka membuat beberapa peraturan, peraturan tersebut berkaitan dengan kelulusan. Hal ini berlaku untuk beberapa universitas di Jerman.

Jika mahasiswa tersebut gagal selesai kuliah tepat waktu yang telah ditentukan, maka dari itu biaya kuliah selanjutnya dibayarkan secara mandiri. Jadi, setiap hal mempunyai konsekuensinya ya.

Nah untuk kamu yang bisa kuliah di Jerman sendiri, tidak lepas dari biaya-biaya lainnya yang dibebankan. Maka dari itu selain kamu sudah memahami biaya kuliah di Jerman, simak juga biaya lainnya yang juga berpengaruh selama belajar di sana.

Rincian Biaya Hidup & Tinggal di Jerman

Besaran biaya hidup tergantung beberapa aspek, berdasarkan hal berikut contoh aspek yang bisa kita perkirakan seperti:

–       Lokasi

Untuk yang berkaitan dengan lokasi ini, kamu bisa membedakannya secara cakupan kota. Yaitu besar ataupun kecil luas kota tersebut. Dan juga ditambahkan biaya akomodasi.

Biaya hidup di kota besar berkisar antara 900 sampai dengan 1400 Euro tiap bulannya. Sedangkan untuk kota kecil seperti Leipzig dan juga Hannover biaya hidup berkisar 700-1100 Euro.

–       Akomodasi

Biaya akomodasi sendiri mencakup biaya sewa asrama. Bagi kamu yang memilih untuk tinggal sendiri di apartemen berbeda halnya ya. Tentu budget yang dibutuhkan lumayan besar.

Untuk biaya kuliah di Jerman dengan cara tinggal di asrama, yaitu berkisar 2,5 jutaan saja. Tetapi apabila memilih tinggal di apartemen, kamu harus mengeluarkan yaitu sekitar 6 juta Rupiah perbulannya.

–       Asuransi

Untuk asuransi yang wajib dimiliki yaitu berupa asuransi kesehatan. Asuransi ini sangat penting kamu punya karena juga berkaitan dengan tinggal di negara yang mana jauh dari orang tua dan juga saudara.

Sehingga apabila kamu sakit dan juga mempunyai asuransi ini sebagai jaminannya juga, maka kamu akan dirawat dan juga ditanggung oleh negara

Biaya Lain-lain di Jerman

Biaya lain-lain ini dimaksudkan yaitu dengan biaya untuk membayar sampah, air, listrik, pemanas ruangan, biaya makan sehari-hari hingga akses internet yang terpenting di zaman sekarang. Untuk biaya internet minimal 400 ribuan dalam sebulan. 

Nah, itu dia rincian apa saja biaya kuliah di Jerman dan tinggal yang bisa kamu pertimbangkan dan juga bisa kamu jadikan acuan agar kamu bisa terus semangat belajar dan melanjutkan hidup di Jerman yaa.

Konsultasi Biaya Kuliah di Jerman

Kalo kamu mau lebih detail tentang informasi biaya kuliah di negara Jerman, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan kami dengan mengisi form dibawah ini atau kunjungi website virtueducation.