belajar Bahasa Jerman

5 Cara Belajar Bahasa Jerman Dasar Untuk Pemula

Apakah kamu ingin belajar Bahasa Jerman tanpa terikat waktu? Atau ingin belajar mandiri tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, kami punya solusinya. Gunakan ulasan berikut ini sebagai panduan belajar Bahasa Jerman dasar.

Banyak orang berkata Bahasa Jerman itu sulit dipelajari. Tapi dengan cara yang tepat dan menyenangkan, belajar Bahasa Jerman dasar bisa terasa mudah. Yang dibutuhkan hanyalah waktu dan komitmen. Berikut ini panduan yang akan membantu kamu mempelajari Bahasa Jerman dasar dengan lebih cepat.

Tips Mempelajari Bahasa Jerman Dasar Lebih Cepat

1. Belajar Alphabet Jerman

Hal pertama yang harus dikuasai dalam Bahasa Jerman dasar adalah mempelajari pengucapan alphabet Jerman. Hampir semua alphabet Jerman pengucapannya sama dengan Bahasa Indonesia. Tapi perhatikan ada beberapa huruf yang dibaca berbeda, diantaranya j (dibaca yot), q (dibaca ku), w (dibaca vhe), dan y (dibaca ipsilon), ä (dibaca ae), maupun ö (dibaca oe).

Selain itu, dalam alphabet Jerman ada 4 huruf tambahan yang tidak didapati pada Bahasa lainnya : ä, ö, ü dan ß. Terlihat aneh memang, tapi kamu bisa mempelajarinya pengucapan huruf-huruf tambahan tadi dengan cepat. Ada banyak situs online yang menyediakan bunyi ejaan alphabet Jerman.

2. Belajar Kosakata sehari-hari

Kalau sudah menguasai pengucapan atau pelafalan alphabet Jerman, langkah berikutnya adalah belajar kosakata sehari-hari. Tidak perlu mempelajari kosakata sulit dan jarang digunakan. Kalau kamu bisa mengucapkan beberapa kosakata dasar, pasti akan bermanfaat.

Kamu bisa mulai dengan mempelajari kosakata sederhana yang langsung bisa dipraktekkan. Beberapa diantaranya adalah Ja (ya), Nein (tidak), Herr (tuan), Bitte (silakan), Willkommen (selamat datang), danke (terima kasih), maupun guten morgen (selamat pagi). Kamu bisa pelajari kosakata sehari-hari lewat website maupun aplikasi smartphone.

3. Belajar bagaimana membentuk kalimat dasar

Yang tidak kalah pentingnya ketika belajar Bahasa Jerman dasar adalah memahami bagaimana membentuk kalimat. Kaedahnya mirip dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, sehingga tidak akan sulit bagi kita untuk memahaminya. Susunan dasar kalimat dalam Bahasa Jerman terdiri dari,

Subjek + Verb (kata kerja) + objek + angabe (kata keterangan), contohnya
Ich wohne in Hamburg seit 2010 (saya tinggal di Hamburg sejak 2010)
Wir spielen fußball (kami bermain sepakbola)

Sangat mudah kan? Tentu saja ada sedikit perbedaan, misalnya ada aturan konjugasi yang sedikit rumit serta aturan jenis kelamin (maskulin, feminim, neutrum/netral) pada kata benda. Tapi sering berinteraksi dengan Bahasa Jerman akan membuatmu mengerti dengan sendirinya.

4. Belajar dengan audio

Dalam mempelajari Bahasa asing, banyak ahli Bahasa berpendapat bahwa mendengar audio lebih terasa manfaatnya dibanding visual. Bahkan mendengar kosakata Jerman akan berguna walaupun kamu tidak tahu artinya. Karena dengan mendengar audio, kamu akan tahu bagaimana suatu kata dilafalkan oleh penutur asli.

Ini bisa dilakukan dengan mendengar siaran berita berbahasa Jerman online atau mendengar podcast. Kamu bisa lakukan ini dimana saja. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menonton film berbahasa Jerman.

5. Belajar percakapan dengan native speaker

Tujuan akhir belajar Bahasa Jerman adalah bisa bicara dan paham ketika diajak komunikasi dalam Bahasa Jerman. Hapalan kosakata, grammar tidak banyak berguna kalau kamu tidak bisa berkomunikasi. Tidak ada cara lain kecuali latihan, latihan, dan latihan.

Cara terbaik adalah menemukan native speaker atau penutur asli yang bisa diajak berbincang tiap saat. Tidak masalah kalau kamu harus pergi ke komunitas turis yang ada di kotamu. Mungkin pergi ke restoran asing, tempat wisata, atau hotel bisa membantumu mendapatkan native speaker Jerman. Tidak perlu malu juga untuk menawarkan diri menjadi pemandu wisata turis dari Negara yang berbahasa Jerman.

Kalaupun kamu kesulitan menemukan native speaker, cobalah untuk mencari komunitas belajar Bahasa Jerman di sekitarmu. Kalau kamu tinggal di kota pelajar, tidak terlalu sulit menemukan komunitas ini.

Nah itu tadi 5 hal yang bisa membantumu memahami Bahasa Jerman dasar. Apapun cara yang akan diterapkan, terpenting kamu enjoy dengan cara tersebut. Tapi kalau kalian kesulitan berlatih mandiri, kalian bisa mengambil kursus bahasa Jerman dengan mengisi form dibawah ini atau menghubungi Virtu Education.

Dengan bergabung bersama Virtu Education di website virtueducation.org, kalian bisa mempelajari Bahasa Jerman dengan metode yang unik dan menyenangkan serta mendapat komunitas pembelajar Bahasa Jerman yang akan membantu meningkatkan kemampuanmu.