aupair jerman

Aupair – Pengertian, Manfaat & Tips Menjalani Programnya

Buat kamu yang sudah mempersiapkan untuk tinggal ataupun juga mempelajari budaya negara orang, AuPair adalah pilihan yang cocok dan juga pas untuk kamu.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Dengan Program AuPair ini kamu akan lebih memahami negara yang kamu tuju melalui budaya yang mereka punya. Nah dengan hal itu, kamu akan punya banyak sekali pengalaman yang tak terlupakan dan juga menyenangkan selama di sana.

Definisi AuPair

Bagi kalian yang belum paham betul apa itu AuPair, pasti malah berfikir jika program AuPair adalah program seperti pertukaran pelajar ataupun juga hanya sekadar jalan-jalan di luar negeri.

Tetapi pernyataan ini kurang tepat lho guys. Memang apa sih AuPair itu?

Jadi, AuPair adalah program belajar budaya melalui keluarga yang akan menjadi tempat kamu tinggal di negara yang kamu inginkan, misalnya Jerman. Seperti homestay, tetapi kamu akan dianggap dari bagian keluarga disana.

Keluarga tersebut merupakan Gastfamilie atau yang lebih familiar yaitu keluarga asuh. Dan juga untuk biaya seperti biaya hidup, asuransi dan bahkan jika kalian mengikuti les, biaya tersebut akan ditanggung oleh Gastfamilie.

Karena biaya hidup ditanggung oleh keluarga asuh tersebut, sebagai gantinya, kamu akan bertugas untuk membantu urusan rumah tangga yang tingkatannya sederhana ya. Seperti beres-beres rumah, antar anak ke sekolah, menjemput dan lain-lain.

Nah hal ini, juga berdasarkan atas kesepakatan antara kedua belah pihak yang telah disetujui. Jadi jika saat kamu ingin belajar ataupun les, kamu akan tetap fokus dan juga tidak terganggu dengan pekerjaan tersebut.

Karena dengan begitu, kamu memiliki banyak keuntungan saat mengambil program ini. Seperti kamu bisa tetap mengikuti kursus dan tentunya kamu bisa menyelam sambil minum air untuk mempelajari budaya yang mereka punya.

Bahkan seperti uang jajan saja telah masuk anggaran dalam kesepakatan loh. Tetapi meskipun begitu, setiap orang akan mendapat budget berbeda-beda ya. Semua tergantung pada kesepakatan awal ya.

Masih banyak yang menganggap bahwa program ini seperti halnya program TKI, tetapi setelah kamu mengetahui lebih dalam, akan terasa sekali akan perbedaannya.

Karena masih banyaknya isu terkait dengan dengan AuPair ini yang disangkut pautkan dengan pekerja tenaga Indonesia. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda dan juga tujuannya tidak sama.

Manfaat Memilih AuPair

Seperti yang kita ketahui, belajar budaya negeri orang itu tidak akan pernah ada ruginya. Karena dengan belajar tersebut, kamu bisa membiasakan diri untuk mengerti dan juga menghormati perbedaan yang ada di dunia ini.

Selain itu, yang diharapkan saat belajar dengan mengambil program AuPair ini yaitu kamu akan terbiasa dan tentunya belajar langsung di negara tersebut merupakan keuntungan yang bagus loh.

Karena disana kamu akan belajar melalui penduduk lokal atau native speaker, secara langsung dan juga hal tersebut juga bisa membuat kamu belajar dari yang baik dan juga benar.

AuPair adalah pilihan untuk kamu yang masih belum memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan secara langsung di universitas yang diidamkan. Jadi dengan kata lain AuPair juga merupakan batu loncatan untuk beradaptasi terlebih dahulu.

Karena tidak jarang, banyak orang yang awalnya langsung memilih untuk belajar secara langsung di luar negeri malah tidak siap dengan budaya yang ada disana dan bahkan mereka tidak siap untuk hal yang berbeda situasinya seperti di Indonesia.

Karena perbedaan situasi tersebut, terkadang juga akan berdampak pada keadaan akademik pendidikan yang sedang ditempuh. Nah, dari program AuPair adalah setidaknya kamu bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan situasi dan juga kondisinya.

Bisa Hidup & Tinggal di Luar Negeri

Faktanya tidak semua orang mempunyai kesempatan dan juga kondisi yang sama untuk meraih mimpi mereka. Contohnya seperti belajar dan juga tinggal di luar negeri.

Tidak semua kalangan mampu untuk membayar sekedar visa bahkan biaya hidup di luar negeri. Dan juga dengan kesempatan ini AuPair adalah alternatif bagi kamu yang memang sangat ingin bisa belajar maupun berkarir di luar negeri.

Dengan mengambil program AuPair ini kamu bisa berkesempatan untuk belajar sambil mengumpulkan uang untuk melanjutkan studi di tahun berikutnya. Dan yang pasti kamu akan lebih berpengalaman untuk tinggal di luar negeri.

Mempelajari Budaya Langsung Di Negaranya

Nah AuPair adalah hal yang tepat bagi kamu juga yang memang memiliki minat sosial untuk belajar tidak hanya bahasa tetapi juga budaya yang memang menjadi identitas setiap bangsa.

Dengan kamu belajar langsung di negaranya, kamu akan bisa memahami sekaligus bisa bertanya ke warga sekitar jika kamu masih penasaran tentang budaya maupun hal-hal terkait.

Pastinya kamu juga bisa mengunjungi sembari berjalan-jalan di tempat bersejarah dan juga tempat-tempat penting bagi suatu negara. Yang pastinya bisa sambil refreshing saat waktu senggang.

Pastinya Lebih Siap Dan Juga Bertanggung Jawab

Dengan tinggal dan juga mempunyai pengalaman tinggal di luar negeri, membuat kamu tentunya lebih disiplin dan juga bertanggung jawab terhadap apa yang kamu pilih pada saat itu.

Karena dianggap bisa melatih mulai dari memanage waktu, menghormati orang lain dan juga tentunya juga bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Karena kamu juga tinggal dengan orang lain.

Dengan tinggal dirumah orang lain, kamu artinya juga akan lebih siap untuk tinggal di luar negeri karena belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga bahasa serta budaya yang berbeda.

Tips Untuk Kamu Yang Ingin Menjalani Program Aupair

  1. Bahasa

Komunikasi merupakan hal terpenting dalam hidup ini. Dengan berkomunikasi, kamu bisa mencoba memahami satu sama lainnya. Dan tentunya bahasa yang digunakan menjadi hal krusial juga untuk bisa lancar dalam berkomunikasi.

Nah hal tersebut, syarat program AuPair adalah salah satunya memiliki minimal kemampuan bahasa Jerman yaitu sertifikat a1. Dengan begitu, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk sertifikat dari lembaga yang diakui.

Jadi kamu juga harus mempersiapkan kursus bahasa Jerman mulai dari setidaknya 1 tahun sebelum keberangkatan yang sudah kamu rencanakan.

  1. Berpikiran terbuka dan juga mudah bergaul

Pada konteks ini, kamu harus lebih luwes terhadap toleransi budaya yang mereka punya yang mana sangat jauh berbeda dengan budaya timur. Maka dengan itu kita juga bisa memilih yang menurut kita perlu saja.

Kemudian juga dengan mudah bergaul, akan memudahkan kamu juga tentunya dengan memilih lingkungan yang menjadi close friends kamu selama disana diluar dari orang tua asuh tentu saja.

  1. Persiapkan Berkas yang harus dibawa

Hal ini sangat penting mengingat kamu akan pergi dan juga tinggal di negara orang dan juga jarak yang jauh. Karena semua itu memerlukan identitas yang lengkap dan juga valid agar bisa dijadikan jaminan untuk memasuki suatu negara.

Untuk dokumen yang dipersiapkan seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Pengenal, Ijazah, sertifikat a1 itu sendiri dan juga berkas pelengkap lainnya yang sudah disahkan oleh perwakilan duta besar Jerman yang ada di Jakarta.

Pendaftaran Program Aupair di Indonesia

AuPair adalah salah satu cara agar kalian yang ingin belajar diluar negeri tetapi ingin mempelajari budaya mereka terlebih dahulu. Dan juga bagi kalian yang ingin info lebih lanjut tentang belajar bahasa jerman atau program Aupair ini silahkan cek website virtueducation.org.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday