perbedaan d4 dan s1-1

Apa Itu Ausbildung? Ini Dia Penjelasannya

Apakah Kamu ingin bekerja setelah lulus sekolah? Apakah Kamu ingin mengetahui program Ausbildung untuk melanjutkan perjalananmu?

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Ausbildung adalah hal tepat dan solusi terbaik bagi Kamu yang tidak ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Ada banyak alasan mengapa siswa memilih untuk tidak lanjut kuliah. Kamu bisa ikut Ausbildung, nih!

Ausbildung sendiri juga tepat sekali bagi Kamu yang sedang sulit mencari pekerjaan atau tidak merasa puas dengan pekerjaan. Sebelumnya, apa itu Ausbildung? Kita akan ulas lebih jelas!

Apa Itu Ausbildung

Apa Itu Ausbildung?

Ausbildung sendiri adalah program untuk melakukan magang kerja dan juga belajar selama kurang lebih 3 tahun di negara Jerman. Namun, ada hal yang perlu Kamu ketahui mengenai Ausbildung ini.

Ausbildung sendiri berbeda dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang disebarkan melalui pemerintah ke luar negeri. Kamu akan melamar ke perusahaan yang telah terdaftar sebagai program Ausbildung. Jika diterima, Kamu akan diterbangkan ke Jerman.

Tidak akan langsung bekerja, Kamu wajib untuk mengikuti kelas teori terlebih dahulu dan mencoba bekerja sedikit layaknya karyawan magang. Tentunya Kamu juga mendapatkan gaji.

Dalam 3 tahun, Kamu akan mengikuti tes profesi yang bertujuan mendapatkan sertifikat profesi. Tujuannya adalah untuk dapat bekerja secara penuh (full-time) hingga masa pensiun seperti warga Jerman kebanyakan.

Tentunya ada banyak hal mengenai keuntungan yang didapatkan di program ini. Apakah Kamu sudah berniat untuk ikut program Ausbildung ini?

Jika masih merasa abu-abu dengan program ini, Kami akan ulas mengenai keuntungan dari Ausbildung itu sendiri.

Keuntungan Mengikuti Ausbildung

Ada banyak keuntungan jika Kamu memutuskan untuk ikut ke dalam program Ausbildung. Berikut keuntungan-keuntungan yang akan Kamu peroleh jika Kamu mengikuti program Ausbildung.

1. Tidak Dipungut Biaya

Kamu menemukan agen yang membantumu ikut Ausbildung namun bayar? Hentikan sekarang juga!

Program Ausbildung sendiri merupakan program gratis dan bisa diikuti oleh siapa saja yang sesuai dengan syarat Ausbildung itu sendiri.

Biaya untuk terbang ke Jerman hingga bekerja di sana pun tidak dipungut biaya di awal, lho. Jadi, pembayarannya bagaimana?

Ausbildung menerapkan potongan gaji untuk biaya seperti biaya visa, tiket, dan lainnya. Jadi, Kamu masih bisa bernapas lega untuk ikut program Ausbildung ini.

2. Mendapatkan Gaji Bulanan

Bekerja magang di Jerman pun mendapatkan gaji bulanan juga, lho. Gaji yang didapatkan pun tergantung dengan profesi apa yang sedang ditekuni oleh Kamu.

Sampai saat ini, gaji yang paling tinggi masih dipegang oleh profesi jurusan keperawatan. Alasannya adalah materi yang diberikan lebih sulit daripada profesi lain. Jadi, tidak mengherankan jika gajinya pun tinggi walaupun hanya magang.

Gaji pun akan bertambah setiap tahunnya dengan kisaran 10% dari jumlah gaji sebelumnya. Jika Kamu berasa di Jerman untuk 3 tahun, kemungkinan akan ada kenaikan hingga 20-30%! Asyik banget, ‘kan?

Rata-rata gaji di Jerman pun berada di angka 375 euro atau setara dengan 5 juta rupiah per bulan. Gaji tersebut sudah termasuk potongan biaya untuk berangkat ke Jerman yang lalu.

3. Belajar Sambil Kerja

Hal ini tidak beda jauh jika Kamu pernah duduk di bangku SMK. Pertama, Kamu akan mendapatkan teori terlebih dahulu, lalu dilanjutkan mendapatkan jam kerja praktek.

Namun, Kamu bukan diibaratkan sebagai siswa lagi. Tetapi, sebagai pekerja magang di perusahaan yang sudah Kamu pilih. Kesempatan bagus bukan mendapatkan ilmu seraya bekerja?

4. Konsumsi dan Akomodasi

Jika Kamu pikir bahwa gajimu akan habis untuk kebutuhan sehari-hari seperti konsumsi dan akomodasi, Kamu salah! 

Perusahaan yang Kamu pilih tersebut sudah menyediakan tempat tinggal dan juga konsumsi yang sudah dipotong dari gaji bulanan Kamu.

Transportasi sehari-hari pun menjadi tanggungan perusahaan. Jadi, Kamu tidak perlu bingung memisahkan budget untuk ini dan itu. Karena perusahaan sudah mengaturnya untuk Kamu.

6. Asuransi 

Jerman menjadi salah satu negara yang sangat ketat dalam urusan asuransi, lho. Jadi bagaimana Kamu mengurus asuransi di sana?

Jerman sendiri memiliki 2 jenis asuransi yang wajib dimiliki oleh warga dan pekerja di sana. Pertama, asuransi perjalanan, dan kedua adalah asuransi kesehatan. 

Asuransi perjalanan sendiri dapat Kamu urus di Indonesia dan biaya yang dikeluarkan pun akan ditanggung oleh perusahaan yang telah menerima Kamu.

Sedangkan asuransi kesehatan sendiri, Kamu akan mendapatkan asuransi tersebut jika Kamu mengalami sakit. Karena Kamu menetap cukup lama, tentu akan mendapatkannya.

7. Waktu Cuti dan Libur

Seperti karyawan pada umumnya, Kamu hanya bekerja selama 5 hari saja. Berarti Sabtu dan Minggu menjadi hari liburmu untuk menikmati akhir pekan.

Untuk waktu cuti, Kamu harus setidaknya melewati 1 tahun bekerja agar mendapatkan cuti kerja selama 24 hari dan satu tahun. 

Terdengar mengasyikan, ‘kan?

8. Jenjang Karir

Tenang saja, meskipun hanya magang, tetapi Kamu bisa berkesempatan untuk menjadi karyawan tetap di sana, lho.

Jika sudah bekerja selama 3 tahun dan menunjukkan hal baik selama bekerja, Kamu bisa saja mendapatkan tawaran untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Namun, Kamu juga bisa memilih untuk berkuliah terlebih dahulu di Jerman jika Kamu ingin berkuliah di sana! 

Apa Itu Ausbildung? Ini Dia Penjelasannya-2

Syarat Mengikuti Program Ausbildung

Setelah melihat keuntungan-keuntungan di atas, apakah Kamu semakin tertarik untuk mengikuti program Ausbildung ini? Jika iya, Kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai syarat mengikuti Ausbildung.

1. Memahami Bahasa Jerman 

Syarat pertama tentunya adalah Kamu wajib memahami bahkan menguasai bahasa Jerman. Minimal kemampuanmu adalah level B1.

Alasan mengapa harus memahami bahasa Jerman adalah karena selama program berlangsung, Kamu akan terus menggunakan bahasa Jerman. 

Tentunya kemampuan ini harus dibuktikan dengan sertifikat oleh Goethe Institut. Maka dari itu, Kamu harus mengikuti tes terlebih dahulu di sana.

Kursus bahasa Jerman untuk mencapai level B1 biasanya membutuhkan waktu sebanyak 6 hingga 9 bulan. Jadi, Kamu masih ada waktu untuk mempelajari bahasa Jerman, nih!

2. Usia dan Pendidikan

Usia yang ditetapkan untuk mengikuti Ausbildung adalah umur 18 hingga 35 tahun. Jadi, Kamu harus mengetahui umurmu dahulu, apakah cukup atau tidak.

Jika Kamu lulusan SMA/K yang tidak memiliki pengalaman kerja pun tidak masalah. Karena hal ini tidak diwajibkan sama sekali.

Jadi, Kamu tidak perlu takut ataupun tidak percaya diri untuk mendaftar Ausbildung, ya! Karena Kamu tetap akan dilatih dari nol.

3. Syarat Akademik

Kamu tahu bahwa lulusan SMA pun bisa mendaftar program Ausbildung ini. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua lulusan SMA dapat memilih berbagai jurusan di Ausbildung.

Hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum Kamu memilih untuk menjalankan profesi selama 3 tahun ke depannya.

Nah, begitulah serba-serbi mengenai Ausbildung. Bagi Kamu yang berminat untuk program Ausbildung ini, Kamu dapat mengisi formulir di atas, ya!

Kamu juga dapat menghubungi WhatsApp jika ingin membicarakan tentang Ausbildung lebih lanjut.

Semoga penjelasan di atas dapat membuatmu tertarik bergabung di Ausbildung dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday